Nge-Blog yukkk..

Thursday, December 11, 2014

Ilustrasi dari http://socialmedia.biz/2013/05/06/blogger-outreach-is-more-pr-than-social-media/
Nge-blog. hmm.., jadi inget pertama kali gue mainan blog. Waktu itu gue masih kelas 1 SMA. Kalo ngak salah, gara-gara ngikut yang namanya ROHIS deh. Kebetulan yang diminta buat ngelola blog ROHIS itu gue. Jadi ya mau ngak mau gue kudu, wajib, mutlak, belajar gimana caranya nge-blog.



Pas SMA warnet masih populer (Mungkin karena penyedia jasa internet di Indonesia pas gue SMA biayanya ngak semurah sekarang kali ya. he..he..he..). Karena warnet masih populer, jadinya hampir setiap pulang sekolah gue sempet-sempetin nangkring di warnet. Entah itu sekedar browsing, nge-bloging blognya ROHIS SMA gue, download lagu dan (yang paling sering) ialah download software-software terbaru dan unik. Sampai-sampai harddisk komputer di rumah hampir penuh ke isi sama software-software koleksi gue. Padahal, ngak semua software gue install. he..he..he..

Ketika gue SMA, warnet sebenernya sangat populer dengan game online. Tapi karena gue berpikiran kalo nge-warnet cuman habis buat nge-game doang. Nanti duitnya sayang dong. Mending buat nyedot habis-habisan kuota internet tuh warnet. he..he..he.. Atas dasar itulah, kadang-kadang operator warnet sampe negur gue kalo gue downloadnya kebanyakan. Ups... XD

Tapi tenang, disamping download. Dari dulu gue udah hobi banget yang namanya blogging. Tapi hobinya di bagian edit-edit tata letak sama bagian edit-edit html-nya nih. (Caution..!! Kalo sobat ngak ngerti edit tata letak dan html, gue saranin sobat SEGERA mulai nge-blog!!). Karena gue seringnya cuman edit-edit struktur html dan tata letak aja, jadinya blog ROHIS gue sepi dari artikel. Tapi gue siasatin dengan copy-copy artikel dari web atau blog lain. Tentunya disertakan link dari web atau blog yang gue copy. Biar ngak dibilang JIPLAKK. Jadilah blog ROHIS gue sebagai blog aneka sumber informasi dengan tema ISLAM.

Berkat kebiasaan gue yang cuman edit-edit html sama tata letak doang, terus gue cuman copy-paste artikel orang lain. Jadilah gue males buat nulis-nulis artikel. Dan kebiasaan males ini terus berlangsung sampai gue lulus SMA.

Namun, ternyata hobi gue di bagian edit-edit html sama tata letak lumayan membuahkan hasil. Oh ya, itu gue belajar edit-edit html otodidak alias belajar sendiri loh sob. Dan itu juga gue belajarnya ngak dari buku. Tapi dari hasil tanya-tanya sama si mbah google. Hasilnya mantep sob, kalo ngak percaya tengok deh blog BEM FT UNJ yang sekarang. Sebagian besar itu hasil edit-edit gue. oh ya ini bukan maksud gue sombong ya, tapi gue cuman mau bilang. Kalo sekarang mau belajar apapun kita dipermudah dengan adanya internet. Jadi gue pesen jangan bilang ngak bisa dulu, sebelum cari-cari tutorialnya di internet.
Tampilan Blog BEM FT UNJ pertanggal 11 Desember 2014

Oke, singkat cerita hobi nge-blog gue berlanjut saat memasuki tahun ke dua kuliah. Awalnya muncul lagi hobi nge-blog gara-gara gabung sama Lembaga Pers Dakwah Kampus NuraNiku nih sob. Kebetulan ketuanya kakak kelas ane. Jadi gue dapet pembelajaran intensif tentang motivasi menulis. Hasilnya, ya lumayan mantap sob. Semenjak itu, gue mulai sering nulis buat blog gue sama terkadang buat blog ROHIS SMA gue.

Seiring berjalannya waktu, rasa males nulis muncul lagi. Akibatnya, blog gue jadi sepi lagi dari artikel-artikel baru dari gue. Padahal gue yakin, sobat udah nunggu-nunggu artikel terbaru dari blog gue (waduh PeDenya udah kelewat lebay tuh, XD). Tapi gue selalu berusaha biar gue semangat lagi buat nulis.

