Ikutan Pelatihan (Online) Belajar Menulis Bareng PGRI


Om Jay (Wijaya Kusumah)
Seminar Online
Kamis pagi paling enak sambil minum air hangat, ditemani penganan buah-buahan nikmat nan sehat. Pagi itu saya masih memantau aktivitas pembelajaran daring (kalau bahasa trendnya sih BDR a.k.a Belajar Dari Rumah). Sambil rekap penugasan mata pelajaran yang saya ampu. Eh.. kebetulan ada notifikasi muncul pada browser chrome saya dengan pemateri mentor menulis saya dulu yakni Bapak Wijaya Kusumah guru TIK SMP LabsSchool Rawamangun yang biasa di panggil Om Jay

Notifikasi Youtube
Notifikasi Youtube

Padahal seingat saya, saya belum pernah tuh subscribe (langganan) ke channelnya kelas bersama. Tapi berhubung pematerinya Om Jay, plus materinya memang yang lagi saya cari nih. Yaudah deh saya klik notifnya. Lalu saya diarahkan ke video materinya. Ternyata eh ternyata. Livenya di mulai jam 13.00 WIB. Sementara ketika saya buka, waktu masih menunjukkan pukul 10.00 WIB. Yowislah, lanjut lagi seruput air hangat sambil pantau BDR untuk mapel yang saya ampu maupun pantau BDR untuk perwalian kelas yang saya bimbing. Oh ya, untuk rekaman seminarnya bisa sobat cek di sini https://www.youtube.com/watch?v=ZDz3xeQ8o3Y

Alhamdulillah, untuk minggu pertama ini masih perkenalan saya sebagai guru mapel sekaligus perkenalan mengenai mata pelajaran apa yang akan saya ajarkan. Jadi sudah saya siapkan video pembelajarannya sejak H-1. Saya manfaatkan saja layanan gratisan dari YouTube untuk simpan video materi pembelajaran pertama saya. Sangat mudah dan murah (malah GRATIS hehehe..) menggunakan YouTube ini.

Dalam materi yang Om Jay sampaikan, berikut merupakan beberapa kendala yang dihadapi dalam proses BDR (Belajar Dari Rumah) :
1. Tidak semua siswa memiliki perangkat elektronik yang mumpuni dan mengoperasikannya dengan baik
2. Ada saja siswa yang tidak mengumpulkan tugas baik karena alasan nomor 1 maupun kurangnya kontrol orang tua
3. Guru monoton dalam memberikan materi/penugasan sehingga siswa merasa jenuh dan agak terbebani
4.  Guru sulit memberikan feedback kepada siswa
5. dst

 Berikut merupakan latar belakang yang membuat kita merancang pola pembelajaran dari rumah :
- Revolusi teknologi dan pertumbuhan digital media berdampak pada seluruh unsur kehidupan, diantaranya pada ranah pendidikan
- Data Internet World Stats, pengguna internet Asia saat ini mencapai 1,62 miliar jiwa dengan penetrasi 40,2 persen dari total populasi sebesar 4 miliar jiwa
- Media sosial memengaruhi cara seseorang mengakses informasi, membentuk pola pikir dan perspektif atas kondisi sosial
- Teknologi memengaruhi sistem pembelajaran. Sistem online memungkinkan pembelajaran mengakses data dan informasi dari lintas sumber
- Guru diharuskan peka terhadap media pembelajaran baru, dan akses informasi mutakhir.

Nah ada kata "Guru diharuskan peka terhadap media pembelajaran baru". Memang tidak bisa dipungkiri lagi. Musibah COVID-19 ini merubah pola sebagian besar proses belajar mengajar. Sehingga metode mengajar dengan cara konvensional dirasa kurang efektif pada proses pembelajaran jarak jauh (online). Jangan sampai karena kita tidak semangat dalam meng-update kemampuan dan menambah ilmu baru, membuat materi yang kita sampaikan menjadi monoton dan berakibat siswa malas mengikuti proses pembelajaran.

Pada seminar kali ini Om Jay banyak menyinggung perihal literasi digital. Karena memang sangat banyak orang baik hati yang membagikan ilmunya secara gratis tis tis. Sehingga bisa meningkatkan kompetensi pembacanya. Salah satunya ya Om Jay ini. Di pertengahan seminar, beliau dengan sukarela membagikan buku dengan 300-an hlm yang beliau buat kepada seluruh peserta seminar. Wooww (Terimakasih Om Jay, semoga berkah dan bermanfaat)

Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi
Buku "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" full 300 hlm 

Ngomong-ngomong soal literasi digital, berikut merupakan pemaparan dari Om Jay :
- Kemampuan memahami informasi, serta memilah, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara tepat
- Analisa atas "banjir informasi", membedakan sumber yang bisa dipercaya, dengan sumber "hoax"
- Membentuk perspektif, internet untuk berkarya. Bukan sekedar bermain dan bersenang-senang, namun untuk belajar dan memproduksi karya

Lalu apa sih yang harus dikuasai oleh Guru ..? berikut lanjutan pemaparan dari Om Jay: 
- Literasi digital, membentuk kemampuan pendidik untuk menyerap sekaligus menyampaikan informasi yang tepat kepada komunitas pembelajar
- Pendidik inspiratif, menggunakan kemampuan literasi digital untuk membangun pendidikan yang humanis, cerdas dan menyerukan perdamaian
Literasi digital membentuk nalar yang konstruktif, bukan mental yang merusak, namun pengetahuan yang inspiratif

