Serunya Microteaching Sesi Gue

Wednesday, January 07, 2015

Aksi gue pas lagi ujian microteaching
Halo sobat Hilmy Note's tercinta. Balik lagi nih bareng cerita-cerita gokil plus seru abiezz dari gue.

Pada kesempatan kali ini, gue mau share video pas gue lagi beraksi di ujian microteaching. Ujiannya sih udah sekitar 6 bulan yang lalu, tapi karena gue baru dapet videonya sekarang, jadi gue baru sempet share sekarang deh.


Jadi gini sob, kala itu (cieee 'kala itu', udah kayak cerita-cerita dongeng aja nih. XD) gue sedang ikut matakuliah KP alias kalo dipanjangin jadi Kompetensi Pembelajaran. Di kuliah ini, gue belajar bagaimana caranya menjadi guru yang baik. (ciee yang belajar jadi guru.. XD).

Untuk menjadi guru yang baik ternyata tidak mudah sob. Sebab kita dituntut agar selalu bisa menyontohkan segala macam budi pekerti atau bahasa kerennya 'Akhlak' yang mulia, baik itu kepada murid, maupun kepada orang lain.

Beeuuuhh, kalo di jalanin. Jadi guru itu ternyata sangat melelahkan. Tapi kalo kita suka dengan rutinitas kita sebagai guru, ya jadinya capek itu kaya ngak kerasa sob. (loh emang bisa ya..?). Bisa sob, kalo ngak percaya, gini deh gue analogikan dengan sobat yang suka banget maen futsal. Kalaupun capek, tapi karena seneng, sobat maen futsal lagi dan lagi tanpa ada rasa bosan. Ya kira-kira sama lah dengan mengajar atau menjadi guru. Ketika mengajar menjadi sebuah hal yang disenangi, maka tentu sobat ngak akan pernah bosen deh ngajar. Percaya deh sama Allah (Karena kalo sobat percaya sama saya, berbahaya.! XD)

Gue singkat ah ceritanya.

jleb, jleb, jleb, jleb (suara kaset dicepetin, walaupun bukan kayak gitu suaranya. XD)

Pada matakuliah Kompetensi Pembelajaran, ada ujiannya sob (Setiap matakuliah juga ada ujiannya kaleee.. XD). Jadi ujiannya ialah microteaching!! Ta-dAaaaa...!!!

Apa-An Tuh (Kuis Dangdut XD)

Micriteaching disini ialah praktik (inget ya PRAKTIK bukan praktek, karena tidak ada yang namanya praktekum. Cam kan itu. #GalakMode XD) mengajar. Jadi di kampus gue (UNJ), disediakan ruangan khusus untuk ujian microteaching. Namanya Lab.Microteaching. Diruangan itu, gue dan temen-temen gue yang ikut ujian microteaching, harus berperan layaknya seorang guru dan murid. Emang sih, rasanya ngak se-real atau se-original kalo ngajar langsung ke sekolah-sekolah. Tapi ngak apa-apa dong. Kan namanya juga latihan awal. Kan nanti setelah praktik microteaching, gue dan temen-temen gue yang ambil prodi kependidikan, diwajibkan ikut praktik mengajar langsung ke sekolah-sekolah.

Gue mau cerita dikit nih pas giliran gue maju ujian microteaching. Jadi pas gue masuk, temen-temen gue udah senyum-senyum ngak jelas gitu deh. Seimut apa emang gue ya, sampai temen-temen gue senyum-senyum geli pas liat gue (Jiaaahh, PeDenya lagi kumat. XD).

Seneng banget deh gue pas ngeliat respon temen-temen gue yang pura-pura jadi murid, tapi bukan murid yang diem sob. Tapi murid yang aktif. Ya mungkin karena temen kali ya, jadi ngak malu-malu interaksi ke gue yang ceritanya lagi jadi guru.

Pada praktikum ini. Gue memberikan 3 buah kata kunci pada materi yang gue ajaran. Dan selalu di ulang-ulang sepanjang pembelajaran. Biar pada masuk tuh, materi yang gue sampe-in. Gue juga memberikan materi denga cara yang ringan dan bersahabat. Terbukti, dengan cara tersebut, murid-murid (padahal temen gue sendiri) jadi aktif bertanya dan berpendapat. Tapi, ini bener sob. Soalnya cara ngajar kayak gini, pernah gue praktik-kan (inget PRAKTIK, bukan praktek!!!) di salah satu sekolah negeri. Waktu itu, gue diminta buat ngajar menggantikan kekosongan pengajar disekolah itu. Kemudian, salah seorang guru yang juga kepala jurusan di sekolah itu bisik-bisik ke gue. 

"Pak Hilmy (di panggil bapak, karena lagi jadi guru beneran nih sob), saya kemarin nanya ke murid-murid."

"nanya apa bu?"

"saya nanya gini pak, pak hilmy gimana ngajarnya?. Terus mereka bales, wah asik banget bu. Ngajarnya berasa kayak temen"

Tuh kan, apa gue bilang (mulai kePeDean lagi). Tapi yang jelas sih, berkat pertolongan Allah SWT yang menggerakan mental serta pemikiran gue. Sehingga pas gue ngajar, suasana jadi kondusif dan menyenangkan.

Segitu aja deh nostalgianya ya sob. Biar sobat ngak makin penasaran, gimana aksi gue pas ujian microteaching 6 bulan yang lalu. Yuk kita nonton videonya.

Selamat Menyaksikan

You Might Also Like

2 comments

  1. Bro ada RPP utk materi yg dibawakan waktu ujian MTC itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory bro, datanya hilang bersama dengan laptop..

      Delete

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