Troubleshooting VGA nVidia yang tidak muncul

Driver nVidia yang tidak terdeteksi
Kemarin malam, ketika gue sedang asik-asik browsing di kosan temen, eh temen gue bawa orang buat minta tolong benerin laptopnya yang bermasalah. Pas ditanya apa masalahnya, ternyata masalahnya ialah driver VGA yang terdeteksi hanya driver VGA intel. Sedangkan driver VGA nVidianya tidak terdeteksi.

Model laptop si empunya ialah ASUS A455L. Sebelum di cek, gue sempetin dulu buat search spesifikasi lengkapnya di Google. Dapet deh di http://id.priceprice.com/ASUS-A455LD-WX101D-14670/specs/ . Pas di cek, ternyata bener nih laptop punya dua VGA. Antara lain VGA Intel dan VGA nVidia. Gue kira tulisan nVidianya cuman sekedar tempelan, eh ngak taunya beneran. he..he..he...

Laptop-laptop keluaran sekarang alias kalo ngak salah semenjak tahun 2013, Jika tertanam VGA nVidia, sudah hampir dipastikan ada juga VGA Intel yang tertanam. Kalo dulu, laptop yang ada VGA nVidianya, ngak ada VGA intel. Terus kenapa ya, sekarang produksi laptop banyak yang menggunakan dual VGA (nVidia plus Intel)?,

Sebenarnya, AMD sudah lebih dulu berkolaborasi dengan Intel untuk menggunakan teknologi dual VGA (Intel HD Graphic - AMD ATi Radeon). Kemudian nVidia menyusul setelahnya. Lalu apa bedanya dengan single VGA ?,

Kalo dilihat dari segi kualitas image processing, memang VGA AMD ATi Radeon maupun nVidia lebih unggul dibandingkan dengan VGA dari Intel, yakni Intel HD Graphic. Namun, VGA AMD ATi Radeon maupun nVidia membutuhkan power yang lebih besar. Sehingga membuat baterai laptop cepat terkuras. Sedangkan, VGA Intel HD Graphic memiliki kualitas image processing yang cukup bagus, namun tidak sebaik nVidia maupun ATi Radeon. Sehingga pemakaian power tidak lebih besar dibandingkan nVidia maupun ATi Radeon. Atau dengan kata lain, VGA Intel HD Graphic memiliki performa yang lebih baik.

Nah, menurut keterangan singkat tersebut, laptop dual VGA alias teknologi Hybrid, memiliki keunggulan baik performa maupun kualitas gambar dibandingkan laptop yang memiliki single VGA. Karena laptop dengan dual VGA akan otomatis menyesuaikan kebutuhan image processing dari laptop. Misal begini, ketika menggunakan laptop hanya untuk mengetik menggunakan MS Office Word, maka secara otomatis sistem akan menggunakan VGA Intel HD Graphic. Tetapi, ketika hendak mengedit video menggunakan Adobe Premier, maka secara otomatis sistem akan menggunakan VGA nVidia.

Demikian penjelasan singkat mengenai laptop dual VGA. Sekarang kita balik lagi ke topik driver nVidia yang tidak bisa terdeteksi. Jadi kasusnya, laptop ASUS A455L ini punya dual VGA. Intel HD Graphic dan nVidia. Tapi kok yang terdeteksi hanya VGA Intel HD aja ya...?

VGA yang terdeteksi hanya VGA Intel HD
Pada gambar diatas, tertera bahwa VGA yang terpasang ialah Intel HD Graphics. Padahal, kalo dual VGA semestinya selain Intel HD Graphics, ada pula yang lain. (Misal nVidia atau ATi Radeon). Contohnya pada laptop gue yang memakai VGA Intel HD Graphic dan ATi Radeon, maka pada tampilan device manager semestinya tertera seperti ini :

Dual VGA pada Laptop
Langkah awal untuk mengatasi problem tersebut ialah, gue minta sama si empunya laptop buat masukin CD Driver bawaan ASUS. Terus gue mau coba install driver dari CD Driver bawaan. Dan hasilnya ....

tetottttt... GAGAL TOTAL.. XD

Terus gue coba liat device managernya.

