Alhamdulillah, SMK Telekomunikasi Telesandi JUARA kembali dalam lomba desain

Aldhira (kiri), M Ibnu Bahi (Tengah) mendapat juara 1 dan 2 dalam lomba desain di SMAN 4 Kota Bekasi
Halo sobat semua, udah tak terhitung dah berapa banyak artikel yang gue tunda-tunda. (beeuuhhh..dah kayak penulis buku aja nih kang hilmy). Padahal itu cuman alesan yang gue buat biar terkesan uwoww gitu. hehehe.

Oke, skip lah alesan-alesan konyol yang membuat gue males update blog ini lagi. Langsung aja dah gue cerita inti dari postingan gue kali ini. So, kali ini gue mau cerita kisah cinta putri salju yang ternyata dia bernama siti aja. Alkisah.. si Siti aja ini sudah kelamaan tinggal di kampung. Kampungnya kebetulan ada di Barat bagian Jawa. (ya kali.. :D). "ini teuh naon.." ucap si Siti aja. "Ini teh pucuk" ucap akang ulat yang muncul di iklan TeVe.

Habis itu... Bentar-bentar, ini kok gue malah cerita ngak jelas gini ya. XD

Balik lagi dah, sesuai sama foto yang gue pajang di awal post ini. Ada 2 orang dari siswa kelas XI Multimedia dari 4 orang siswa yang gue ajak ikut lomba desain ini menang Juara 1 dan 2 SESE---KALIGUS. muantep dah.

Bagaimana ceritanya? jadi, pada hari kamis lalu tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2019. Gue minta pak fiscal (guru multimedia juga di SMK Telekomunikasi Telesandi), untuk mengirimkan info tentang lomba di SMAN 4 Kota Bekasi. Salah satu dari sekian banyak lomba yang digelar adalah lomba desain grafis. Langsung aja deh, gue cek-cek kapan mulai lombanya.

Habis gue cek mulai dari aturan lomba, tanggal dan teknis lomba. Gue langsung sounding ke kelas-kelas yang gue ajar. Kebetulan kelas 11 semua.

"ini saya dapat info mengenai lomba desain di SMAN 4 Kota Bekasi, lombanya hari Sabtu tanggal 7 September. Tapi saya baca di persyaratan lombanya, maks hanya boleh membawa 2 peserta. Maka dari itu, yang mau ikut lomba bisa datang Hari Sabtu (31 Agustus) untuk mengikuti seleksi dari saya. Oke." Ucap saya di hadapan para siswa kelas XI Multimedia.

Tidak lupa gue ajak juga Bintang dari kelas XII Multimedia 2 untuk ikut. Agar nantinya, Bintang bisa memberikan pengalaman dan ilmunya ketika ia berhasil meraih juara 1 dalam lomba desain di kampus Bina Insani (lengkapnya bisa cek di link ini : http://hilmynotes.blogspot.com/2019/05/smk-telkomunikasi-telesandi-juara-1-dan.html).

Tibalah hari Sabtu. Hari dimana terkumpul 3 orang. Yaitu Aldhira dan Ibnu Bahi dari kelas XI Multimedia 1 dan Ferdi dari kelas XI Multimedia 3. Plus Bintang dari kelas XII Multimedia 2. So, para siswa yang ikut ini memang benar-benar berniat untuk ikut lomba. Dan mereka tidak hanya punya keinginan kuat untuk ikut lomba. Tapi memang desain-desain yang mereka buat bener-bener uedaann dah gaann..

Bayangin aja, mereka bisa buat desain manual di Photoshop. Bahkan sampai ada yang pakai alat Pen Tablet. Gimana? keren kan?. (ahh.. biasa aja itumah). Inget ya, mereka membuat desain poster itu MANUAL dari nol. Alias tidak ada campur tangan internet (bahasa kerennya, nyolong gambar di internet :D). Cool....!!!

Setelah selesai, gue lihat desain-desain yang mereka buat. Dan ternyata, memang kuacauu alias Kuereenn Caauuu.. Gue kasih waktu sekitar 3 jam. Tema untuk desain baru hari itu juga gue tentuin. Eh mereka udah bikin desain yang gokil abis dah. Bayangin, gimana kalau gue kasih tau temanya jauh-juah hari. Wah udah pasti hasilnya jauuuhhh lebih ganas dah.

