Langkah – langkah praktis membuat cerpen menjadi best reading

Langkah - langkah praktis membuat cerpen menjadi best reading  

Sebelumnya, saya berharap banyak untuk masukan dari temen2, apakah artikel saya kali ini bermanfaatkah?, ada yang kurangkah?, atau masih bingung..?

Yaudah deh, biar agak makin bingung, langsung aja saya beberkan kiat2/langkah2nya.., disimak baik2 ya...,



Oh ya, kiat ini saya peroleh ketika saya menonton anime clannad, dan beberapa anime yang lainnya.

1. Buat konsep cerita dengan sangat detail dan baik.

2. Pikirkan benar – benar karakter tokoh utamanya. Seperti, kebiasaan, sikap, hobi, dsb. Kalau bisa se-rinci mungkin.

3. Pikirkan dan buat alur ceritanya sematang mungkin. Kalau perlu, setelah alur ceritanya selesai baca berulang – ulang sampai dirasa ada yang kurang atau perlu di perbaiki kemudian kita tambah dan atau kita perbaiki. Jangan lupa minta saran juga dari keluarga, sahabat, rekan kerja, dsb.

4. Dalam alur cerita, sebaiknya di perkenalkan tokohnya satu per satu, jangan langsung semuanya. Misalkan, kita buat cerita yang sampai sepuluh bagian dan ada lima karakter utama, maka karakter paling utama di kenalkan di awal bagian, namun untuk karakter kedua bisa pada bagian kedua, karakter ketiga pada bagian kelima, karakter keempat pada bagian ke tujuh, dsb. intinya, sebaiknya diberi jarak untuk memperkenalkan karakter pada pembaca.

5. Buat problem di alur cerita berakar, alias jangan hanya satu masalah saja yang di tampilkan. Namun, tetap kondisikan agar cerpen yang kita buat menjadi tidak hilang kualitasnya hanya gara – gara ada bagian di problem cerita yang kurang bagus.

“Problem pada cerita adalah kunci, untuk tetap menarik perhatian pembaca. Untuk itu, kita harus berhati – hati dan memikirnya dengan matang alur problem yang akan kita buat.”

6. Buat cerpen menjadi beberapa bagian, dengan catatan pada akhir cerita pada tiap bagian sebelum bagian akhir dibuat pembaca menjadi penasaran.

Sebaiknya jangan langsung mem-posting seluruh bagian cerpen.

7. Bila di posting pada blog, bisa kita pasang musik yang sesuai dalam kondisi alur cerita yang kita buat. Pasang widget musik di atas artikel, lalu kita tulis “Sebelum membaca, sangat direkomendasikan untuk memutar musik ini”. Lalu, setelah itu pembaca akan meng-click widget musik pada blog kita.

Musik yang dipakai lebih baik musik2 instrument, jangan musik2 yang ada vokal suaranya. Apalagi musik2 loud.

8. Pakai sedikit imajinasi. Misal, agar pembaca terharu bisa kita buat tokohnya itu tiba2 menghilang karena kebahagiaannya.

9. Pada tiap2 karakter, sebaiknya dibuat agar memiliki problem2 tersendiri. Misal, tokoh A problem a, tokoh B problem b, tokoh C problem c, dsb.

10. Kalau dalam cerita anime Clannad, alur ceritanya : bagian awal sudah ada problem, bagian pertengahannya ada event humor sekaligus problem2, dan pada endingnya sangat membuat haru.


Ya, mungkin hanya segitu aja yang dapat saya share pada kesempatan saya kali ini. Bila mungkin di antara sobat para pembaca tidak percaya pada kiat2 saya mungkin karena pada blog saya belum ada cerpennya. Tapi saya memberikan kebebasan pada sobat semua untuk percaya ataupun tidak pada kiat2 saya kali ini. Karena, saya tau masih banyak sekali kekurangan pada diri saya. Untuk itu saya ingin sekali banyak masukan dari sobat semua, mengenai kiat2 saya pada kesempatan kali ini.

Comments