Muslim Guide Apps on Windows 10 Mobile

Sunday, May 08, 2016

Kumpulan Aplikasi Muslim di Windows 10 Mobile gue
Halo sobat semua, udah super duper lama nih gue ngak update-update blog. Sorry ya, gue lagi sibuk buat mikirin sekeripsi nih sob. Tapi ya sudahlah, sobat pasti males kalo dengerin curhatan sekeripsi gue. he.he.he..

Oke langsung ke TeKaPe,

Windows 10 mobile, sobat tahukah apa ini? (ohh itu ya, komputer di rumah udah Windows 10 kang hilmy :D), yaaa itu termasuk dalam keluarga Windows 10. Tapi yang gue maksud itu Windows 10 mobile, inget sob ada kata 'mobile' dalam artian Windows 10 nya itu bisa jalan di mobil. Loh XD,
Sory sob, becanda. Yang bener Windows 10 Mobile ialah OS alias Operating System atau bahasa kerennya Sistem Operasi pada perangkat mobile khususnya Smartphone.
Ilustrasi dari http://www.coolsmartphone.com/2015/12/16/windows-10-mobile-users-to-get-updates-directly/
Nah itu yang gue tau, sedangkan kalo kita menilik ke pencarian Google, maka kita akan menemukan tafsiran dari situs Wikipedia (bhs Inggris) sebagai berikut : "Windows 10 Mobile is a mobile operating system developed by Microsoft. It is an iteration of the Windows Phone product line and a successor to Windows Phone 8.1, but is marketed as being an edition of Windows 10, Microsoft's operating system for personal computers, as part of Microsoft's plans to unify their platforms into one converged operating system". (https://en.wikipedia.org/wiki/Windows_10_Mobile)

(Artinya apa tuh kang hilmy?), waduh, sobat ngak tau?, ini nih tafsirannya menurut gue alias kang Hilmy version XD; "Windows 10 Mobile ialah sistem operasi yang dikembangkan oleh pabrikan Microsoft. Di mana Windows 10 Mobile ini merupakan suksesor dari Windows Phone 8.1. Selain itu, Microsoft berencana untuk menggabungkan semua jajaran OS Windows 10 (Mobile dan PC) sebagai satu kesatuan".

Nah, jadi kalo komputer atau laptop sobat sudah pake OS Windows 10, sobat bisa sinkronisasi akun sobat. Kalender, jadwal, kontak telepon dan email, sampai ke aplikasi bisa sobat sinkronisasi antara PC ber-OS Windows 10 dengan Smartphone Ber-OS Windows 10 Mobile. Dengan syarat, smartphone dan PC sobat terkoneksi dengan internet.

(Dari tadi bahas perkenalan Windows 10 Mobile terus nih, kita udah ngak sabar nih mau liat list aplikasi 'muslim guide' nya kang Hilmy nih)

oke oke, buat sobat yang udah ngak sabar, ini dia aplikasi Muslim pilihan gue yang InshaAllah bermanfaat banyak buat sobat semua :D 

Aplikasi Muslim Guide di Windows 10 Mobile gue

Yang Pertama

My Prayer
Aplikasi My Prayer

Bagi seorang muslim, sangat penting mengetahui kapan waktu masuk solat. Apalagi kalo sobat seorang muslim yang punya targetan solat 5 waktunya tepat waktu. Maka, aplikasi ini sangat pas buat sobat para pengguna Windows 10 Mobile.

Sebelumnya, gue udah coba berbagai aplikasi pengingat solat yang lain. Cuman banyak masalah yang gue temuin. Seperti, muncul banyak iklan, aplikasinya terlalu berat (karena di bundling dengan banyak fungsi), notifikasi adzan bermasalah, ataupun waktu solat yang tidak begitu akurat. Meskipun begitu, banyak juga yang menyediakan fitur pengoreksi jadwal solat. Jadi, kalo jadwalnya kurang pas, sobat bisa rubah sendiri jadwal solatnya agar lebih pas.

Nah, dari berbagai macam aplikasi pengingat solat yang gue coba. Aplikasi My Prayer inilah yang paling cocok. Selain dari ukurannya yang ringan (sekitar 5,55 MB), prosesnya juga ringan karena tidak terlalu banyak fitur alias fokus hanya sebagai pengingat solat.

Pada aplikasi my prayer ini, sobat bisa mengatur lokasi, metode jadwal solat, notifikasi (alarm dan live tile), dan pengaturan manual jadwal solat. Plus ada pula kompas untuk melihat arah kiblat (meskipun gue belum uji coba keakuratan kiblatnya, karena Smartphone Lumia 535 yang gue pake tidak ada kompas di dalamnya)

Sobat bisa unduh aplikasi my prayer pada link ini : https://www.microsoft.com/id-id/store/apps/my-prayer/9wzdncrfj1vq

Pada penjelasannya seinget gue ada tulisan 'dikembangkan untuk Windows Phone 7', tapi sobat ngak usah khawatir. Sebab, aplikasinya tetap lancar di pake di Windows 10 Mobile :D

Nomor dua

Tanya Ustadz

Aplikasi Tanya Ustadz
Aplikasi ini berisi berbagai macam pengetahuan mengenai Islam. Mulai dari kesehatan, akhlak, ramadhan, aqidah, fiqih, manhaj, sampai mengenai wanita. pokoknya komplit dah.

Walau begitu, dalam menggunakan aplikasi ini sobat harus terkoneksi dengan internet. Karena artikel dalam aplikasi ini bersumber dari situs https://konsultasisyariah.com/ .

Ketiga

Easy Zakat
Aplikasi easy Zakat
Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Jadi, buat sobat yang udah punya kewajiban untuk berzakat segera laksanakan. Kalo ngak, waduh sobat bisa-bisa ngak diakui ke-Islam-annya. Tapi gimana caranya?, hitungannya gimana?, tau udah wajib zakat gimana?

Nah jawabannya ada pada aplikasi Easy Zakat ini. Pada aplikasi ini sobat bakal tau pengertian Zakat, syarat wajib zakat, sampai hitung menghitung zakat. Pokoknye komplit dah mengenai zakat. Meski begitu komplit, aplikasi ini hanya memakan ruang sebesar 608,57 KB. Sehingga selain memakai ruang memori yang sedikit, aplikasi ini berjalan sangat ringan dan lancar.

Masuk ke yang ke-4

Muslim Kids Series: Dua


Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa, mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur. Banyak do'a yang di ajarkan beliau, namun kalo sobat belum tau apa aja sih do'a - do'a yang penting banget buat kita panjatkan, aplikasi 'Muslim Kids Series: Dua' ini dapat membantu sobat.

Dalam aplikasi ini terdapat 39 do'a - do'a harian yang penting banget buat kita panjatkan. Mulai dari do'a bangung tidur, keluar - masuk WC, ketika berwudhu, naik kendaraan, sampai do'a ketika hendak tidur.

(Do'a - do'a yang terdapat di aplikasi ini beneran di ajarin Rasul ngak?, kalo ya mana haditsnya?)

Tenang sob, pada setiap do'a yang kita klik, kita bisa juga melihat referensi hadist mengenai do'a tersebut. Jadi, ngak usah khawatir ya sob :D


Wow udah yang ke-5

untuk ke-5 dan lainnya berlanjut ya sob ;D

UPDATE:
Lanjutan artikel ini bisa di baca di link berikut :
http://hilmynotes.blogspot.co.id/2016/05/muslim-guide-apps-on-windows-10-mobile_18.html

Sampai jumpa pada lanjutan artikel berikutnya, tetap semangat dan terus belajar

You Might Also Like

0 comments

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