Setelah audisi dan melihat hasil desain Aldhira, Bahi dan Ferdi ini. Gue berencana untuk mengikutkan mereka semua. Walau di persyaratan hanya boleh membawa 2 peserta. Tapi apa salahnya kita bertanya dulu kan ke panitia. (iye deh kang.. terserah akang aja). (Bentar-bentar, ini ada Aldhira, Bahi sama Ferdi. Lah itu si Bintang kemana??). Oh iya, gue lupa bilang ya. Karena Bintang memang saya plot untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Jadi Bintang ini saya tidak ikutkan untuk audisi, melainkan sudah otomatis akan ikut lomba.

Habis gue tanya boleh bawa 4 orang apa ngak, eh si neng panitia bales chat gue dengan kalimat "boleh banget ka". Yuuhuu.. Langsung aja dah gue persiapkan ke-4 orang ini untuk ikut lomba. Alhamdulillah. Langsung dah tancap gas untuk buat proposal ke sekolah.

Lanjuttt. Pada hari seninnya tepatnya tanggal 3 September sepulang sekolah. Gue mengumpulkan para siswa yang akan ikut lomba desain. Lalu, saya minta Bintang untuk menshare cerita pengalamannya ketika mengikuti lomba desain di Bina Insani. Karena teknis lombanya mirip. Yaitu lomba desain, tapi lombanya on the spot. So, ini yang dinilai bukan hanya dari segi desainnya. Tapi juga dari teknik dalam penggunaan software.

Software yang akan digunakan hanya Adobe Photoshop. Durasi "hanya" 150 menit dan tidak boleh menggunakan pen tablet. wooww. Untuk bagian software hanya boleh menggunakan photoshop dan tidak boleh menggunakan pen tablet sih menurut tim kami tidak masalah. Yang jadi tantangan di sini adalah waktu yang hanya 150 menit ini loh. Oh ya, diperaturan juga tertera "harus menggunakan bahan dari panitia". Jleb . Sumpah dah ini peraturan, bener-bener menantang. So, dengan segera kami menyusun segala macam strategi untuk bisa memenangi lomba ini.

Ketika meeting di hari Senin itu, Bintang menuturkan tips-tipsnya agar bisa memenangi lomba. Diantaranya :

1. Lihat temanya. Karena tema lomba desain yang akan tim kita ikuti ini tentang era change. Maka sudah pasti yang banyak orang pikirkan adalah tentang teknologi. Menurut Bintang, jangan berpikiran mainstream seperti itu. Coba pikirkan ide lain, misal pemanasan global, kurikulum atau yang lainnya. Kemudian bisa kita mix 1 ide itu dengan ide konsep teknologi. Maka hasilnya akan berbeda dan bisa menjadi nilai plus untuk nantinya.

2. Apa saja yang akan dinilai. Dalam lomba kali ini, yang dinilai yaitu; kesesuaian tema, teknik desain, makna desain dan estetika. Untuk kesesuaian tema sudah dibahas dalam point 1. Lanjut adalah teknik desain. "ketika kalian mewarnai suatu objek, jangan pakai satu cara saja. Coba pakai 3 cara. Misal pakai paint bucket, lalu objek yang lain pakai gradient tool, dan objek yang 1 lagi pakai blend option", Bintang menerangkan kepada adik-adik kelasnya.

3. Makna desain. Untuk makna desain ini, saya dan Bintang menyampaikan kepada tim. Coba dalam waktu 5 hari ini pikirkan konsep yang akan dituangkan dalam desain. Latihan coba-coba untuk desain dengan tema atau konsep yang ada di pikiran. 

"Nanti Rabu kita kumpul lagi ya, untuk fiksasi konsep apa yang akan digunakan" (pada kenyataannya, baru bisa kumpul hari Kamis. Karena rupanya hari Rabunya gue jatuh sakit. (uhukk..uhuk...)

4. yang terakhir sudah tentu adalah Do'a. Karena apapun yang kita lakukan, tidak akan berjalan lancar tanpa adanya pertolongan dari Allah. (beeuhhh.. Mantap dah. eh salah, harusnya Bismillah.. :D)

Seperti itulah kiranya pembahasan meeting kita di hari Senin.

