CorelDraw, I will Back...

tracing gambar mata dengan CorelDraw
Bingung mau ngapa-ngapain. Eh gue keingetan kata Orang Tua gue. Kalo ngak salah kayak gini, "Hilmy mumpung masih mahasiswa (muda) usaha yang getol (merintis karir), plus buruan kerjain skripsinya". Hmm.. kalo dipikir lagi, gue jadi kepikiran yang kata awalnya. 'usaha yang getol'. Dengan kata lain, harus terus asah softskill nih. Mumpung udah ada ilmu dasar buat ngedesain. Yaudah deh, gue meu coba perbanyak latihan desain. Habis itu rencana mau ikut berbagai lomba desain. Kalo bisa, sambil usaha-usaha yang berhubungan dengan desain.

Karena belakangan ini gue lebih banyak ngedesain pake Adobe Photoshop. Padahal, gue udah punya dasar-dasar ilmu desain pake CorelDraw. Cuman, ngak pernah di pake CorelDrawnya. Jadinya, kalo gue buka CorelDraw, kayak rada kaku gitu sob.

(Loh kok udah biasa ngedesain, tapi malah berasa kaku?)

Iya sob. Entah kenapa, gue ngerasa kalo ngedesain di CorelDraw itu lebih membutuhkan banyak ide di banding kalo gue ngedesain di Adobe Photoshop. Mungkin karna tools di CorelDraw yang memang di khususkan buat ngebentuk alias create sebuah objek kali ya. Beda banget sama Adobe Photoshop, toolsnya dibuat khusus untuk editing. Satu lagi, kayaknya sih kenapa gue rada kaku kalo ngedesain di CorelDraw, karena emang udah jarang banget gue pake entuh software. Jadi wajarkan kalo pas buka, gue bingung mau bikin apaan. he..he..he..

Di postingan sebelumnya, yang 'buat logo NYBC 2015 (baca : http://hilmynotes.blogspot.com/2015/01/buat-desain-logo-nybc-2015.html). Gue udah cerita kan ya, kalo gue emang udah lamaaaa banget ngak maenan CorelDraw. Nah, maka dari itu. Gue mau coba-coba asah skill ngedesain pake CorelDraw lagi nih sob.

So, gue bukalah software CorelDraw yang udah gue install sejak lama tapi jarang gue pake (waduh, kayaknya entuh software udah berdebu nih. XD). Terus, gue klik new. Maka keluarlah blank document, alias layar putih kosong melompong yang siap gue corat-coret.

Awalnya sih gue rada bingung mau gambar apaan buat sesi latihan kali ini. Eh gue ke ingetan. Gue kan suka banget sama karakter-karakter anime Jepang. Berhubung gue belum bisa gambar karakter anime pake tangan (jiaahhh, ketauan ngak bisa gambar bagus nih. XD), kenapa ngak coba aja pake CorelDraw. Siapa tau hasilnya jadi lebih bagus. Iya ngak sob?

Sip, sebelum mulai ngegambar di CorelDraw. Gue buka terlebih dulu browser gue. Setelah itu, apa hayooo...? mau tau..?

Yap, gue langsung cari-cari tutorial menggambar karakter anime pake CorelDraw.

Alhasil, nemulah gue di salah satu blog seseorang. Kebetulan tutorialnya rada lengkap nih. Yaudah gue ikutan instruksinya satu per satu.

Pada tahap awal, ada tutorial cara membuat mata. Berlanjut ke hidung, mulut, wajah kemudian rambut. Untuk urusan badan, sabar sob. kita tunda dulu. Ngak usah buru-buru. Yang penting ngerti apa yang kita pelajari. Iya ngak sob..?

Alhamdulillah, tahap satu alias tahap pembuatan mata berjalan dengan lancar. Tapi kok rasanya ada yang kurang ya. (kurang apa tuh kang hilmy?) Kurang menantang sob. Masa gambar matanya cuman kayak gini doang : 

Sumber gambar : https://citoela.wordpress.com/2013/11/19/cara-membuat-mata-chara-anime-atau-manga-dengan-coreldraw/
Ini bukan berarti gue sombong ya sob. Tapi gue pengen latihan yang lebih menantang. Kan namanya juga mau ngelatih skill ngedesain gue. Padahal, gue udah punya dasar-dasar ngedesain pake CorelDraw. Jadi kurang dong.

Akhirnya, gue memutuskan buat tracing gambar mata dari salah satu karakter anime yang gue tonton serial tvnya. Kebetulan gue dapet screenshootnya nih sob. Nih gambar screenshoot gambar karakter anime yang mau gue gambar ulang matanya pake teknik tracing.

Screenshoot karakter anime yang mau gue gambar ulang matanya di CorelDraw
Gambar screenshootnya sengaja gue ambil yang rada susah dikit ditiru. Jadi lebih menantang buat nge-gambarnya. Iya ngak sob?

Mulailah gue gambar entuh mata dari screenshoot di atas. Alhamdulillah, bikinnya berasa lebih lama 45 menitan dari gambar yang di sediain di tutorial.

Hasilnya, lumayan lah.(lumayan apa tuh? lumayan bagus, atau...... XD). Bisa nanti gue save dulu, terus di lanjut dengan gambar mata dari karakter anime lain. Tentunya dari screenshoot yang gue ambil. Kalo udah rada sering bikin. Baru deh gue bikin secara original. Rencananya sih gitu sob. 

Ini hasil gambar jiplakan dari gue :

Tracing gambar mata pake CorelDraw
Mudah-mudahan, bisa tetep konsisten belajar ngedesain. Biar makin terasah skillnya. Plus usahanya makin lancar. Insha Allah

Oh ya, buat sobat yang mau tau link tempat gue dapet tutorial. Ini linknya sob :


Mudah-mudahan bermanfaat,
See you on the next post.

Comments