Menjelang selesai PKM alias Praktik Ngajar

Thursday, June 11, 2015

Gue bareng temen2 PKM gue lagi pemberkasan. Foto by Muhamad Adam
PKM alias kalo dipanjangin jadi Praktik Keterampilan Mengajar, ialah salah satu kegiatan wajib yang harus gue lakukan, kalo gue pengen lulus kuliah 'pendidikan' gue. Yaps, seperti yang udah gue kasih tau di '1st day PKM' (http://hilmynotes.blogspot.com/2015/03/1st-day-pkm-alias-praktik-keterampilan.html)


Minggu-minggu ini ialah minggu sibuk (tapi kayaknya paling sibuk deh. XD) bagi gue dan temen-temen UNJ yang juga lagi PKM alias Praktik Keterampilan Mengajar. Karena hari terakhir buat kumpulin berkas-berkas PKM ke kampus. Dan itu menurut temen gue, jadwalnya dimajukan. Yang tadinya batas kumpul berkas hari senin minggu depan, eh.. jadi hari ini. Yaudah deh, kelompok gue rada panik gitu. Untungnya (ngomong hamdalah dulu dah.., "Alhamdulillah"), pemberkasan udah di tanda-tanganin sama kepala sekolah, guru pamong, kajur sekolah, plus dosen pembimbing. Jadi tinggal ngerapihin dikit lagi. Coba banyangin kalo aja ada berkas yang kelupaan di tanda-tanganin sama kepala sekolah. Padahal kepala sekolah SMK tempat gue PKM lagi sibuk ngurusin LKS tingkat nasional. Jadi Beliau lagi supeerrr dupeerrr sibuk. Kalo aja sampe hari ini belum dapet tanda-tangan kepala sekolah, waduh udah makin panik aja nanti kelompok gue. Saking paniknya, bisa-bisa nanti gue ngeluarin jurus seribu banyangan gue, terus bayangan gue pergi ke tempat kepala sekolah smk gue lagi rapat buat minta tanda-tangan. (khayalan tingkat dewa.... ,Emang ada dewa khayal ya??).

Selain ngurusin pemberkasan buat di kumpul ke pihak kampus, gue juga harus ngurusin para siswa yang remedial. So, banyak banget siswa yang datang ke gue buat nanyain nilai yang kurang, terus minta remedial. Bagus deh kalo masih inget sama nilai, soalnya dari sekian siswa yang panik karena ngurusin nilai yang kurang, masih ada aja siswa yang ngak peduli sama nilainya. hhmmm...., 

Koreksian Jawaban yang gue urus
Jadi hari ini, eh bukan, maksud gue kemarin, gue ngurusin pemberkasan, remedial siswa plus ada lagi nih yang lain. Yakni, ngoreksi manual LJK alias Lembar Jawaban Komputer dari UAS siswa kelas yang gue ajar. Tadinya koreksinya pake komputer sih biar cepet. Tapi kok, nilai siswa pada rendah ya.. nah loh..??, selidik selidik, ternyata salah kasih kunci, jadi ya banyak siswa yang jawabannya disalahin sama komputer (dasar komputer, ngak punya hati apa? XD). Dan karena itu, guru pamong gue minta gue sama tama (temen kelompok PKM gue), buat meriksa LJK siswa.

Ngurusin berkas, ngoreksi LJK plus ngurusin remedial siswa di saat yang bersamaan. Bener-bener bikin gue jadi rada bingung alias kayak orang kikuk gitu. Lagi koreksi, tau-tau ada siswa dateng terus nanya,

"pak, nilai saya gimana pak",

 yaudah deh, gue buka dulu file excel berisi nilai-nilai siswa, terus gue kasih liat ke siswa gue. Seusai siswa nanya, gue balik lagi ngoreksi LJK. eh baru aja 3 nomor, udah ada lagi siswa yang dateng ke gue. Yang dateng ngak cuman 1 lagi. Terus nanya,

"pak, nilai saya gimana?" ucap siswa A,

"kalo saya pak?" ucap siswa B.

"kalo saya gimana pak?" ucap siswa (siswa mulu daritadi, emang muridnya cowo semua pak? XD), yaudah deh, kalo gitu gue ganti jadi, 'ucap siswi'.

Usai para siswa dan siswi nanya, gue lanjut ngurusin koreksian plus pemberkasan.

Singkat cerita, hari udah mulai sore alias sudah mau jam pulang. Alhamdulillah, pemberkasan udah mulai rapih, koreksian udah kelar, plus remedial sudah rampung walaupun masih ada kuman nempel di file nilai alias masih ada siswa yang belum remedial, padahal nilainya kurang. Yaudah deh, gue memutuskan untuk lanjut ngurusin besok alias hari ini buat yang belum ngumpulin tugas dan remedial.

Setelah urus ini dan itu, kita juga harus ngurusin perihal perpisahan dengan pihak sekolah, Nah loh, siap-siap ngeluarin dana deh. he..he..he. Tapi ngak apa-apa deh, yang penting seru iya ngak. :D

---------------------------------------

Jam pulang di SMK tempat gue ngajar yakni jam 3 sore. Tapi gue sama temen-temen kelompok PKM gue berniat pulang setelah solat asar, yakni sekitar 10 menit lagi. Sambil nunggu, sambil lanjutin download (LOhhh? ternyata hilmy... XD)

Selesai solat asar, gue pulang barengan sama temen-temen kelompok PKM gue. Baru jalan sebentar, eh di depan gue ada orang jatuh dari motor kenceng banget. Alhamdulillah ngak kenapa-napa tuh orang, Tapi eh tapi, pas gue liat lagi, ternyata yang jatuh itu temen satu kelompok PKM gue. Waduh, gue jadi rada panik, terus gue markirin motor gue, dan lanjut bantuin temen gue yang kecelakaan.

Temen gue yang lagi dapet pertolongan pertama
Gue ngak begitu detail ngeliat kejadiannya. Yang jelas, menutrut temen gue yang kecelakaan, dia nabrak mobil bajaj yang tiba-tiba belok ke kanan.

Untung si abang bajaj berhenti, dan tanggung jawab belikan obat-obatan kayak plester luka sama betadine. Dan Alhamdulillah, ada orang sekitar yang ngerti pertolongan pertama, jadi langsung di obatin deh. Sambil di obatin, gue nelpon kakak kelas gue di kosan, dan minta tolong datang membantu karena jarak kosan sama kecelakaan ngak jauh-jauh amat.

Setelah datang 2 orang kakak kelas gue, langsung aja deh, gue sama kakak kelas gue, nganterin temen gue yang kecelakaan ke kosan gue buat istirahat sebentar.

Temen gue istirahat di kosan sampe selesai maghrib. Setelah itu, dia memutuskan untuk pulang di kerumah di daerah kalideres. MasyaAllah, rumahnya jauh banget dari kosan gue di rawamangun. Mudah-mudahan aja ngak kenapa-napa.

Yaahh, kira-kira begitulah rutinitas minggu-minggu terakhir PKM alias Praktik Keterampilan Mengajar di SMK tempat gue praktik. Semoga yang terjadi bisa membawa hikmah bagi saya, teman-teman saya, juga sobat semua yang membacanya. aammiiinnn..

See You On The Next Post...

You Might Also Like

0 comments

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