Lanjut ke hari Kamis. Hari meeting ke-2 sekaligus fiksasi konsep. Untuk Bintang rupanya dia sudah ada konsep mau buat desain seperti apa. Sementara untuk sisanya, Aldhira, Bahi dan Ferdi. Rupanya masih belum menemukan konsep yang pas. Akhirnya, gue berdiskusi dengan Bintang baiknya seperti apa. Hasil diskusi kami membuahkan hasil untuk memberikan dispensai kepada Aldhira, Bahi dan Ferdi mulai dari setelah istirahat Solat duhur. Agar mereka bisa segera dapat konsep dan tidak sampai larut malam hanya karena memikirkan konsep. Apa gunanya memikirkan konsep terlalu larut kalau besoknya mata menjadi berat, sehingga Jum'at tidak bisa fokus untuk mengikuti pelajaran.

Gue juga berpesan pada tim. "Kita disini ikut lomba tujuannya bukan untuk menang ya. Kita have fun saja. Berikan yang terbaik yang kalian punya untuk kita tunjukkan ke orang lain. dan ingat, singkirkan jauh-jauh kalau saya menuntut kemenangan. have fun saja, kalau menang, Alhamdulillah itu bonus buat kita."

Pada hari Jum'atnya (H-1 lomba niihh...), pulang sekolah gue kembali memberikan sepatah dua patah kata ke tim. Nanti malam, kalian coba-coba lagi buat desain. Karena rupanya si Aldhira ini belum punya konsep yang pasti. Ammppuunnn dah.

"nanti kalian coba-coba lagi buat desain di rumah. Jangan buat 1 desain aja, buat 2 kalau bisa 3 desain. agar misal kalau plan 1 gagal karena konsep kita tidak sesuai dengan bahan yang disediakan oleh panitia, kita masih punya plan B dan C".

"Lalu, apabila sudah jam 10 dan kalian belum selesai latihan. Jangan dipaksakan. Segera matikan laptop, dan LANGSUNG TIDUR. Karena percuma nanti kalau kalian susah payah malam ini kalau besoknya kalian tidak fit. Yang ada, kalian malah tidak fokus dan hasilnya kalian tidak puas dengan desain kalian sendiri. Oke?"

"Oke pak siap..." Jawab tim.

----

Tim lomba desain dari SMK Telekomunikasi Telesandi berpose sebelum mulai lomba :D
Tibalah saat hari Sabtu 7 September 2019. Karena kami diminta hadir jam 8 di SMAN 4 Kota Bekasi. Akhirnya gue memutuskan untuk berkumpul terlebih dahulu jam 7 pagi di sekolah tercinta kita SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Karena jarak SMAN 4 Kota Bekasi yang lumayan juaauuhh dari sekolah kami. Kami dari Kabupaten, sedangkan SMAN 4 Kota Bekasi ada di ujung Kota. Saking ujungnya, nyenggol dikit aja udah nyampe Jakarta kali :D

Dengan bermodalkan moda transportasi online, kamipun berangkat. Sebelum berangkat gue tanya ke tim, "eh gimana semalam. Sudah dapat konsep?". Ada yang bilang "udah pak, tapi desain yang coba saya buat belum selesai, terus saya langsung tidur. Kan bapak nyuruh saya langsung tidur pak". "Oke siap." (Alhamdulillah, yang penting konsep sudah ada.)

Suasana Sebelum Lomba Desain Dimulai
Tepat jam 9 lomba dimulai. Tim dan peserta lain langsung diarahkan oleh panitia untuk memasuki ruangan yang telah disiapkan. Lalu saya menunggu di luar ruangan. Tapi lama-lama gue BeTe. Sampai akhirnya gue jalan-jalan sekitar sekolahan SMAN 4 Kota Bekasi. Foto-foto mading mereka sembari cari inspirasi. Tiduran di depan masjidnya sampai ketiduran sekitar 30 menit. XD. Dannnn, masih belum kelar juga. Yaudah deh lanjut nonton pertandingan basket. Sampai akhirnya handphone gue bergetar. Gue angkat, rupanya Pak Abdul sang master Bahasa Indonesia yang menelpon gue. 

"Assalaamu'alaaikum pak hilmy"

"Wa'alaaikumussalaam warrahmatullah, ada apa pak Abdul?"

