Sekolah online, tantangan baru guru milenial jaman pandemi


Siswa SMK Telesandi Zoom Meeting
Kegiatan Tadarus dan absensi SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi

Senin pagi kemarin, tepatnya pada 20 Juli tahun 2020. Merupakan hari pertama dari awal semester baru di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Saya (ngak pake gue nih..? :D) yang ditugaskan menjadi wali kelas X Multimedia 4, kini kembali diberi amanah untuk meneruskan membimbing anak-anak kelas multimedia 4 ini yang sekarang beranjak ke kelas XI.

Bismillah.. berbekal pengalaman 4 bulan pembelajaran secara online. Mudah-mudahan saya dan rekan-rekan guru dan staf di Telesandi terbiasa dengan sebuah paradigma baru dalam belajar mengajar. Laahh.. memangnya di awal mengajar online kenapa kang..?

Jadi begini, sebelum pandemi mulai merebak di Indonesia. Tidak semua guru di Telesandi terbiasa dengan pembelajaran secara online. Jadi begitu bulan Maret pemerintah provinsi Jabar menetapkan PSBB berikut dengan kampanye #BelajarDariRumah lah kita-kita pada melongo. Mau guru mau siswa, pada bingung. Tapi Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dan berkat kegigihan dan kesabaran kami guru dan siswa plus dukungan OrangTua dan Wali murid, kini proses pembelajaran berangsur mulai mengalami perbaikan.

Kita flashback di hari Minggu 19 juli 2020. Jadi di hari minggu itu ada rapat dadakan menggunakan Zoom Meeting. Mengenai penentuan Walas, sampai penentuan proses KBM selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Karena ada beberapa perubahan penting dalam proses pembelajaran yang belum sempat tersampaikan. Termasuk jadwal mengajar baru disampaikan hari itu.

Karena tahun ajaran lalu pada pertemuan pertama saya tidak buat powerpoint mengenai perkenalan mata pelajaran yang saya ampu. Akhirnya saya coba buat semalaman. Eh kebetulan ada agenda sampai sore, jadilah lelah datang luar biasa. Imbasnya selepas Isya' saya terlelap hehehe..

Alhamdulillah jam 10 malam saya terbangun dan langsung buat materi hari pertama saya. Mulai dari konten apa yang mau di input dalam presentasi powerpoint, desain apa yang akan dibuat dalam presentasi sampai animasi apa yang akan ditampilkan. Habis asyik buat presentasi, saya lanjut buat persiapan untuk recording. Mulai dari persiapkan microphone, persiapan narasi dan sebagainya. Setelah siap, barulah saya mulai recording. Rasa kantuk mulai sedikit merayu, tapi karena terbuai dengan serunya membuat materi jadilah saya tetap terbangun dan baru sadar sudah tengah malam.hehehe..

Buat powerpoint sudah, recording juga sudah. Kalau saya mau turutin kantuk mah saya langsung sudahkan recordingnya begitu saja. Sampai saya memutuskan untuk saya tonton terlebih dahulu. Dan ternyata..?? boorriinggg sekaleee.. wadidaw.

Karena kesan pertama itu harus menjelegar. Sekaligus terdorong kuat oleh motivasi membuat materi sebaik mungkin. Saya kuatkan diri untuk meng-edit videonya. (Sumpah dah, ngak perlu kopi buat nahan rasa kantuk.. :D).

HilmyNotes
Proses editing video materi pembelajaran

Usai meng-edit video materi pembelajaran, hati merasa sungguh puas. Lanjut upload dulu di YouTube, set linknya supaya tidak publik (jadi yang punya link aja deh yang bisa nonton :D). Jangan lupa pula posting di e-learningnya Telesandi. Atur-atur dulu kolom materinya, kasih link videonya, tulis desktipsinya dsb. Kelar-kelar eh udah jam 2.30 pagi. Wadidaw.. Pantes ini mata udah makin ngak kompormi. Padahal paginya harus mulai bimbing anak tadarus hehehe.

Dengan perasaan lega karena materi sudah dibuat dengan maksimal plus sudah ter-upload ke e-learning. Lanjut deh istirahat. Alhamdulillah tetap sholat subuh tepat waktu :D

Begitulah keseharianku hari minggu lalu. Lanjut hari senin, paginya bimbing siswa kelas XI Multimedia 4 untuk tadarus sekaligus absen dan bimbingan walas menggunakan Zoom. Lengkap dengan seragam mengajar hari senin. :D. Kebetulan ada tugas keluar, saya lanjut bimbingan dan pantau anak sembari jalan.

Singkat kata singkat cerita saya lanjut PJJ hari selasa. Seperti biasa diawali dengan tadarus lewat aplikasi Zoom Meeting. Alhamdulillah hadir semua kecuali yang sedang berhalangan. Seusai Tadarus via Zoom, lanjut pelajaran matematika.

Di pelajaran matematika ini, Pak Amir selaku guru matematika kelas XI masuk ke grup kelas Multimedia 4 perwalian saya. Beliau langsung mengirim video berisi materi pelajaran matematika sekaligus soal latihan mudah untuk anak-anak. Sungguh luar biasa, guru yang basicnya bukan IT tapi mencoba memberikan yang terbaik untuk anak2 lewat media pembelajaran online ini.

Pak Amir memberikan Materi
Video Pembelajaran Matematika oleh Bapak Amir :D

Saya ikutan tonton juga pelajarannya Bapak Amir ini. Lumayan, mengingat kembali pelajaran bab Matriks. :D Sekalian juga mau lihat teknik pemberian materinya.

Lanjut pelajaran ke-2 adalah pelajaran bahasa Inggris. Di pelajaran ini, ada materi yang dibuat sendiri oleh Miss Lisa selaku Guru Bahasa Inggris berupa dokumen Ms Word. Materinya sangat nikmat dan menyenangkan ketika dibaca. Maknyuss deh..

Nah yang terakhir ada materi pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan oleh Bapak Yudo. Pas sesi beliau ini nih penyampaian materinya melalui Zoom Meeting. Sekalian perkenalan sekalian kasih materi deh. 

Materi PKWU Oleh Bapak Yudo
Materi PKWU Oleh Bapak Yudo

Begitu luar biasanya animo teman-teman guru juga para siswa dan siswi ini dalam mengikuti pembelajaran. Semoga saja kita tetap bisa menambah ilmu walau dengan berbagai keterbatasan dampak dari pandemi berbulan-bulan.

Tetap Semangat buat diriku, rekan-rekan guru dan staf serta anak-anakku yang selalu berusaha keras dalam mengikuti pelajaran demi pelajaran.

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan" (Q.S. Al Insyirah ayat 5)

Semoga bermanfaat And See You On The Next Post

Comments

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D