Kuliner Menggiurkan Khas Bandung

Sumber Gambar : https://t154n.wordpress.com/cerita-tentang-bandung/
Minggu ini temen-temen di Komunitas Blogger UNJ ngadain #HolidayChallenge dengan tema 'cerita kuliner'. Jujur, gue bingung sob. Soalnya minggu ini gue lagi ngak makan kuliner yang menurut gue berkesan di mulut nih.


Kalo liat tema ini (yang cerita kuliner nih sob), rasanya tuh gue pengen buru-buru cari makanan lezat gitu. Tapi berhubung dompet lagi tipis, jadi gue minta makan, eh salah maksudnya minta saran ke temen gue di kosan.

Menurut temen gue, cerita kuliner itu ngak mesti harus gue icip-icip dulu. Mumpung ada internet, kenapa ngak baca-baca aja dulu tentang kuliner. Nanti juga dapat ide buat nulis cerita kuliner. Hhmmm.., kalo dipikir-pikir iya juga sih.

Akhirnya, bermodalkan saran dari temen kosan gue. Gue coba buka browser, buka twitter setelah itu cari-cari referensi masakan kuliner di twitter. Dan Voilaa, gue dapet menu-menu kuliner unik buatan orang Bandung nih sob. Habis itu, langsung deh kepikiran, "buat cerita kuliner Bandung aja deh, kayaknya asik nih".

Langsung deh gue buka google, kemudian ketik "kuliner unik di Bandung". Dan inilah yang gue temukan :

1. Black Burger

Menu kuliner yang satu ini keliatannya unik ya sob. Apalagi burger ini buatan ASLI orang Indonesia. Tepatnya orang Bandung nih sob. Karena asli buatan Indonesia, tentunya disisipkan cita rasa khas Indonesia. Selain itu, yang jadi ciri khas dari black burger ini ialah WARNAnya nih sob. Coba lihat aja deh warnanya yang hitam. Beda banget kan sama burger yang lain.

Sumber Gambar : https://www.maxmanroe.com/black-burger-lezatnya-bisnis-kuliner-asing-dipadu-bumbu-khas-nusantara.html
Menurut sumber yang beredar di internet, warna hitam dari kuliner ini berasal dari campuran bumbu kluwek.

Mungkin sobat yang jarang maen masak-memasak makanan tradisional belum tau apa itu kluwek. Hayo ngaku?, Kalo beneran belum tau tenang aja sob. Gue juga belum tau, he..he..he..

Kluwek
(Sumber Gambar : http://www.yukmakan.com/article/1000909/yuk-lebih-tau/kluwek:-si-hitam-banyak-manfaat)
Karena gue belum tau apa itu kluwek. Akhirnya langsung googling hari itu juga. Dan Voilaaa, inilah penjelasan kluwek yang gue ambil dari wikipedia bahasa Indonesia :

"Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, atau kluak (Pangium edule Reinw. ex Blume; suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan."

Menurut situs yukmakan.com, kluwek biasa dibuat untuk rawon, sayur brongkos, maupun sup konro.

Kalo diliat dari masakan yang dibuat pake racikan kluwek ini, rasanya khas Indonesia banget ya sob. Dan ngak nyangka, dari racikan biji kluwek yang cuman ada di Indonesia ini, bisa menjadi menu kuliner unik yang menggiurkan seperti black burger.

2. MAIO GREENBURGER


Sumber Gambar : http://directory.indonesiakreatif.net/directory/andi-asmawir-putra/
Masih soal burger. Kalo tadi burger berwarna hitam, sekarang kita bahas mengenai burger yang berwarna hijau nih sob.

Ada yang tau ngak nih, kenapa burger yang ini warnanya hijau?

Begini jadi ceritanya sob. Kalo black burger berwarna hitam karena campuran resep biji kluwek. Nah kalo Green Burger yang satu ini warnanya hijau karena daun pandan nih sob. Loh kok bisa? Soalnya rotinya di panasin ke microwave pake daun pandan nih sob.