"Pak hilmy lagi dimana nih?, saya di sudah di SMAN 4?"

"SMAN 4 mana nih pak, Kota apa Kabupaten". (Sembari gue ngak percaya kalau pak Abdul datang. Karena gue kira pak Abdul Bercanda. :D)

"Kota lah ini."

"Lah serius pak, saya di depan masjid ini nonton basket"

"lah saya juga disini."

dan akhirnya dua sejoli ini bertemu. (Alhamdulillah, ada teman buat ngisi kebosenan gue. Hehehe)

Gue berfoto bareng pak Abdul
Lanjut,

Perlombaan pun selesain. Lalu kami diminta menunggu sampai selepas solat duhur untuk kemudian dilanjut presentasi kehadapan dewan juri.

"Eh gimana tadi?, lancar".
"Alhamdulillah lancar pak." jawab anak-anak.
"kalau bahan yang disediakan panitia bagaimana?"
"Alhamdulillah bahannya sesuai dengan konsep yang kami buat pak"
"Alhamdulillah."

Selepas solat dan makan siang. Kami bersiap menuju ke ruangan lomba untuk presentasi. Alhamdulillah gue bisa masuk buat ngeliatin mereka presentasi. Plus, bisa juga liat presentasi peserta lain. hehehe. Lumayan buat referensi untuk next lomba.

Dari beberapa presentasi peserta yang gue lihat plus presentasi tim SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Gue positif tim kita bisa menang. Karena tim kita rata-rata membuat desain secara manual dan secara konsep nirmana seperti balance, kontras, komposisi dan ritme mereka terapkan dengan maksimal. So, kita tinggal menunggu hasilnya sore nanti. Bismillah..

Sambil menunggu, kami melihat-lihat expo yang SMAN 4 adakan. Ada film, foto dan karya seni.

"pak pak lihat yang showroom film dah pak. Ada yang bagus. --- Laptopnya". XD

Akhirnya gue menuju ruangan film untuk melihat-lihat film. "widiiihhh bagus bener. --- Laptopnya." (gumam gue hehehe XD)

Tim SMK Telekomunikasi Telesandi dan peserta lain menunggu pengumuman hasil lomba desain dan lomba lain
Tibalah saat-saat pengumuman lomba. Dag-dig-dug duaarrrr..

Menunggu - menunggu - dan menunggu. Hmmm... Saking lamanya nunggu. eh udah masuk waktu asar. Panitia memutuskan untuk istirahat dulu dan melaksanakan solat asar berjamaah.

Selepas solat asar, kami lanjut menunggu pengumuman pemenang. Karena banyaknya lomba yang di umumkan. Kami kembali menungguuuuuu luaammaa. Alhamdulillah sekitar jam 4 kurang, pengumuman pemenang pun dilaksanakan.

----

Alhamdulillah kita borong langsung juara 1 dan 2 dalam lomba desain ini. Muantep dah. Gue ucapkan selamat buat Aldhira dan Bahi yang bisa meraih sukses ini. (padahal Aldhira sempat panik sampai H-1 lomba karena konsep belum dibuat loh.. XD). Dan buat Ferdi dan Bintang gue ucapkan terimakasih banyak karena sudah buaannyyakk sekali membantu dalam persiapan tim hingga berhasil meraih juara 1 dan 2 ini. Semoga kedepannya bisa meraih yang lebih baik lagi. Aammiinn..

Gue Berpose bareng tim
Gue berpose lagi :D
Oh ya, sobat pasti penasaran kan karya mereka seperti apa?

oke oke, berhubung gue udah minta ijin ke Aldhira dan Bahi untuk share karyanya di blog. Ini gue kasih.

Karya Aldhira (Juara 1)
Karya Bahi (Juara 2)
Yowis. Sampai disini dulu ya cerita gue. Semoga gue dan sobat semua yang membacanya dapat termotivasi untuk meraih yang terbaik. Karena inipun mereka pertama kali ikut lomba (kecuali Bintang ya). Dan dapat juara untuk pertama kali juga. Alhamdulillah.

And See You On The Next Post. :D

UPDATE!!!

Ini ada timelipes remake desain Aldhrira dari XI Multimedia 1 (juara 1) dimana doi tuh buatnya MANUAALLL. So, daripada penasaran. Yuk cek videonya di :

Comments

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D