Dengan semangat nulis gue yang fluktuatif alias naik turun. Gue ketemu sama seorang guru keren yang hobinya ialah nge-blog. Tapi kalo yang ini nge-blog beneran sob, alias sering update artikel. Ngak kayak gue dulu, yang cuman sering otak-atik html doang. he..he..he..

Panggilannya ialah Om Jay, Beliau adalah guru komputer SMP Labschool rawamangun Jakarta Timur. Awal gue ketemu ketika gue ngikut kajian ........
 .......
bentar-bentar, gue ngikut kajian apaan ya (jiaahh dia lupa. XD). Yang Jelas pas gue ketemu, Om Jay dengan nama resmi pak Wijaya Kusumah ialah pemateri dalam kajian yang gue ikutin.

Pas selesai kajian, gue maksain diri gue dan juga keringet dingin gue untuk kenalan sama Om Jay. Sekalian minta advice alias bimbingan Om Jay buat nulis, karena waktu itu gue ngikut lomba karya tulis essai dari KPM (Kelompok Peneliti Muda) UNJ. Dan ngak di sangka-sangka, ternyata dengan murah hati Om Jay bersedia meluangkan waktunya buat gue belajar nulis essai.

Bimbingan cara menulis essai dari Om Jay inilah yang kembali mendobrak pagar pembatas dari ide-ide kreatif buat nulis. Gimana enggak? coba sobat bayangin aja. Kan gue bilang sama Om Jay, kalo ngak salah gini "Om Jay, ane pengen belajar nulis essai nih. Mulai dari mana ya?". Terus habis itu Om Jay nyuruh gue buka laptop, habis itu buka MS Word. Terus-terus tau ngak? (ya enggak lah, orang belum dikasih tau.. XD). Om Jay hanya berkata, "tulis yang ada di kepala ente". Nah loh, gue bingung. Orang yang ada di kepala ane cuman ada rambut dan mungkin ada sisa-sisa kutu yang terselamatkan dari musibah shampoo. he..he..he.. XD

Karena Om Jay ngeliat gue udah kayak orang bingung (padahal emang lagi bingung), Om Jay nyontohin dengan buat satu paragraf. Dengan ide apapun yang ada dipikiran Om Jay. Misal Om Jay padi tadi habis makan ketoprak, yaudah deh Om Jay nulis dengan tema ketoprak. Wah ternyata semudah itu ya menulis. Tapi tunggu dulu, karena bimbingan ini tujuannya ialah untuk meraih penghargaan di lomba menulis essai. Dan bukan bimbingan menulis ala blogger. Jadi gue sedikit banyak diberi tau tips-tips cara menulis essai. Diantaranya .... Sobat cari tau sendiri aja ya, he..he..he..

Singkat cerita, semangat menulis gue mulai kembali meningkat. Apalagi pas gue masuk juara 10 besar menulis essai dari total 20 peserta yang ikut. Waduh, ini gue baru ngikut pertama kali lomba menulis essai, tapi udah dapet aja predikat 10 besar. Ini mungkin berkat (tentuny pertolongan Allah), bimbingan Om Jay, doa orang tua gue, serta usaha gue.

nge-blog lagi ahh...

Itulah keinginan kuat gue, setelah gue dapet penghargaan masuk 10 besar lomba menulis essai.
Tapi eh tapi, males gue kambuh lagi (duhh,, hilmyyy!!! XD). Jadilah blog gue jarang-jarang gue update. INGET ya, JARANG-JARANG. Bukan ngak pernah. Jadi gue sesekali masih nulis buat di blog gue.

Nah, baru-baru ini nih. Tepatnya kurang lebih 3 bulan lalu, gue ngikut Komunitas kece nih sob. Namanya Komunitas Blogger UNJ yang kata GIA sama Visya (pendiri Komunitas Blogger UNJ) disingkat jadi KOMBUN.

Berawal dari ngikut KOMBUN inilah, gue jadi makin sering update artikel di blog gue lagi. (horeee... akhirnya si hilmy mau update postingan lagi.. XD). Dan gara-gara tulisan-tulisan inspiratif dari blog-blognya para KOMBUNERS inilah yang membuat gue merubah gaya tulisan gue. Dari yang tadinya lebay melankolis jadi lebay ngak jelas (Lohh...? XD).

