Pelatihan blog pertama KOMBUN nih..


Komunitas Blogger UNJ. Alhamdulillah, sudah sekitar 6 bulan yang lalu berdiri. Seinget gue, gue termasuk member ke empat nih sob. Jadi setelah dua orang founder plus satu pendaftar pertama, gue masuk jadi pendaftar nomor dua nih sob. (terus emangnya kenapa..?) ya, ngak kenapa-napa sih, cuman pengen pamer aja. he..he..
Di usianya yang 6 bulan, kami memutuskan untuk mengadakan pelatihan blog. Sebenernya udah dari awal dibentuk, KOMBUN pengen buat pelatihan blog. Cuman kata foundernya, si gia sama visya bilang lagi ngak sempet. jadilah ngak jalan-jalan tuh pelatihan blog.

Akhirnya karena gue dapet sindiran dari temen-temen KSGN yang kalo di panjangin jadi Komunitas Sejuta Guru Nge-blog, gue jadi terinspirasi buat mulai pelatihan blog. Jadilah gue yang buat pamfletnya, terus siapin tempatnya, plus materinya (ini orang multi-tasking gini ya XD). Alhamdulillah ada ka Elang (masternya SEO nih sob) yang bisa bantu buat jadi pemateri. Jadi kan pelatihan blognya makin rame.

Pelatihan blog atau kalo di pamflet gue tulis 'blogger training' (padahal yang ngikut ngak semua pake blogger) di putuskan bulan januari lalu. Tepatnya pas kopdar part 3 KOMBUN. eh bentar deh, Kopdar part 3 januari akhir apa februari awal ya..? kayaknya februari awal deh. Yah pokoknya ada jarak sekitar sebulan kurang deh antara pelatihan blog sama Kopdar part 3-nya KOMBUN.

Singkat cerita, gue mulai tuh, buat-buat pamflet. Meskipun sampe di revisi 3 kali karena lupa nyantumin nama ka Elang. he..he..he..

Baru di publish di sosmed. Eh ada yang nanya, "kak ini daftarnya gimana ya..?". Nah loh, gue baru keingetan. Ini kok ngak nyantumin cara daftarnya ya. Langsung deh inisiatif gue buat form online pake google drive. Dan gue cantumin tuh form online di blog gue. Jadi kalo ada yang mau daftar tinggal ke blog gue, terus isi form onlinenya. Lumayan kan, blog gue jadi bertambah pengunjungnya. he..he..he..



Menjelang Blogger Training, gue segera menyiapkan tempat. Berhubung gue baru sempet cek tempat H-1, jadi gue belum sempet nyiapin tuh surat peminjaman tempat. Tapi gue tetep PeDe nyari-nyari tempat yang bisa di pake buat Blogger Training. Karena niatan awal di gedung Dewi Sartika lantai 8, gue segera ke gedung dewi sartika lantai 8. Tapi kok pas di cek, ngak ada pengurusnya ya..??. Bingung karena ngak nemu pengurus gedung lantai 8, gue memutuskan untuk cek tempat ke gedung di sebelahnya, yakni gedung Kartini lantai 8. Kenapa lantai 8?, yaa siapa tau kantornya pindah ke gedung kartini lantai 8. he..he..he..

Sesampainya di gedung kartini lantai 8, gue makin bingung. Perasaan yang gue cari-cari itu sekretariat MKU alias Mata Kuliah Umum deh. Kok ini pas nyampe tulisannya Fakultas Ekonomi ya..? Kembalilah gue bingung, kemudian si bingung nuntun gue buat turun ke lantai 1 gedung Kartini. Eh pas panget nemu ibu2 pengurus gedung Kartini. Langsung aja deh gue tanya, 

"Bu, kalo MKU lantai berapa ya..?".

"oh ya, bentar ya mas.."

Si ibu langsung nyari-nyari tuh MKU di lantai berapa di buku pedoman gedung. Tapi eh tapi, si ibu sampe bolak-balik LIMA KALIIII (sory karena lupa bolak baliknya berapa kali, jadi gue bikin lebay. XD) tapi tetep aja ngak nemu-nemu.

"oh yaudah deh bu, kayaknya di gedung sebelah (Dewi Sartika) deh bu.."

"oh iya mas, coba deh ke gedung sebelah aja.."

Nah loh, berarti MKU yang gue cari daritadi emang di gedung Dewi Sartika. Terus yang jadi pertanyaan. Lantai Berapaa..?

