Rexus SW-RX01, webcam berkualitas nan terjangkau


Webcam Rexus


Pandemi corona atau yang sering digaungkan dengan istilah COVID-19 kian hari kian mengkhawatirkan. Khususnya di negara Indonesia ini. Namun di sisi lain, Pandemi ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para penjual atau pebisnis yang mau belajar teknologi. Salah satu dampak keuntungan tersebut adalah meroketnya harga webcam. Padahal, perangkat webcam saat ini sedang sangat dibutuhkan. Mulai rapat antar pejabat, diskusi ringan sahabat, silaturahmi keluarga (Idul Fitri kemarin) sampai pembelajaran jarak jauh. Memang ada juga yang menawarkan harga bersahabat, tapi kualitasnya sungguh tak seperti sahabat yang selalu memberikan apapun yang terbaik bagi kita. Nah pada postingan kali ini, gw akan share webcam yang harganya masih bisa diterima akal sehat namun tetap punya kualitas yang Oke.

ilustrasi dari rexus.id

Harga yang ditawarkan official storenya adalah Rp. 399.000,- . Namun kita bisa dapatkan harga mulai dari Rp. 375.000,- hingga 500 ribu-an. Kenapa harga segini masih gw kategorikan masuk akal sehat. Karena kalau sobat cari merk logitech, di mana harga webcamnya naik tinggi sekali. Contohnya Logitech seri C270. Dulu harganya kisaran 200-300 rb-an. Kini biasa kita lihat dengan harga 675 rb bahkan lebih. Atau seri Logitech C922 Pro Stream. Dulu gue pernah pake seri ini dan tanya sama yang beli ini alat, dulu harganya kisaran 1,3 Jt. Kini bisa kita temukan dengan harga 2 jt lebih. Wooww.

Memang harus di akui, kualitas webcam Logitech tiada duanya. Namun kalau harganya meroket sampai 2x lipat begini apa tidak berpikir ulang..?

Kalau gue sih mending cari yang lain aja hehehe. Tapi mungkin beda kalau alasan sobat ya untuk kualitas rekaman yang top markotop. Buat Youtube yang gambarnya super jernih. Ya silakan pilih merk-merk Logitech. Tapi buat sobat yang punya budget terbatas, kebutuhan hanya untuk video conference rapat kantor. Pokoknya minimal bisa gantikan kualitas webcam laptop yang super minimalis. Ya webcam ini solusinya

hilmynotes.com
Webcam ketika dipakai untuk Zoom Meeting


Sebelum gue bahas lebih lanjut, berikut ini spesifikasinya :

Ukuran Lensa : 1/4"
Resolusi : 1280 x 720
voltase : DC 5V
Fokus Otomatis : Ya
Sensor Gambar : HDCMOS ov
Frame Rate : 30 fps
Mic : Ya

Gimana..? dari segi spesifikasi kelihatan menjanjikan bukan.

Oke sekarang masuk ke opini pribadi gue. Gue sebagai pendidik yang harus terus memberikan pembelajaran pada anak-anak di jaman pandemi seperti ini. Di mana ketika bulan maret sampai mei kemarin sedang digaungkan #DiRumahAja. Diarahkan oleh keadaan untuk menggunakan berbagai macam teknologi yang berbasis pada internet. Salah satunya adalah pembelajaran online. Baik menggunakan platform web, video pembelajaran sampai pertemuan langsung melalui video conference.

Dalam kondisi video conference maupun kondisi membuat video pembelajaran, gue biasanya pakai kamera di smartphone. Karena kualitas kamera internal laptop yang sudah tidak bisa di ajak kompromi. Namun, menggunakan Hp atau smartphone ada batasan-batasan yang gue belum mahir, seperti belum bisa konek kamera Hp dengan koneksi kabel. Baterai Hp yang cepat habis ketika proses recording, dsb. Akhirnya gue memutuskan untuk membeli webcam.

So, tujuan utama gue beli webcam ini ya tidak lain dan tidak bukan untuk kebutuhan pembelajaran. Sekaligus bisa juga di pakai ketika ada rapat secara online. Karena meeting melalui laptop tentu lebih nyaman dibandingkan melalui smartphone. setuju..?

awal mulanya gue mau nabung untuk beli webcam merk Logitech. Tapi karena harga yang di tawarkan sudah terlampau over akhirnya gue coba cari webcam merk lain yang lebih terjangkau tapi tetap punya nama besar di bidang teknologi.

Setelah lama mencari, akhirnya ya gue menemukan webcam merk Rexus ini. Kualitas ketika cahaya cukup sangat Oke. Untuk kondisi kurang cahaya bisa gue akalin dengan lighting portable yang memang sudah gue punya. Webcam ini juga punya mic sendiri, tapi gue tidak pernah pakai karena kualitasnya tidak sebaik mic internal laptop.

Jack audio untuk mic pada webcam rexus

Oh ya, webcam ini tidak punya slot untuk mounting tripod. Karena gue mau menempatkan webcam ini di tripod, jadi ya gue akalin pakai holder U lalu ambil bagian mountingnya saja dan di-solasi di bagian bawah webcam

Menambahkan sendiri mounting untuk tripod

Memasang Tripod pada webcam

Berikut ini perbandingan kualitas webcam internal laptop yang gue pakai dengan kualitas webcam rexus pada kondisi kurang cahaya

kiri : Webcam Laptop, Kanan : Webcam Rexus dalam kondisi kurang cahaya (malam hari)

Sedangkan untuk kondisi ruangan apabila cukup cahaya (siang hari) seperti ini hasilnya

kualitas webcam rexus dalam ruangan dengan cukup cahaya (siang hari)

Gimana, lumayan oke kan..?

So, buat kamu yang butuh webcam yang budgetnya tidak terlampau mahal. Webcam yang cukup bagus kualitas gambarnya. Bisa untuk meeting online ataupun membuat video pembelajaran sederhana. Tidak ada salahnya untuk memilih opsi webcam dari Rexus ini.

For Your Information : gue beli 2 minggu lalu di official storenya masih ada. Sekarang sudah sold out. Jadi sisa penjual2 non-official. Tapi no problem, karena harga yang di tawarkan tidak jauh berbeda dengan harga yang ada pada official store rexus. Dan semoga saja tidak seperti Logitech, yang harganya terus meroket karena produksinya menurun tapi permintaan (pembeli) meningkat.

Stok Kosong pada Official Store Rexus


Semoga bermanfaat, And See You On The Next Post :D

Comments