Pada materi ini, Om Jay banyak sekali menyingung perihal literasi digital. Kalau boleh jujur, saya sendiri lebih banyak "menonton" daripada "membaca" di media internet ini. hehehe... Tapi Alhamdulillah ketemu Om Jay, ketemu teman-teman blogger UNJ, ketemu teman-teman jurnalis LDK saat di kampus. Saya yang lebih suka "nonton" daripada "baca", sekarang sedikit-sedikit menjadi sering membaca. Ya.. minimal membaca berita harian di situs-situs berita harian. Teringat pula akan nasihat dosen mata kuliah perencanaan pembelajaran Bapak Rusmono, M.Pd. "Anda dalam mengajar jangan hanya membaca mengenai materi yang Anda sampaikan. Baca juga berita-berita harian guna menambah wawasan." Mengapa menambah wawasan itu penting..? agar kita menjadi lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan yang kita buat. Plus, kita bisa memberi nasihat-nasihat penting untuk siswa yang kita ajar. Barangkali nasihat-nasihat kita bisa membuat para siswa menjadi termotivasi untuk terus berkembang dalam kebaikan. InshaAllah

Ciri khas Om Jay dalam mengisi materi adalah selalu mengajak para pendengar (peserta) seminar atau workshop untuk mulai menulis. Dengan kalimat andalannya "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi". Selalu tergaung dalam tabuhan gendang telinga saya setiap kali saya berbincang maupun mendengarkan Om Jay mengisi materi.

Berikut manfaat menulis yang saya kutip dari matrapendidikan.com :

1.  Menulis berarti menciptakan jembatan berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain.
2.  Kebiasaan menulis akan mengasah dan mempertajam kemampuan diri sendiri dalam berbahasa tulis.
3.  Dengan menulis akan membantu orang lain dalam menghadapi dan memecahkan masalah yang sama dengan yang dihadapi si penulis.
4.  Menulis dapat mengasah daya nalar dan daya ingat seseorang.
5.  Melatih ketajaman untuk berkonsentrasi.
6.  Menulis kreatif akan menjadi sumber penghasilan.
7.  Aktivitas menulis dapat memperbanyak teman dan sahabat.
8.  Menulis adalah sarana aktualisasi diri seseorang.
9.  Kemampuan menulis menjadi sebuah prestise dan prestasi
10.Kegiatan menulis mendatangkan kepuasan batin.
11.Menulis akan menambah pengetahuan dan wawasan seseorang.

Bagaimana..? dibandingkan menulis status dengan kalimat super pendek. Lebih baik menulis "status" di blog dengan bahasan yang lebih baik dan mendalam. Manfaat ini sudah saya rasakan sendiri. Alhamdulillah, persis seperti yang matrapendidikan.com paparkan.

Berkat Om Jay yang dengan semangatnya memaparkan materi dengan tetap membawa semangat mengajak para peserta untuk menulis (Bahkan beliau sampai memberikan Nomor WA Pribadinya loh :D). Terutama untuk bergabung pada grup WA Belajar Menulis. Tentunya dengan pemateri-pemateri yang berkelas yang sebagian besar sudah menerbitkan buku sendiri. Muantaappp..!!!

Lanjut deh saya langsung chat ke Om Jay buat gabung grup menulis. Biar saya ada tambahan motivasi untuk nulis lagi nih. Maklum, beberapa bulan ini saya sempat tidak aktif menulis di blog. Kalau ada rekan yang sama-sama rajin menulis, ya otomatis kita juga jadi terbawa rajin dalam menulis bukan..? . Kalau rajin menulis, nanti akan terbawa tuh rajin membaca. Karena tidak mungkin bisa menulis postingan yang baik tanpa adanya research. Nah inilah nanti yang akan menjadi literasi digital. Karena tambahan wawasan kita masa pandemi ya internet ini . :D

Undangan Pelatihan Menulis
Undangan Pelatihan Menulis
Pemateri Pelatihan Menulis
Pemateri Pelatihan Menulis

Chat saya dengan Om Jay
Chat saya dengan Om Jay (Sudah saya konfirmasi ke Om Jay ya untuk share chatnya)

Apabila sobat mau tau info lengkap mengenai pelatihan menulis ini.Sobat bisa kunjungi pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com . Sedangkan untuk detail pematerinya bisa soba cek di wijayalabs.com/2020/07/19/narasumber-guru-menulis-dan-menerbitkan-buku-20-24-juli-2020/ 

Terimakasih banyak Om Jay yang telah berbagi waktunya dalam mengisi materi "menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah". Walaupun ujung-ujungnya ya saya jadi gabung grup pelatihan menulis :D. Mudah-mudahan dengan ikut pelatihan ini, saya jadi semakin semangat dalam menambah wawasan. Dengan menambah wawasan, bisa menambah daya kreativitas dalam membuat media dan pola pembelajaran yang efektif. InshaAllah.

Oke cukup sekian. Terimakasih bagi sobat semua yang sudah membaca postingan saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan See You On The Next Post :D

Comments

  1. met siang pak Hilmy, saya main dan meninggalkan jejak saya d sini, tetap semangat tuk bljar bersama om Jay. saya senang nulis novel, sdh lahir 1 novel, dan sedang promo tuk buku antologi pertema cerdas mendidik buku bacaan tuk anak2 pintar kebetulan sy mengisi cerita Boneka Kertas dek Shila.

    salam leterasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D