Soal rasa, hmmm.., karena gue sendiri belum coba jadi gue belum tau sob. he..he..he.. Tapi menurut berbagai sumber yang gue dapet, rasanya unik banget sob. Soalnya cita rasa masakan modern berbaur dengan masakan tradisional. Yang jelas, gue jadi penasaran nih pengen coba.

3. Pisang Cokelat


Sumber Gambar : http://forum.detik.com/cara-mudah-membuat-pisang-panggang-coklat-t661101.html
Siapa yang ngak kenal sama makanan yang satu ini?. Kayaknya kebanyakan dari sobat udah kenal nih kuliner yang satu ini. Namanya PisCok alias Pisang Cokelat.

Kuliner yang satu ini memang benar-benar menggoda lidah para penikmatnya. Dari kecil aja gue udah suka sama kuliner yang satu ini. Apalagi sekarang yang udah makin banyak varian rasa sama varian bentuk dari pisang cokelat ini. Tapi kalo rasanya bukan cokelat, kenapa orang masih nyebutnya pisang cokelat ya?

4. Mochilok


Sumber Gamber : http://www.outbound-bandung-cileunca.com/mochilok-kuliner-unik-booming-di-bandung/
Menurut referensi yang gue dapet. Menu kuliner yang satu ini lagi booming nih di Bandung. Namanya 'Mochilok'.

Di Indonesia, kue mochi sebenarnya merupakan menu khas warga sukabumi. Dan kue ini juga sangat populer sebagai menu kuliner khas Jepang. Namun, orang-orang kreatif di Bandung meracik kue mochi menjadi unik dan terliahat menggiurkan.

Yang unik dari kue mochi ini ialah isinya nih sob. Biasanya kan kue mochi isinya adonan kacang. Nah kalo yang ini isinya ice cream dengan berbagai rasa nih sob. Wuiihhh, mantep ngak nih. Kalaupun gue sendiri belum coba. Tapi ngeliat dari penjelasan sama gambar-gambarnya aja bikin gue jadi ngiler pengen nyicip.

5. Bakpao Buah


Sumber Gambar : http://food.detik.com/read/2011/10/05/151359/1737431/288/empuk-empuk-manis-si-bakpao-buah-cantik
Ada lagi yang unik dari kuliner Bandung nih sob. Salah satunya ya ini, Bakpao Buah. Di liat dari bentuknya aja udah unik ya sob. Apalagi rasanya, pasti jadi penasaran.

Oh ya, menurut sumber yang gue dapet. Kuliner yang satu ini ngak pake bahan pengawet nih sob. Jadi cuman bertahan 2 hari aja. Nah, buat sobat yang mau bungkus ini kuliner buat oleh-oleh, jangan kelamaan ya naronya.

-------

Segini dulu ya sob sharing tentang cerita kulinernya. Lama-lama nyari perut jadi makin laper. he.he..he..

Rencananya kalo gue lagi jalan-jalan ke Bandung, pengeng beli kuliner-kuliner di atas nih sob.

Sampai di sini dulu ya. See You On The Next Post. :D

Referensi :
https://www.maxmanroe.com/black-burger-lezatnya-bisnis-kuliner-asing-dipadu-bumbu-khas-nusantara.html
http://www.yukmakan.com/article/1000909/yuk-lebih-tau/kluwek:-si-hitam-banyak-manfaat
http://reviewkuliner.com/2014/05/20/maio-green-burger-bandung/
http://bandung.panduanwisata.id/yuk-mampir-di-maio-green-burger/
http://www.merdeka.com/uang/maio-burger-burger-berbungkus-daun-ciptaan-mantan-bankir.html
http://www.outbound-bandung-cileunca.com/mochilok-kuliner-unik-booming-di-bandung/
http://food.detik.com/read/2011/10/05/151359/1737431/288/empuk-empuk-manis-si-bakpao-buah-cantik

Comments

  1. wahhh ,,, eh hebat bgt bandung wiskul nya ,,, kalo boleh kasih saran Mie Naripan yg dii jl Naripan tuh nyobain enak banget gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sip, nanti coba gue jajah mie-nya. he..he..he.

      Delete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D