#1st day PKM alias Praktik Keterampilan Mengajar

Gambar dari : http://school.bsi.ac.id/2013/03/23/persiapan-uan-smkn-7-grafika/
Mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika dan komputer. Peminatan multimedia. Lantas gue diharuskan alias wajib alias kudu ikut yang namanya praktik keterampilan mengajar. (Loh kenapa harus ngikut kang?). Yaa.. simple sih, kalo dilihat dari program studinya aja udah 'PENDIDIKAN' teknik informatika dan komputer. Jadi udah sangat jelas kalo kuliah gue bakal (dan memang sih) di arahkan buat jadi guru.

Karena gue peminatannya multimedia. Gue sama temen-temen gue dari sesama prodi pendidikan teknik informatika dan komputer UNJ, milih SMK yang ada jurusan multimedianya. Tapi ada juga sih dari kelompok gue yang TKJ. Alhamdulillah, di SMK yang kami pilih ada jurusan TKJnya. Jadi aman deh.

(sssttt.. hati-hati kalo nulis di sini kang hilmy, nanti ada anak murid baca loh.). Loh emangnya kenapa?, (kan jadi tau kalo kang hilmy ternyata orangnya . . . . . . . orangnya apa hayooo... XD). Yang jelas, buat siapa aja yang udah buka plus (kalo bisa) baca postingan gue. Sumpah deh, gue ucapin terimakasih buanyyaaakk yang sebesar-besarnya buat sobat.

Kembali ke TeKaPe.

Hari ini gue udah mulai ngajar. Yaa, walaupun kenyataannya jadwalnya di rubah lagi sedikit. Karena menyesuaikan jadwal dari guru pamong. Tapi, it's Oke. Yang penting, kegiatan belajar mengajar berjalan dengan fun dan sukses. :D

Di hari pertama ngajar ini. Gue di minta menerangkan sekaligus memberikan tugas mengenai doodle ke peserta didik.

Doodle ??
Nah loh, sobat tau doodle ngak nih? XD. Kalo ngak tau, gue saranin buka google translate. Terus ketik doodle. Dan terjemahkan ke bahasa Indonesia ya sob. Dijamin sobat bakal nemu jawabannya.

(kang, buka google translate di mana?)
ini serius ngak tau?,
ya aammpuunn di era digital gini masa ngak tau google translate. Udah deh, biar sobat ada usahanya dikit. coba sobat buka google.com. Terus sobat ketik google translate.

Udah nemu?
Puasss!!.. Puasss!!!...

Balik lagi ke cerita.

Gue kasih dah tuh ke peserta didik yang gue bimbing penjelasan singkat mengenai doodle. Plus beberapa contoh doodle yang contohnya banyak bertebaran di internet. Tak lupa pula, gue selipin video mengenai Google Doodle dan bagaimana kondisi karyawan-karyawan Google di divisi Google Doodle.

(Bentar deh, tadi doodle. Sekarang Google Doodle. Itu apaan lagi kang?)

Nah loh, gue udah ngomong panjang lebar... eh salah, maksudnya, gue udah nulis panjang lebar tapi sobat belum tau banyak. Hmmm.... (sabar ya sob. Kang hilmy emang begini orangnya. XD)

Karena gue orangnya baik hati dan tidak sombong. (Aahh MASA!!). Yaudah deh, gue kasih tau apa itu Google Doodle. Pertama, sobat buka tab baru dengan klik CTRL+T di keyboard sobat. terus ketik google.com. Udah? kalo udah jangan lupa ketik 'pengertian google doodle' di mesin pencari google. Nah pasti langsung nemu tuh jawabannya. Gampang kan? XD

Lanjut yuk ceritanya.

Jadi intinya, hari ini gue ngasih tugas buat doodle di kertas HVS. Tapi ada juga yang bisa buat doodle via Adobe Ilustrator nih sob. Widiihhh,, keren deh buatannya. Tapi yang buat manual pake kertas juga ngak kalah keren kok. Ini buktinya hasil karya anak kelas XI MM 2 SMKN 7 Jakarta Timur :

Karya siapa ya ini? ngak ada namanya. XD

Karya Renaldi Ardiarsyah

Karya Nurika Ayu Tiara

Karya Annisa Nuril

Karya Anisa Oktafiani

Kalo ini karya bla bla bla Indah lestari. XD

Karya Suhan Sanusi

Kalo ini kayakny karya Ade deh. 
Sebenernya masih ada lagi karya peserta didik yang gue bimbing. Apalagi ada yang pake Adobe Ilustrator. Cuman, banyak yang di bawa pulang alias di jadi-in Pe Er.

Mudah-mudahan para peserta didik yang gue bimbing bisa terus berkarya untuk bangsa Indonesia ini. Dan tentu karya yang bermanfaat. Aaammmiiinnn...

Salam hangat dari gue. Mahasiswa UNJ yang kalo di ajak ngobrol rada kalem (Serius?? XD)

See You On The Next Post.

Comments

  1. ku tinggalkan jejak ku disini, ceritannya lagi mau nyari materi buat kuliah next semester. gak sengaja buka blog ini. saya PTIK UNJ juga nih ka baru masuk tahun kemarin. salam kenal ya kak...cerita pengalamannya seru banget. kalau boleh berbagi pengalaman, saya mau banget tau cerita kaka lagi. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank's ya sudah berkunjung, sory ya belum update lagi. entah kenapa lagi males nulis. Nanti deh, waktu dekat ini kaka update tulisan lagi. Salam kenal yaa..

      Delete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D