Akhirnya gue balik lagi ke gedung Dewi Sartika. Beruntungnya gue, karena nemu pengurus gedung Dewi Sartika di lantai 1. Langsung deh tanya2, eh malah di anter ke Lantai 9. Owalaahhh, ternyata di lantai 9 toh. Di cari-cari sampai bolak-balik gedung, eh malah tepat 1 lantai dari tujuan awal lantai 8.

Singkat cerita, sampailah gue di sekretariat MKU. Tanpa basa-basi gue nanya ruang kosong yang bisa di pake buat hari esoknya jam 1 siang sampai jam 3. Dan bapaknya bilang ada kok, terus nanyain surat peminjaman tempat. Karena gue belum buat, jadi gue nanya ke bapak sekretariat MKU,

"pak, kalo suratnya nyusul besok boleh?"

"Oh yaudah ngak apa-apa"

"tapi tempatnya beneran ada kan?"

"iya ada mas"

begitulah rangkuman, ingat sekali lagi RANG-KU-MAN pembicaraan gue bareng bapak sekretariat MKU.

Ssiipp deh, ruangan udah beres. Tinggal ke BEM FT buat nyari format surat peminjaman tempat, terus pinjam kabel rol. Selepas itu, ke BEM UNJ buat pinjam proyektor. Di tambah ke LDK Salim UNJ buat pinjam kabel Roll.

Siiip, semua udah sesuai rencana. Tinggal siapin aja materi buat hari H. Kebetulan, baru ada ide jam 1 pagi. Jadi gue baru buat slide yang isi slidenya gue ambil dari materi Pak Namin, tapi gue rubah-rubah. Eh ngak kerasa edit2 slidenya pak namin, plus buat surat peminjaman tempat dan susunan acara, dari jam 1 pagi baru kelar jam setengah 6 pagi. Yaudah deh, selepas tuh, langsung istirahat sejenak sampai jam 9 (itu minta di bangunin sama temen jam 9, soalnya kalo udah kondisi ngantuk gitu, bisa2 baru bangun jam 11 lagi).

Pas bangun, langsung deh setrika beberapa stel baju dulu, baru kemudian mandi dan ambil beberapa perlengkapan kayak kabel rol (di kosan, di LDK Salim UNJ, di BEM UNJ, di BEM FT), proyektor di BEM UNJ, terus beli minuman buat kak Elang.

Singkat cerita, selepas duhur kebetulan gue ketemu sama Indra Giri (Kadept Kaderisasi LDK Salim UNJ 2015). Yaudah deh, tanpa pikir panjang gue minta tolong buat bawain sebagian perlengkapan ke gedung Dewi Sartika Lantai 9. Tapi eh tapi, pas nyampe kok ini malah ngak ada ruangan kosong yaa. Bapaknya malah bilang kosongnya baru jam 3-an. Waduh.., Langsung deh muter-muter otak sembari searching dimana lokasi pengganti buat Blogger Training.

Alhamdulillah dapet juga. Kebetulan (betul berapa emangnya? XD) dapet di sekretariat BEM UNJ. Yaudah deh, langsung minta jarkomin ke muti buat nginfoin ke temen-temen yang lain. Soalnya pulsa gue kebetulan habis gara-gara jarkom pake format MMS (dduuhh, akibat salah pencet nih. XD).

Di singkat lagi ceritanya, akhirnya agenda blogger training baru bisa mulai jam 2-an. Dan selesai jam setengah 4.

Yah, begitulah kira-kira kisah gue yang jadi pembicara plus perlengkapan plus sekretaris plus konsumsi plus media di agenda Blogger Trainingnya KOMBUN Part 1 edisi Februari kemaren.

Terimakasi buat temen-temen yang udah dateng dan support agenda Blogger Training ini. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Dan ilmunya tetap bermanfaat. Aaammiinn...

Oh ya, ini tulisan-tulisan yang berkaitan dengan Blogger Training KOMBUN Part 1, selamat menyimak :D


Buat yang mau materi dari gue, bisa cek di link berikut :


Semoga Bermanfaat :D

See You On The Next Post.. 

Comments

  1. Gile... heroik aj nih ceritanya, heheheheh...
    klo gw mah gag mau dah bang kya gtu... cape...

    btw itu kebanyakan kata "singkat cerita", hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga semangat berbagi..,

      kalo ngak di singkat cerita, nanti jadi panjang cerita lagi, he..he..he.. XD

      Delete
  2. wah, semuanya plus plus ya....semoga acara BT ni bisa terus berlanjut yaaa :)

    mampir-mampir yuk ke Blog Ca Ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D