Back to past; serunya nonton Anime Inuyasha

Ilustrasi dari youtube.com
Anime, anak muda mana yang sekarang ngak tau apa itu anime. Kalau sobat belum tau, ini gue jabarin penjelasan singkat dari gue; Anime, merupakan kata serapan dari Animation yang artinya tentu sangat jelas, yakni sebuah film berbentuk animasi. Kalau kata orang awam sih, sama aja kayak kartun. Tapi para penggemar anime tentu tidak suka anime disebut setara dengan kartun. Kenapa? why? kalau bahasa Jepangnya naze なぜ ?, 


Karena pada umumnya, kartun identik dengan film khas yang khusus dibuat untuk anak-anak. Sedangkan dalam industri animasi Jepang yang lebih dikenal dengan anime ini, film animasinya tidak memfokuskan diri untuk menyasar penonton usia di bawah 10 tahun. Bahkan, sangat banyak film anime yang produksinya dikhususkan untuk para penonton yang sudah memasuki usia remaja. Contohnya pada anime InuYasha ini, yang produksinya menyasar untuk penonton usia 13 tahun ke atas , Lengkapnya, yuk lanjut baca sampai selesai :D

Sebelum bahas lebih lanjut, ini gue kasih informasi umum dari anime InuYasha yang gue dapet dari situs myanimelist.net ;

Sumber : myanimelist.net
Information

Type             : TV
Episodes      : 167
Status           : Finished Airing
Aired            : Oct 16, 2000 to Sep 13, 2004
Premiered     : Fall 2000
Broadcast     : Unknown
Producers     : Yomiuri Telecasting Corporation
Licensors      : Viz Media
Studios         : Sunrise
Source          : Manga
Genres       : Action, Adventure, Comedy, Demons, Fantasy, Magic, Romance, Shounen, Supernatural
Duration       : 24 min. per ep.
Rating          : PG-13 - Teens 13 or older

Pada informasi di atas, bisa kita lihat kalau anime InuYasha ini menyasar untuk kalangan remaja. Maka sudah tentu anime ini sangat tidak pas buat para anak-anak. Tapi terlepas dari itu, mari intip review gue mengenai anime ini. (sory ya, dari tadi bukannya langsung nulis review, tapi basa-basi terus he.he..he..)

Review gue

Semenjak kecil entah itu tahun 2000-an, anime banyak bergentayangan di stasiun TV lokal Indonesia. Termasuk salah satunya ya anime InuYasha ini. Namun, bagi sobat yang dulu juga pernah nonton anime InuYasha di TV lokal, tentu tau kalau tayangannya tidak di rilis sampai selesai. Kenapa ya?, kurang dana?, atau mungkin, karena semakin banyak adegan yang kurang pas buat anak? (misal, pacaran atau mungkin karena banyak adegan pembunuhan ??). Maklum lah, ketika itu, anime ini di tampilkan setiap minggu pagi. Pas banget kan jamnya anak-anak nonton TV he..he... Tapi karena waktu itu gue masih berasa polos, sampai ngak ngerti tuh pacaran itu makanan apa XD. Jadi pas ada adegan, pegangan tangan, tatap-tatapan, muka memerah, dsb. Ya berasa bingung. XD

Barulah, sekarang-sekarang ini merasa ternyata adegan-adegan itulah yang bikin anak-anak 'penasaran' dengan pacaran. Maka, sudah sepantasnya anime ini tidak dilanjutkan untuk tayang pada minggu pagi. Mungkin aslinya kalau di Jepang, Anime ini tayang jam 10 malam kali ya, pas jamnya anak-anak pada tidur.

Oke, lanjut lagi ke review

Seminggu lalu, gue dapet copy data anime InuYasha dari temen gue. Sempet mikir 2 kali sih sebelum copy ini anime. Karena resolusinya kecil banget, cuman 320p doang sob. Bayangkan, 320p?, yakin bisa jelas nonton?, kalau nontonnya di smartphone sih bisa keliatan jelas. Tapi kalau nontonnya di PC atau laptop?.

Setelah lama mikir, gue memutuskan untuk lihat informasi ukuran semua filenya yang berjumlah 167 episode itu. Klik kanan, properties. Jedaarrrrr... Wakwawww, maknyus luar biasa. Ukuran filenya sebesar 5,25 GB. hmm,, akhirnya gue nonton dulu 1 episode, setelah pada akhirnya gue copy juga ke Harddisk gue. :D

Screenshoot epd 1 (InuYasha ketika mencuri Shikon no Tama alias bola arwah)
Berbeda dari anime baru-baru ini. Anime keluaran sebelum tahun 2011 menurut gue (inget ya, ini menurut gue XD), walau kualitas gambarnya tidak sehebat anime keluaran tahun ini, tetapi memiliki kualitas alur cerita yang sungguh luar biasa. Memang tidak semua anime keluaran sebelum tahun 2011 memiliki alur cerita yang bagus, tidak pula anime setelah tahun 2011 juga memiliki alur cerita yang tidak pas. Akan tetapi, entah cuman gue aja atau mungkin yang lain juga beranggapan sama kayak gue. Anime makin ke sini, serasa makin turun dari segi kualitas cerita.

Well, setelah menonton kurang lebih 90-an episode. Gue menyadari, bagitu spektakulernya alur cerita anime InuYasha ini. Apalagi buat sobat yang suka genre romance. Balutan imajinasi dunia fantasi yang mengisahkan dua makhluk berbeda dari dua jaman yang berbeda, di mana keduanya dipertemukan oleh sebuah lubang waktu misterius, yang kemudian menuntun keduanya untuk saling jatuh cinta. (Ciyee ciyee..)

Kikyo (sumber : http://inuyasha.wikia.com/wiki/Kiky%C5%8D)
Belum lagi konflik balas dendam yang begitu rumit. Seperti, ketika kikyo (sang mantan XD) menaruh dendam besar kepada InuYasha yang telah mencuri Shikon no Tama alias bola arwah. Padahal, di saat yang sama, InuYasha juga merasa kikyo berkhianat kepadanya, karena tiba-tiba melesakkan panah yang hampir mengenainya. Selidik demi selidik, ternyata ada pelaku di balik rasa saling dendam antara kikyo dan InuYasha. Atas dasar plot inilah, cerita spektakuler masih berlanjut hingga 90 lebih episode yang gue tonton. Entah sampai episode berapa alur plot ini berlanjut. Yang jelas, gue dibuat terlena dan tidak bosan untuk terus menonton lanjutan episodenya.

Gampang di cari

Ketika gue buka Youtube, terus ketik 'InuYasha' di kotak pencarian. Banyak banget yang keluar. Dari InuYasha season 1 yang berjumlah 167 episode, yang kini masih gue tonton. Final Act alias season 2nya yang berjumlah 26 episode. Sampai ke film layar lebarnya yang di total ada 5 series. So, buat sobat yang mau nonton streaming bisa kunjungi youtube. Tapi hati-hati dengan kuota sobat ya?, gue ja yang 320p per episode ukurannya 30mb-an. Yang di total jadi 5 Gb-an. Apalagi youtube? yang kalau setting-an resolusinya tidak dirubah alias otomatis?. Kecuali kalau sobat punya WiFi gratis, bolehlah bagi-bagi kuotanya XD.

So, buat sobat yang suka alur cerita romance. Recomend banget deh sama anime InuYasha. Dengan alur cerita spektakuler plus bumbu komedi plus fantasi, yang tentu membuat sobat tidak bosan untuk terus menonton setiap episodenya.

Oke, thank's buat sobat yang sudah baca artikel gue kali ini. See You On The Next Post

Comments