(Laptop yang gue troubleshoot ini make OS Windows 8. Untuk membuka device manager pada windows 8 maupun 8.1 salah satu caranya ialah : Klik kanan pada bagian pojok kiri bawah layar, kemudian klik device manger )

Membuka device manager pada windows 8 maupun windows 8.1
Pas gue liat device managernya, loh ini kok banyak banget driver yang belum terinstall ya?, tapi kok CD Driver bawaan ASUS ngak mendeteksi driver apa saja yang belum terinstall. Akhirnya gue mencoba cek sistem operasi apa yang dipakai. Pas di cek ternyata yang di pakai ialah windows 8.1 single language. Ya elaahhh, pantesan ajee. Terus gue tanya ke yang si empunya laptop.

"Mas, ini Windowsnya ori (alias asli) satu paket sama laptopnya?",

terus si empunya laptop jawab kira-kira kayak gini, "oh ngak mas, tadinya kosong, terus saya install windows 8.1 pro lancar tuh. Driver semua terinstall, termasuk VGA nVidianya. Main game juga lancar tuh mas. Tapi temen saya punya windows 8.1 yang original, dia beli 1,3 juta. Terus saya coba install di laptop saya mas, tapi nah malah VGA nVidianya tidak terdeteksi".

owalah, mentang-mentang original alias asli, main install-install aja tanpa liat edisi windowsnya. Akhirnya coba aja deh install ulang pake windows 8.1 Enterprise yang gue dapet dari temen gue. Setelah install windows selesai, lanjut gue coba install driver pake CD Driver bawaan ASUS. Dan VOILAAA, lancar jaya installnye. Alhamdulillah.

Udah install windows plus driver, si empunya minta tolong tambahin office sama antivirus. Yaudah deh, gue install sekalian. Terus temen gue nyeletuk, "mi, coba cek lagi driver nVidianye."

Pas gue cek, loh kok ini yang terdeteksi cuman VGA Intel HD Graphics aja?, nah loh... :O

Akhirnya gue cari driver secara manual di CD Driver bawaan. Dilanjut dengan install driver nVidia secara manual. Tapi kok muncul dialog yang isinya "tidak menemukan VGA nVidia". Waduh.., akhirnya cek pake software Everest. Dan hasilnya..... tetep tidak terdeteksi.

Yaudah deh, gue putuskan buat coba googling. Dan nemu dari forum Microsoft (http://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-hardware/nvidia-graphic-card-does-not-show-up-in-device/d773c616-7767-47c0-94be-b35d77727941?auth=1).

Solusi yang gue temukan pada forum Microsoft tersebut ialah,
Metode pertama, menggunakan software Microsoft Fix It untuk mendeteksi secara otomatis problem yang terjadi. Berikut ini link download Microsoft Fix It bagi hardware yang tidak terdeteksi : https://support.microsoft.com/en-us/mats/hardware_device_problems/en-usmethod
(catatan : untuk menggunakan software ini, disarankan untuk tetap terkoneksi dengan jaringan internet)

Metode kedua, beberapa perangkat di 'hidden' alias di sembunyikan pada device manager. Hal ini terjadi karena instalasi driver yang tidak benar. Untuk memunculkan kembali (unhide) device, silakan ikuti langkah berikut :
Letak Tombol Windows

  1. Tekan tombol Windows dan Huruf X
  2. Pilih Command Prompt (Admin)
  3. Ketik set devmgr_show_nonpresent_devices=1 kemudian tekan Enter
  4. Ketik Start DEVMGMT.MSC kemudian tekan Enter
  5. Akan muncul device manager, kemudian klik view dan pilih show hidden devices
menu pilihan menampilkan device yang tersembunyi (hidden)
Setelah itu, device yang terhiden akan muncul. Kemudian hapus drivernya dengan cara, klik kanan pada device yang tehidden, lalu pilih uninstall.

Bila selesai, lanjutkan dengan install driver nVidia terbaru dan restart komputer. Maka driver nVidia akan muncul.

