Sony Vaio yang ngak akur dengan Windows 10

Thursday, March 23, 2017

Salah satu tipe Sony Vaio yang ngak akur dengan windows 10
Sobat pengguna laptop bermerek SONY Vaio?, Sistem Operasi bawaannya masih Windows 7?, Mau coba pake Windows 10?, bermasalah ngak ya?, drivernya kompatibel ngak nih?. Baiklah, gue akan menjawab rasa penasaran sobat. Cek ki Dott..

Sebenarnya, setahun sebelum Microsoft merilis secara resmi Windows 10 untuk kalangan umum, SONY sudah secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya telah melepas seluruh lini usaha komputer/PC/Laptop bermerek VAIO.

(Lalu, nasib VAIO gimana nih kang?)

laptop VAIO (tanpa merk SONY) https://us.vaio.com/
Tenang sob, mereka masih hidup kok. Walau sekarang tanpa embel-embel SONY. (Lalu kenapa emang akang SONY melepas ujang VAIO?).

Sony sold its PC business to the investment firm Japan Industrial Partners in February 2014 as part of a restructuring effort to focus on mobile devices. (dari akang Wikipedia). Jadi begini, menurut akang Wikipedia bahasa Inggris, SONY melepas usaha PC (VAIO) pada Februari 2014 karena ingin berfokus pada usaha mobile device alias gadget. Walaupun begitu, SONY masih memiliki saham pada VAIO, meski tidak terlalu besar, hanya sekitar 5 persen saja.

SONY melepas VAIO pada Februari 2014, kemudian Microsoft merilis Windows 10 untuk umum pada Juli 2015. Nah loh, kebayangkan sedikit banyak gambaran, kenapa laptop SONY VAIO banyak yang tidak akur dengan windows 10. (kenapa emangnya kang? kita orang pembaca masih pada bingung!?)

Sabar kakak, kita orang ini mau jelaskan.. (Kenapa jadi kayak orang timur ini bahasanya ya XD)

Oke, secara tidak langsung karena SONY sudah tidak memproduksi laptop maupun PC. Maka, secara tidak langsung pula, mereka menstop dukungan pada driver laptop yang telah mereka keluarkan. Tapiiiii, yang jadi pertanyaan ialah. Windows 10 itu bahkan mendukung PC dan Laptop jadul. Gue sendiri udah pernah coba ke Laptop klien gue yang super duper juaduull benerrr. Dan masih oke oke aja toh. Seharusnya, kalau laptop dan PC jadul bisa di-instal Windows 10, kenapa laptop VAIO (yang masih ada merek SONY) tidak bisa?

Hayoo, bingung kan?

Semenjak gue beli laptop SONY VAIO bekas (kurang lebih sudah setahun yang lalu), gue udah langsung coba Instal Windows 10. Lalu, Voooiillaaa. drivernya bermasalah. Udah coba cari-cari caranya ke forum-forum online, mbah Google, sampe-sampe kuota ludes. Akhirnya gue menemukan pengumuman ini :
https://www.sony-asia.com/microsite/support/win10/en/index.html

Rupanya pihak SONY masih merasa bertanggung jawab, dengan menampilkan pengumuman ini. Jujur aja gue rada kaget. (Loh kenapa kang?), Lha, wong ternyata laptop SONY VAIO yang 'sepertinya' mendukung Windows 10 ialah laptop yang minimal sudah terinstal windows 8 secara preisntalled, alias sudah dari pabrikan SONYnya menggunakan windows 8. 

Sayang seribu sayang, Laptop bekas SONY VAIO gue bertipe VPCCA35FG yang sudah preinstalled Windows 7. Jadi mau ngak mau harus angkat tangan, dan lanjut menetap di Windows 7. Ya, Alhamdulillah deh, yang penting masih bisa di pakai untuk kuliah serta skripsi.

Kalau sobat punya laptop SONY VAIO dengan sistem operasi defaultnya Windows 7, lebih baik baca dulu pengumuman ini :

Tipe SONY VAIO gue
Keterangan
Pada link tersebut, sobat bisa cek permasalahan apa yang timbul bila sobat menginstal Windows 10 pada laptop SONY VAIO berbasiskan Windows 7.

-----

"Cukup sampai di situ. Gue akan mencobanya sendiri. Dan lihat hasilnya, siapa tau berhasil instal Windows 10 tanpa ada masalah."

Itulah yang gue pikirkan setahun yang lalu, dan rupanya tetap bermasalah. Kalau gue Instal metode Clean Install alias seluruh data Windows 7 gue hapus, lanjut instal Windows 10. Normal sih, sampai gue mencoba instal driver VGA. Itu ya aammmpppuunn... kuuaasseelll deh. (kalau sobat ingin tau rasanya kesel gue kayak gimana, silakan sobat coba instal windows 10 pada laptop SONY VAIO dengan VGA hybrid kayak gue).

Setelah itu, gue tidak menyerah. Gue coba instal lagi secara clean install Windows 7, berikut drivernya. Kemudian, gue pilih opsi Upgrade. Dan, Alhamdulillah. BERHASIL.

Tapi kok, tapi kok. ini startupnya lama banget ya. Masa nyalain laptop dengan OS yang katanya lebih ringan dari Windows 7 itu, harus nunggu sampe 5 menit?. Padahal, pas sebelumnya gue pake Windows 7, startupnya cuman 1 menit aja. ngak apalah lama, yang penting udah Windows 10. Dan bisa bermain-main dengan asistant digital si mba Cortana. Sampai di suatu hari, gue mencoba konsultasi dengan dosen, lalu hendak membuka hasil ketikan gue di MS. Word. Tapi nunggu startupnya lama. heeehhh.... gregetan banget dah.

Karena itulah gue kembali menggunakan Windows 7.

Itu kejadian setahun lalu, kemudian gue penasaran lagi. Sekitar dua hari lalu, gue kembali mencoba instal Windows 10 pada SONY VAIO VPCCA35FG gue. Sampe gue berhasil mendapat sebuah kesimpulan. "Laptop gue ngak bakalan cuocok di Install pake Windows 10".

Sudahlah, lebih baik tetap di Windows 7 yang bebas dari masalah. Tidak memakan banyak kuota internet (karena fitur automatic updatenya bisa kita matikan), privasi lebih terjaga (karena Windows 10 mengirimkan banyak data penggunannya ke Microsoft), dan yang terpenting, gue masih bisa make Photoshop, Corel, Premier, serta masih bisa skripsian.

Sekian aja postingan kali ini, And See You On The Next Post.. :D

Sumber Ilmu :

http://www.sony.co.id/support/product/VPCCA35FG
https://www.sony-asia.com/microsite/support/win10/en/index.html
https://www.sony-asia.com/microsite/support/win10/en/windows10_7.html
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/06/1535485/Sony.Resmi.Lepas.Bisnis.PC.Vaio
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10
https://us.vaio.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/Vaio

You Might Also Like

0 comments

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