Blog, diari digital tempat berbagi


Tampilan blog Pak Wijaya Kusumah (Om Jay)

Malam ini gue disibukkan oleh serangkaian tugas untuk menyelesaikan RPP alias Rancangan Perencanaan Pembelajaran. Beruntungnya gue, karena dulu gue pernah kuliah materi pembuatan RPP ini pada kuliah perencanaan pembelajaran. Sampai saat ini saya ingat betul bagaimana saya belajar bersama Bapak Rusmono dalam membuat perencanaan pembelajaran yang baik. Dalam setiap kelas yang beliau ajarkan, kami selalu bahagia. Karena Beliau sangat ramah. Satu hal yang paling saya ingat dalam setiap pertemuan beliau di kelas. Beliau selalu mengajar dengan penuh semangat, senyum dan dedikasi. Sehingga pembelajaran yang butuh ketelitian dan keluasan pengetahuan bahasa itupun terasa sangat menyenangkan.

Beliau adalah salah satu contoh Dosen / Guru yang kita bisa contoh. Dari mulai masuk kelas selalu on-time. Pembukaan kelas yang sangat menarik. Pembawaan yang to the point. Penjelasan yang matang. Keluasan wawasan. Sampai ketepatan dalam mengakhiri pembelajaran alias selesai belajar pun selalu "ON TIME". What..? serius..? iya bener. Kalau misal di jadwal selesai jam 9.45. Ya beliau selesai jam 9.45 tanpa sedikitpun materi yang terlewat. So, Beliau benar-benar menjadi contoh super teladan dalam kuliah materi perencanaan pembelajaran. Semuanya terencana dengan baik. (Semoga Allah selalu memberikan perlindungan dari segala musibah)

Lain halnya dengan Pak Wijaya Kusumah yang akan gue bahas kali ini. Kalau Pak Rusmono teladan dari segi dosen itu sudah semestinya. Maka Pak Wijaya Kusumah ini merupakan contoh teladan seorang guru yang pernah Pak Rusmono ajarkan.

Mari kita cerita dari awal mula gue bisa kenal.

Suatu ketika Pak Wijaya Kusumah (yang selanjutnya gue sebut Om Jay.. hihihi) mengisi kajian kemahasiswaan di Fakultas Teknik di Kampus tempat gue kuliah (UNJ). Beliau mengisi mengenai pentingnya menulis.

Sambil mendengarkan Om Jay mengisi materi gue teringat akan lomba menulis yang diselenggarakan oleh (se-ingat gue) BEM / HIMA Jurusan Pendidikan IPS. Yaudah deh, seusai Om Jay mengisi materi gue memberanikan diri untuk kenalan dengan Om Jay dan minta privat nulis dengan beliau ^ω^

https://www.hilmynotes.com/2014/03/jalan-jalan-bareng-om-jay-goes-to-smkn.html

Padahal gue sebenernya gemeteran karena menahan malu. Tapi berhubung keingintahuan untuk belajar menulis dari 'ahlinya' lebih besar dari rasa malu. Jadilah pembicaraan yang membuat saya kenal sampai beliau sebarkan virus 'nge-blog'nya ke gue  y(^ヮ^)y

Mari kita flashback ke paragraf 1 (hehehe). Saking penatnya bejibaku dengan pembuatan RPP. Akhirnya gue selingi dengan membaca artikel-artikel dari blog yang sudah gue follow. Tapi anehnya ketika ingat blog, gue teringat akan Om Jay yang menjadi pemantik gue untuk rajin menulis di blog. Padahal gue belum follow blog nya beliau #Ups (Habis ini langsung masuk ke akun blogger, truuss tambahkan blognya Om Jay ke list daftar bacaan #eeaa)

Awalnya gue buka dulu tuh blog nya Om Jay yang udah pake top level domain berbasis wordpress (https://wijayalabs.com/) . Tapi rentang postingan dan jenis postingannya kurang beragam. Sempet gue berpikir, "Masa iya sih Om Jay yang dulu gue lihat hampir di setiap kesempatan menulis, konten blognya tidak terlalu sering..?". Sampai gue teringat. Beliau juga punya blog berbasis blogger di https://wijayalabs.blogspot.com/ . Nah ini yang gue cari. Isinya lebih banyak dan beragam. #FYI beliau juga aktif nulis di kompasiana dan sudah sering menang lomba kepenulisan. uuuWoooww
 ⊙0⊙

Jadilah akhirnya gue langsung semangat mau nulis di blog. Padahal baru aja kemarin gue post di blog. Jarang-jarang nih, gue posting 2 hari berturut - turut. Bismillah.. semoga saja ke depannya gue bisa lebih sering share konten-konten yang bermanfaat.

BTW, RPP udah nungguin nih hehe.. Sudah terpacu semangat gue untuk nulis karena nge-blog. Kini saatnya lanjutnya nulis Perencanaan Pembelajaran ini..

Keep Safe ya Guys. Jangan lupa sering-sering cuci tangan. Pakai selalu masker ketika keluar rumah dan tetapkan social distancing.

Semoga Allah selalu memberikan perlindungan-Nya kepada kita. Aamiinn..

Comments