Siap-siap PKM (Praktik Keterampilan Mengajar)

Monday, January 12, 2015


Sumber gambar dari http://pfl.grad.ncsu.edu/workshops/fit-fundamentals-in-teaching/


Salam super buat sobat Hilmy Note's (ngikutin gayanya MT he..he..). Minggu-minggu ini gue disibukkan dengan beragam agenda. Salah satunya, yang menurut gue paling menyita perhatian gue ialah PKM atau kalo di panjangin jadi Praktik Keterampilan Mengajar. Kalo dulu sih namanya PPL alias kalo di panjangin jadi Program Pengenalan Lapangan. Tapi intinya sama aja sob, yakni gue di minta oleh pihak Universitas untuk mengajar selama kurun waktu tertentu (Seinget gue 3 bulan) di sekolah kejuruan.


Nah, kenapa dipilihnya sekolah kejuruan. Karena fakultas gue namanya fakultas teknik. Dan kalo denger yang namanya fakultas teknik, kebayang dong nantinya mau ngajar apa?.

Gimana ? Kebayang ngak sob?

Kalo ngak, coba tanya sama temen sebelah deh. Kayaknya dia tau. (Sok tau banget nih si Hilmy, emang di sebelah gue ada orang?)

(Waduh, kalo ngak ada orang berarti..... . . . . .)

Kembali ke topik bahasan kita. Sebelum gue terjun, meluncur, nyemplung atau apapun istilahnya, ke sekolah. Gue dan temen-temen UNJ yang ikut PKM kudu, mesti, dan wajib ikut yang namanya pembekalan.

Nanti kita di ajarkan bagaimana caranya melakukan Penelitian Tindakan Kelas atau biasa di singkat PTK, kemudian apa saja kompetensi seorang guru, ada lagi dengan bagaimana memilih media pembelajaran, ada pula jenis dari model pembelajaran, terus bagaimana menyusun silabus dan RPP, dan sebagainya.

Keliatannya ribet ya sob. Emang sih ngeliatnya ribet. Apalagi nanti pas pelaksanaan. Udah kebayang dengan sifat murid yang beragam dan unik. Tapi itu semua harus gue lalui dengan penuh optimisme dan bahagia. Kenapa?, ya biar selama kita mengajar, kita menikmati proses mengajar dan belajar.

Selain mulai disibukkan dengan persiapan PKM, gue juga disibukkan dengan pembuatan laporan PKL.

Tadi ada PKM, sekarang PKL? kok ada 2 gitu ya?

Jadi begini sob, kalo di fakultas teknik, memang agak berbeda dengan fakultas lainnya di UNJ. Kalo di fakultas lain (seinget gue) hanya ada PKM alias mengajar. Kalo di fakultas teknik UNJ, selain ada PKM, juga ada PKL alias kalo di panjangin Praktik Kerja Lapangan.

Nah, melalui PKL inilah gue dan temen-temen gue di fakultas teknik UNJ mengasah keterampilan dari ilmu yang di dapat dari kampus. Selain itu, dengan PKL, gue jadi bisa nambah pengetahuan tentang gimana sih orang kalo kerja itu. Gimana prosedurnya, pengelolaannya, dan sebagainya.

Selain kesibukan persiapan PKM dan pembuatan laporan PKL. Gue sama temen-temen KOMBUN rencananya mau buat semacam konferensi nasional gitu deh. Namanya . . . . (Ups, masih rahasia ya sob. he..he..he.. XD)

Begitulah kesibukkan gue semenjak memasuki bulan januari ini.

Pas penyusunan laporan PKL, sama persiapan PKM. Gue ada yang kelupaan.

Apa-an tuh. (Kuis Dangdut.. XD)

Gue kelupaan berkas catatan kegiatan laporan PKL sama tanda bukti pembayaran buku pedoman PKM sob. (Waduh, gaswat dong)

Jadilah gue harus balik ke rumah gue di Bekasi buat ambil itu berkas sama bukti pembayaran.

Untungnya (mari ucap hamdalah, Alhamdulillah), pas gue pulang hari minggu kemarin. Cuaca sedang panas terik. Jadi gue ngak basah kuyup deh.

Pulang kerumah nyampe menjelang maghrib. Habis itu gue balik lagi ke kosan gue di Jakarta jam 9 malam. (Ini orang bentar amat di Bekasinya). Simpel sob, paginya sekitar jam 9, gue udah mulai ada pembekalan PKM. Jadi gue males kalo harus bermacet-macet ria (apalagi sekarang hari senin) di jalan. Khawatir di kelas malah ngantuk lagi.

Karena gue cuman sebentaran di rumah, gue memutuskan untuk foto bareng ade-ade gue yang imut. Bentar ini imut ngak ya. Kayaknya lebih enak di bilang soleh aja kali ya. He..he..he..

Gue bareng ade gue
Pagi harinya, hal yang tak terduga datang. Apa itu?, yaitu H-U-J-A-N. Dan hujannya ngak sebentar sob. Dari sekitar jam setengah 9 sampai selepas isya' hujannya baru berhenti. Alhamdulillah, wilayah gue ngekos sama keadaan kampus ngak kena banjir. Akhirnya, jam 9 kurang 15 menit gue tetep lanjut ke kampus pake jas hujan (karena payung gue masih di pinjem temen). Beruntungnya gue, karena gue hanya telat 5 menit. Jadi gue cuman ketinggalan materi 1 slide doang. Dan untungnya lagi, di sesi akhir, dosennya mengulas kembali materi yang diberikan. Jadi gue tau deh apa yang ketinggalan. Alhamdulillah...

Sekali lagi, Alhamdulillah. Coba kalo gue jadi nginep di rumah gue di Bekasi. Dan baru berangkat ke kempus dari Bekasi jam 8 nan. Besar kemungkinan gue langsung ke guyur hujan. Karena perjalanan dari rumah gue ke kampus, sekitar 1 jam.

Ya begitulah kira-kira kesibukkan gue sekarang. Ini gue cerita bukannya sombong ya sob. Tapi hanya sekedar share aja pengalaman gue. Sekalian terus mengasah kemampuan menulis (padahal ngetik) gue.

Ngikutin acaranya MTGW, 
Salam Super sobat Hilmy Note's

You Might Also Like

0 comments

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