Ngerinya NERAKA !!!

Bismillah, pertama – tama gue mau kasih konfirmasi dulu nih sob. Gue nulis ini artikel bukan karena gue sok pandai. Bukan karena gue sok alim. Atau buka karena gue sok cermat. Tapi ini gue tulis sebagai pengingat bagi gue dan syukur-syukur buat sobat yang baca tulisan gue.



Kedua, tulisan ini sebagai hasil catatan gue pas gue lagi ikut ngaji bareng temen – temen gue di kampus. Jadi ini murni bukan gue yang nyampain. Tapi gue hanya meneruskan materi yang gue dapet dari murabbi alias guru ngaji gue.

Karena ini hasil tangkepan pendengaran dari nasihat yang murabbi gue kasih. Jadi tentu ngak bakal se-perfect murabbi gue. Tapi ngak apa-apa ya sob, toh ini juga sebagai bahan renungan dan pengingat buat kita-kita.

Oke, selamat menyimak semoga bermanfaat. Dan sekali lagi, Bismillah . . .

Sebelum masuk materi lebih mendalam, yuk kita berlindung pada Allah dari empat hal.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak merasa kenyang (puas), dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR . Muslim no. 2722 dari Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu)[1]

Gambaran Neraka :

1. QS. At Tahrim : 6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

2. QS. Al Mursalaat : 26 - 30
  • (26) orang-orang hidup dan orang-orang mati ?(Maksudnya: bumi mengumpulkan orang-orang hidup dipermukaannya dan orang-orang mati dalam perutnya)
  • (27) dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?  
  • (28) Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan. 
  • (29) (Dikatakan kepada mereka pada hari kiamat): "Pergilah kamu mendapatkan azab yang dahulunya kamu mendustakannya.  
  • (30) Pergilah kamu mendapatkan naungan yang mempunyai tiga cabang. (Yang dimaksud dengan naungan di sini bukanlah naungan untuk berteduh akan tetapi asap api neraka yang mempunyai tiga gejolak, yaitu di kanan, di kiri dan di atas. Ini berarti bahwa azab itu mengepung orang-orang kafir dari segala penjuru.)

Neraka juga mempunyai tujuh tingkatan.[2]

Yang pertama ialah neraka yang paling bawah (karena yang paling bawah, tentu ini ialah neraka yang paling super mengerikan). Neraka Hawiyah, Pintu neraka ini ditempati oleh orang-orang munafik, orang kafir termasuk juga keluarga Fir'aun, dalam neraka Hawiyyah.

Hal ini sebagaimana arti dari firman Allah ;"Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyyah" (QS.Al-Qari'ah :9).

Yang kedua setelah neraka hawiyah ialah neraka Jahim. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah. Hal ini sebagaimana arti firman Allah ini :"Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat" (QS.Asy-Syu'araa :91)

Ketiga, ialah neraka Saqar. Neraka ini ditempati oleh orang-orang yang menyembah berhala. Tentang neraka ini, Allah telah berfirman yang artinya :"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)" (QS. Al-Mudatstsir : 42)

Kemudian yang keempat ialah neraka lada. Berisikan iblis dan pengikutnya beserta orang majusi. Dalam hal ini Allah telah berfirman : Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak". (QS. Al-Ma'arij : 15).

Pintu kelima namanya Huthamah, tempat orang-orang Yahudi. Tentang neraka Huthamah ini, Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an : "Dan tahukah kamu, apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan". (QS. Al-Humazah : 5-6).

Pintu keenam namanya Sa'ir, merupakan pintu neraka pada neraka tingkatan ke 2. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang Nashrani dan para pengikutnya. Pintu neraka ini berada di atas tingkatan pintu neraka Huthamah. Mengenai neraka ini, Allah Ta'ala telah berfirman :"Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)".(QS. Al-Insyigaq : 12).

Dan pintu yang ketujuh. Ialah neraka Jahanam. Merupakan pintu neraka yang paling atas (pertama). Di dalamnya berisi umat Rasulullah Saw yang melakukan dosa-dosa besar dan tidak tobat sampai mereka meninggal dunia.

Ya Allah semoga kita terlindung dari azab-Mu yang sangat pedih.

Kemudian kriteria seorang yang masuk neraka ialah : 

  1. Orang yang bersahabat dengan orang zalim
  2. Wanita yang telanjang dan suka memukul orang lain  
  3. Orang yang suka menyiksa binatang 
  4. Tidak ikhlas mencari ilmu 
  5. Memakai wadah minum dengan emas dan perak  
  6. Orang yang melakukan bunuh diri 
  7. Dsb (Mohon maaf gue belum sempet nyatet semua nasihat dari murabbi gue, jadi baru segini deh)

Tips agar terhindar dari azab neraka :

  1. Biasakan berzikir pagi dan petang
  2. Perbanyak istigfar di waktu siang dan malam 
  3. Membaca Al-Qur’an dengan kehadiran hati (membaca dengan khusyuk) 
  4. Hadir di masjid sebelum azan 
  5. Evaluasi amal yang telah dilakukan 
  6. Perbanyak sedekah 
  7. Enyahkan kata “nanti”

Kalau baca, rasanya ngeri banget sob. Apalagi kalau sobat baca juga sumber referensi yang gue baca. Makin kebayang super seremnya azab Neraka. Semoga dengan hadirnya catatan pengingat ini, dapat membuat gue dan sobat pembaca jadi semakin ingat sama yang ciptain kita (Allah SWT). Dan semoga kita terhindar dari azab-Nya yang super duper pedih. Aammmiiiinnnn....

Wallahu alam.


Referensi Tambahan :
[1] Sumber http://asysyariah.com/akhlak-berlindung-kepada-allah-subhanahuwataala-dari-empat-hal/
[2] Sumber dari http://www.suara-islam.com/read/index/7226/Dahsyatnya-Tujuh-Tingkatan-Neraka-Menurut-Al-Quran-dan-Hadits-

Comments