Tapi sebelum ketemu sama KOMBUN, sebenernya gue udah sering di ajak jalan-jalan ke komunitas-komunitas yang suka nulis nih sama Om Jay. Contohnya aja, Komunitas Sejuta Guru Nge-Blog atau kata Om Jay di singkat jadi KSGN (nah ini baru beneran di singkat, ngak kayak... kayak apa hayoo..?? XD).

Terus gue juga pernah ngikut pelatihan blogging GRATISSSS dari KSGN. Tepatnya sih bantuin Om Jay buat ngadain tuh pelatihan. Kayak fotoin peserta, bawain makanan ke pemateri, bantuin peserta pelatihan biar lebih paham, dsb. Tapi lumayan bisa sambil belajar. Soalnya selama ini kan gue belajar blog cuman pake blogger doang. Nah, kalo pas pelatihan blogging dari KSGN, yang di pake itu wordpress. Jadi ya, lumayan lah buat nambah-nambah ilmu. Apalagi ini GRATISSS (Lengkapnya bisa lihat di : Jalan-Jalan Bareng Om Jay).

Seiring berjalannya waktu, gue jadi makin rajin update postingan di blog gue. Apalagi pas gue sering-sering blog walking ke blognya Nayla sama GIA yang tulisannya bener-bener semau mereka (Loh emang hilmy ngak?? XD).

Pokoknya ternyata menulis sebuah postingan di blog itu mudah sob, ngak percaya? Oke, gue kasih tau. Belum lama ini, yakni bulan november kemaren ada workshop menulis kreatif dari BEM FT UNJ. Kebetulan gue yang jadi MC nih (baca : Jadi eM Ci Gokil di Acara Workshop Menulis Kreatif). Pas lagi pelatihan, pemateri cuman ngasih materi sebentar. Habis itu peserta di suruh nulis 'DADAKAN' selama kurang lebih 10 menit. Habis itu di nilai deh, yang paling bagus dapet doorprize buku. Belum lagi pas dikoreksi, kita bisa nanya langsung. Dimana kalimat-kalimat yang kurang pas. Dan bagaimana agar tulisan kita jadi keren nan mantap.

Dan ternyata benar saja, para peserta workshop menulis kreatif ini sangat lancar dalam menulis. Padahal nulisnya dadakan loh sob. Jadi nulis itu bukan masalah keahlian, tapi masalah mau apa ngak alias niat. Kalo masalah keahlian atau bakat, itu bisa dilatih sambil terus perbanyak menulis. Betul ngak sob?

Oke, sampai sekian dulu perjalanan seru nge-blogging gue. Semoga dapat memotivasi sobat buat segera blogging. Kan dari pada nulis status-status super singkat di FB atau di Twitter, mendingan posting cerita-cerita, opini, puisi, video atau apapun deh di blog. Karena gue yakin, kalo nge-blog itu bikin orang lebih kreatif daripada orang yang cuman Facebookan atau Twitteran doang. Apalagi kalo yang status Facebook atau Twitternya cuman info-info lebay ngak jelas yang super singkat kayak "aduh.. lagi ngantuk nih.." ya elah, ngantuk aja curhat. Daripada curhat super singkat yang ngak jelas di Facebook atau Twitter, mending curhat di blog aja. Siapa tau malah jadi cerpen. Kan kalo gitu memacu kita jadi lebih kreatif. iya ngak? iya aja ya biar cepet. he..he..he..

Udah ah, dari tadi bilang sekian tapi malah ngak tamat-tamat. he..he..he..

Sekali lagi deh, sekian. Thanks buat sobat setia yang udah susah payah ngebaca postingan-postingan dari gue. Semoga bermanfaat. Dan SELAMAT NGE-BLOGING ria.

Salam Blogger UNJ

You Might Also Like

2 comments

  1. waaaah adaaa nama guenya tuuuh... bayar royalti laaaah dikau hahaha ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya ente tuh bangga nama ente ada di blog ane, he..he..he..
      Oh ya, Udah sembuh belom.,
      Klo belum semoga cepet sembuh deh,
      Klo Udah, semoga makin sehat selalu . . .

      Delete

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