Kawan, menulis itu mudah

Ilustrasi dari : http://bukuindie.com/wp-content/uploads/2014/10/menulis.jpg
Baru-baru ini gue diskusi bareng temen gue terkait dunia tulis menulis. Gue yang kebetulan juga baru-baru ini lagi rajin nulis, terutama di blog gue, pengen banget nebarin virus-virus nulis ke temen-temen gue. Lebih tepatnya sih nebarin virus-virus blogging.


Satu hal yang sering gue sampe-in ke temen-temen gue.

"Nulis di blog itu gampang sob, cukup tulis aja apa yang ada di kepala ente. Misalnya kalo tadi pagi ente makan pake gado-gado, terus kepikiran kalo ternyata cara membuat gado-gado itu unik. Dan ente tau di mana letak ke unikkannya. Yaudah deh, gimana kalo ente tulis aja di blog ente terkait gado-gado. Atau paling simpelnya, ceritain aja film yang baru aja ente tonton di blog ente. gimana gampang kan?"

Kalo ngedenger gue ngomong kayak gitu, keliatan kayak gampang banget ya nulis. Padahal tidak sedikit yang bilang ke gue "iya sih gampang, tapi kalo pas buka word atau buat postingan baru di blog, pas liat form putih alias kosong melompong gitu. Gue bingung mau nulis apa. Padahal kalo lagi jalan atau ngak lagi buka word maupun postingan baru di blog, gue banyak banget ide yang mau ditulis". (Rangkuman) kata temen gue

Begitulah dilema kebanyakan temen gue, yang gue ajak buat nulis di blog. Padahal orang yang nulis atau sering posting di blog, kebanyakan ialah orang-orang keren nan kece yang punya sejuta macam ide kreatif. Loh kok bisa? bisa dong sob. Coba kita bandingkan. Misalnya ada si A yang hobinya itu update status 'singkat' di facebook dan twitter. Terus ada si B yang hobinya update 'status' (postingan) di blog. Kebetulan, di saat yang sama ada event hari ibu. Maka yang di lakukan si A ialah..... (ya pasti sobat taulah. Kan sering update status. Iya ngak? XD). Dan yang di lakukan si B tentunya JUGA update status. Tapi yang membedakan ialah, kalo si A statusnya SUPER SINGKAT, kalo si B statusnya jadi ARTIKEL.

Status di facebook dan twitter berbanding status berupa artikel di blog. Mana yang menurut sobat butuh pemikiran lebih mendalam?

Yang blog iya ngak?, iya aja ya. he..he..he...

Nah, kalo sudah terbiasa membuat 'status' di blog. Kemungkinan besar, pemikiran kita jadi lebih luas dan mendalam. Karena kita di latih untuk berpikir lebih mendalam. Begitu kira-kira sob.

Teringat ketika kondisi gue pas gue lagi males-malesnya baca buku. Apalagi menulis. Waktu itu, gue kenalan sama ketua Nuraniku (Pers Dakwah Kampus UNJ). Karena tau gue orangnya rada males baca buku, gue di kasih buku kecil nan tipis (tebalnya sekitar 30 lembar) berjudul (seinget gue) 'kiat-kiat menjadi penulis hebat'. Emang sih, gue ngak minat-minat amat baca. Tapi karena ini buku pemberian kakak senior hebat yang ingin menularkan kehebatannya ke gue (PeDe amat loe hilmy.. XD). Akhirnya gue memutuskan untuk 'MEMAKSA' diri gue buat baca ini buku.

Satu bab, dua bab, tiga bab, sampai ngak di sangka ludes? ngak juga sih. Kayaknya gue cuman habis 3/4 doang baca tuh buku tipis. Tapi lumayan juga buat dongkrak semangat gue buat nulis. Saking semangatnya, gue sampe memberanikan diri untuk langsung buat blog pribadi. Setelah itu, langsung tanpa ragu gue klik new post alias postingan baru.

Setelah masuk ke form postingan baru. Gue diam sejenak. Kira-kira sampai setengah jam (loh apanya yang sejenak? XD). Baru setelah itu gue keinget kalo gue punya kiii-sah sedih diiii hariiii mingguuuu... ohh...oohhh...oohhh.. (jiah di malah nge lagu. XD). Maksud gue, gue punya pengalaman menyedihkan. Ketika baru sekitar 9 bulan punya akun adsense. Eh akunnya udah di blok sama pihak google. Akhirnya gue ngelantur ngak jelas deh di blog gue. (cek di : http://hilmynotes.blogspot.com/2012/01/pilu-karena-akun-google-ku-di-kunci.html).

Dan judul blog gue juga masih 'Catatan Kehidupan Seorang Mahasiswa UNJ'. (ya ampuunnn, ini judul blog, apa judul artikel ya? XD)

Baru pas gue gabung KOMBUN, gue rubah judul blog gue jadi ngikutin nama domainnya. Hilmy Note's. Kalaupun sebenarnya rada kurang PeDe sih pake judul Hilmy Note's. Karena setelah gue cek, ada orang yang udah pake domain hilmynote.com . Tapi isinya ngak ada, alias hampa. Mungkin cuman buat percobaan aja kali ya. he..he..he..

Ternyata eh ternyata. Pas gue cek lagi domain hilmynote.com . Eh udah ngak ketemu lagi di google. Pas gue ketik langsung juga udah ngak ada. Berarti yang berhasil eksis ialah blog gue. he..he..he..

Semangat dalam menulis di blog kadang naik, kadang juga turun. Hanya saja, baru-baru ini (dari tadi 'baru-baru ini' terus.. XD) semenjak gue gabung di Komunitas yang terfokus dalam dunia blogging, gue jadi termotivasi lagi buat update tulisan(padahal ketikan) di blog gue.

Sebenarnya, bukan sekedar karena gue ikut komunitas. Tapi lebih ke personal, alias member di komunitas inilah yang sangat rajin update tulisan di blog. Sehingga, bikin gue greget. Greget kepengen buat tulisan yang terbaru setiap harinya di blog gue.

Kesimpulannya adalah,

1. Menulis itu harus di paksakan

2. Harus semangat dan rajin membaca buku

3. Sering-sering update informasi di internet.
    Informasi berupa artikel, bukan status super singkat ya sob.. :D

4. Setelah baca tulisan ini, gue sarankan sobat langsung buat blog. Dan langsung nulis 1 artikel. Apapun isinya tidak masalah. Namanya juga blog pribadi. Kalo nulis skripsi atau penelitian dkk, baru deh sobat harus serius di kepenulisannya.

Begitulah kiranya tips-tips singkat dari gue. Semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa lagi di postingan gue berikutnya.

See you on the next post.. :D

Comments

  1. Wahahha bener juga tuh bang Hilmy. Dengan menuangkan aspirasi otak kita ke dalam serangkaian kata-kata, kita bisa makin terus berpikir dan mengembangkan kreatifitas otak. Toh didunia perkuliahan ataupun sekolah kita memang juga diharuskan bahkan diwajibkan untuk menulis ya ka hehe. Selain itu, dengan ranah penulisan juga, bisa dijadikan hobby. Dari hobby pun juga bisa jadi money, ya gak bang Hilmy hhehee :D

    ReplyDelete
  2. Selamat sudah tetap eksis blognya ya Hilmy.
    Menulis itu memang menyehatkan. :D

    ReplyDelete
  3. Setuju, mas :). Menulis blog itu 'gampang', menaikkan dan mempertahankan pengunjung blog itu yang susah :v Ngahaha.

    Salam kenal dari Surabaya, mas Hilmy. Lagi-lagi, saya dapat teman blogger dari UNJ :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D