Menulis...?? Apaan tuh..?

Wednesday, February 08, 2012

Ilustrasi Menulis

Menulis, hmmm....
Maksudnya apa ya ....???

Menulis mungkin sudah sngat akrab di telinga para sobat blogger semua. Bahkan, semua orang sudah mengenal, apa itu menulis. Tapi, sudahkah kita membuat tulisan kita sendiri..? jika sudah, apakah kemudian di publikasikan ke publik..? Jika belum, mari simak artikel ini dengan cermat yaa...,,,
Bagi yang ingin memulai menulis dan membuat blog, bisa juga loh mengikuti saran saya pada artikel ini.


Sebelum menulis, Langkah Pertama dalam membuat sebuah Tulisan yang baik adalah "mencari ide" . Bagaimana caranya..? oke akan saya beri tw rahasianya..?

1. Sering - seringlah berdiskusi dengan rekan - rekan seperjuangan, murabbi / guru / dosen kita. tipsnya.: Bagi anak kuliahan, aktiflah pada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bermanfaat untuk kita. Artinya bermanfaat yakni, ada yang bisa kita dapat dari kegiatan - kegiatannya. Untuk anak sekolahan, saya sarankan untuk ikut OSIS maupun ROHIS. Karena, dalam organisasi tersebut biasanya banyak sekali pribadi - pribadi unggul, yang pemikirannya berbeda - beda dan di butuhkan oleh kita.


2. Saat mendapatkan ide, "lansung tuliskan"di selembar kertas, or di ketik di komputer, labtop, netbook, ipad, dsb. Contohnya, ketika saya memikirkan diskusi saya dengan para senior - senior saya yang beraliansi pada Lembaga Dakwah Kampus pada menjelang tengah malam. Maka hal yang saya lakukan pada waktu itu adalah, langsung saya ketikkan pada netbook saya hingga selesai tengah malam. Kemudian pada esok harinya saya publish di Web ROHIS MAN 2 Kota Bekasi, dan Alhamdulillah menjadi Artikel Populer ke-dua setelah entri pos Download dari Blog tersebut.
Kalo tidak percaya silahkan lian di http://www.rohisman2kotabekasi.com/2012/02/blog-vs-facebook-antara-peningkatan-vs.html .

 Langkah Kedua dalam membuat sebuah Tulisan yang baik adalah "membuat Artikel yang berbobot" .

1. Cobalah untuk gemar membaca. Hal ini mutlak ada pada diri seorang penulis, atau bila boleh saya bilang, ini merupakan modal dasar dari menulis. Tipsnya, cobalah mencari apa kegemaran / hobi kita. Lalu, cobalah cari buku, majalah, novel, atau artikel apapun baik yang sifatnya online (Dapat bacaan dari internet) maupun offline (koran, buletin, dsb). Nanti setelah itu, lama kelamaan kita akan senang membaca, dan kemudian merembet ke topik bacaan yang lain.

2. Bila posisi kita adalah seorang blogger :
>>cobalah untuk blogwalking atau istilah lainnya adalah "jalan - jalan" ke blog orang lain. Kemudian lihat bagaimana kualitas artikelnya. Selain bermanfaat untuk referensi tulisan kita, hal ini bermanfaat juga untuk referensi tampilan blog kita.
>>kalo mau Copas alias Copy Paste dari blog ataupun website orang lain, sertakan juga sumbernya.

3. Bertanyalah pada orang yang kita nilai punya keahlian menulis yang baik. Bila perlu ikut sebuah lembaga pers di kampus (bagi Mahasiswa), Ekskul yang ada kegiatan menulis (bagi pelajar),.


4. Kalo bisa buat artikel kita agar lebih komunikatif , yakni sesuai dengan bahasa orang - orang yang menjadi target pembaca kita. Contohnya, buang jauh - jauh penggunaan EYD pada "tulisan di blog" kalo yang menjadi target pembaca kita adalah kaum muda.



Langkah Ketiga dalam membuat sebuah Tulisan yang baik adalah "meminta saran" .


1. Setelah selesai membuat Artikel, jika ingin artikel kita lebih bernilai, maka jangan langsung di publish. Cobalah kita berikan kepada teman, dosen, orang tua, atau siapa saja , kemudian mintalah saran atau pendapat mereka.



Langkah Keempatdalam membuat sebuah Tulisan yang baik adalah "mem-publishnya" .


1. Apabila artikel yang kita tulis sudah selesai. Cobalah untuk mem-publishnya, baik di buletin, Majalah, ataupun blog, janganlah takut untuk mem-publishnya. Karena takut mem-publish artikel kita adalah biang kegagalan dari pembuatan artikel yang baik. Sekurang - kurangnya, Artikel kita masih bisa bermanfaat bagi para pembacanya.


Terimakasih banyak, syukron katsiron, kepada para pembaca yang telah bersedia meluangkan waktunya umtuk membaca artikel Saya, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