Metode ketiga, apabila dua metode di atas belum berhasil. Lebih baik segera menghubungi pihak service center (karena laptop yang gue urus itu merek ASUS, berarti gue harus ke ASUS Service Center). Untuk memasang hardware dengan benar. Karena kemungkinan besar ada masalah dibagian hardware atau BIOS.

Gue mencoba langsung ke metode kedua, dan hasilnya ialah....

muasih gagal total, terus gue liat deh, ini laptop masih ada segel garansi apa ngak?, sekaligus nanya ke si empunya, belinya kapan. Dan ternyata muasih garansi resmi.

Nah, karena laptop yang gue cek itu masih ada segel garansi resmi dari ASUS, jadi gue nyaranin si empunya laptop buat benerin di ASUS Service Center.

Begitulah kiranya solusi untuk laptop dual VGA yang salah satu VGAnya tidak terdeteksi. Semoga bermanfaat dan See You On The Next Post.. :D 

Comments

  1. Jadinya laptop agan bener gak

    ReplyDelete
  2. Saya jg pernah ngalamin.... ceritax gini: Waktu br beli laptop asus a455l sudah dinstalin win 8.1 dr toko. Gak tau ori ato cap pak tani. Kemudian temen nawarin win 10 pro.. sy coba de tuh... and berhasil... tapi pas lg install drive vga card dan nvidia card nah disini masalahx...... laptop blackscreen... terus gituuuuuu terus.. udah berjuang cari di gogle akhirx dapat... ternyata drive cd bawaan toko hanya support windows instalan toko. Jadi kalo coba2 install window 7.8. Ato 10 anda harus cari drive nvidiax lwt internet.... jangan coba2 install drive nvidia bawaan toko kalo install ulang windowsx... percayalah anda pasti nyesrl deh......

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw juga lebih sering download sendiri kalo masalah driver,
      kalo dapet dari toko, biasanya gw cek dulu supportnya untuk windows apa? pun versinya versi berapa?

      Delete
    2. Gan masalah saya juga sama kaya gini, gara instal ulang w10 ke w8. Jadi harusnya gimana ya ?

      Delete
    3. Coba cek tipe laptopnya apa?,
      terus cari driver di situs resminya? (nanti juga sekalian bakal tau drivernya support windows versi brp)

      Delete
  3. Saya jugak punya masalah sama mas. Tapi gara2 abis ganti baru hardware nvidia nya . Yg bawaan kebakar terus pas instal driver download dari web nya nvidia muncul dialog "this graphics could not find compatible graphics hardware" udah nyoba cara yg ke 2 tetep gk bisa.
    mohon di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nvidia sama intel hd mas

      Delete
    2. Kalau VGA sudah yakin terbakar, mau ngak mau harus ganti VGA. Tapi kalau VGAnya onboard, ya mau ngak mau harus ganti mainboardnya mas.
      oh ya, ini mas install hardware apa driver ya?, kok bisa pasang/ tambah VGA, malah VGA bawaan (intel) yang ke bakar?

      Delete
  4. Udah di ganti baru nvidia sama beberapa komponen mainboard . Yg kebakar yg nvidia nya . Soalnya yg biasa dipakek yg nvidia . Nah masalahnya setelah ganti vga nvidia baru . Pas mau instal driver nvidia, ada dialog kalau driver ndak menemukan hardware yg compatible . Padahal sudah donlot deiver yg sesuai sama versi vga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba update driver via device manager?

      Delete
    2. kenapa g dicantumin ke trik trik diatas kak, saya sudah uninstall drivernya, dan coba instal ulang ky trik nomer 2, tapi g berhasil. jadinya ndk bisa updatedriver lewat device manager T-T

      Delete
    3. Maaf baru bls (lagi sibuk skripsi ehemm),
      akang tinggalnya di mana?,
      kalau di Jakarta ketemuan aja sama saya. Nanti saya coba cari tahu permasalahannya. Gmn?
      (no. Hp saya ada di FansPage ya)

      Delete
    4. punya saya kayak gitu bang

      Delete
    5. solusinya ada di tulisan yg saya buat :D

      Delete
  5. Di device manager yg muncul intelhd doang mas

    ReplyDelete
  6. Coba cara ini mas
    http://www.mykiosdriver.net/2014/12/mengatasi-driver-vga-tidak-kompatibel.html
    atau ini
    https://geekasmedia.blogspot.co.id/2012/07/solusi-update-nvidia-driver-installer.html

    ReplyDelete
  7. terima kasih banyak mas atas artikelnya dan link yg di kasih,
    punya saya sudah pulih kembali dengan permasalahan yg sama,
    saya pake cara yg pertama.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, sama2. Thank's ya sudah berkunjung :D

      Delete
  8. mas laptopku punya dual vga intel(r)hd grapichs family ma nvidida 820m, lahhhh setelah saya instal diver vganya nvidia berhasil, trs saya shutdown. keesokan harinya sayq buka laptop saya,lah tampilan dekstopnya berubah-ubah trs blue srennn, saya restart dehhh trs masuk safe mode, saya matiin vga yang nvidia trs berhasil tampilan dekstopnya dak ubah-ubah. tpi vganya pakai yang intel bkn yang nvidia. yak apa caranya mas supaya saya pakai dual vganya optimal/normal. soalnya saya kepengen sekali main pes 2016 nihhh di laptop. tolong dijawab yahhh massssssss,saya minta solusinya massss. mkshh mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum di disable driver nVidianya, Laptop mas berasa panas berlebih ngak ya?, kalo ya, kemungkinan besar hardware nVidianya sudah rusak alias harus ganti baru

      Delete
  9. Mas kalo di device manager tidak terdeksi vga nvidianya gmn mas? Sudah pakai cara diatas tetap tidak terdeksi. Mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  10. ka aku gak ngerti sama masalah laptop ku.. jadi ini ASUS A455L ram 4gb, core i7, driver nvidia terpasang tapiiii... klo aku editing premiere stlah proses render kayak tipi rusak deh warnannya, aku ganti adobe versi lain kyk cc, cs6, cs5, alhasil sama... kubawa ke Asus Service Center 3 minggu dsana blom baik masalahnya... malah aku disuruh coba sendiri /hadooh teknisinya bilang itu diganti mail box apaan gitu (?) aku sampe gila gara-gara ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas di service center sudah pernah tanya apa yang di ganti atau di perbaiki?,
      kalo menurut gue sih itu harus ganti motherboard krn VGAnya nempel di motherboardnya

      Delete
  11. laptop gue jg punya problem yg sama, dual vga intel dan amd radeon..
    yang amd radeon gak terdeteksi di device manager.
    Pernah cek kemungkinan katanya kebakar hardware vga-nya.
    Bisa diganti gak mas hardware amd-nya? Kalo bisa kira-kira berapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptopnya tipe apa?,
      VGAnya onboard apa ngak ya?, Kalo onboard harus ganti Motherboard sekaligus.

      Delete
  12. mas.
    saya ikuti langkahnya tapi nvidianya udah gak ada di Devmngr dan tidak bisa intsal drivernya. saya pake GT 440 PC lama saya., ada cara lain untuk munculin lagi di devmngr? kmrin ada tapi sesuai ikut perintah uninstal ya saya uninstal juga. mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  13. Om kalo masalah tdr video failure/reschedule/kernel video failure itu gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belom tau Om, lagipula pertanyaan om OOT (Out of Topic). Googling aja om. Banyak yang kasih penjelasan

      Delete
  14. Laptop saya nvidia g kebaca di device manager. Yg ad cm vga intel. Biasanya ada 2 gan yg kebaca. Di install drivernya jg g bisa. Mhon solusi gan. Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon baca dengan benar artikel saya ya bos. Budayakan membaca dulu baru bertanya. Oke.. ;D

      Delete
  15. Lenovo Ideapad 310 ane juga ga kebaca Nvidia nya :')

    ReplyDelete
  16. akhirnya VGA nvidia gt720m terdeteksi di device manager. baru ganti motherboard lenovo g400s. Terima Kasih Banyak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D