SMK Telkomunikasi Telesandi Juara 1 dan 2 Lomba Desain Kartu Ucapan Idul Fitri

Peserta Lomba Desain Kartu Ucapan Idul Fitri Bina Insani
Halo Sobat semua, it's very very long time no write... he.he..he.. Bener deh. Udah setahun kali ada. Kalau ibarat rumah, udah banyak sarang laba-labanya ini dah. Saking ngak ke urus. he..he..he.. 

Oke, pertama gue mau ucapain terimakasih yang seee-guede-guedenya buat sobat semua yang sudah mendo'akan buat kelulusan gue di kampus. Alhamdulillah, bulan maret kemarin gue bisa ikut gelaran wisuda UNJ. ( ͡ᵔ ͜ʖ ͡ᵔ ). Dan alhamdulillah juga, karena dalam perjalanan karir gue. Gue sampai ke sekolah yang sangat luar biasa keren. Sekolah ini namanya SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi.


Di SMK ini, gue baru aja masuk sekitaran 2 minggu. Syukur kembali terucap, karena gue bisa merasakan kembali atmosfer sekolah yang kalau kata orang "masa paling nikmat ialah ketika kita sedang berada pada masa sekolah". Lingkungan sekolah ini benar-benar luar biasa. Menyandang status sebagai Sekolah Menengah Kejuruan, tapi gue merasakan aura Islam yang kental. Mungkin ini sesuai dengan julukan sekolah ini sebagai SMK IT kali ya.. (Information Technology atau Islam Terpadu nih...? ヽ( ͝° ͜ʖ͡°)ノ )

SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi (gambar dari smktelekomunikasitelesandi.sch.id)
Skip aja yuk kita kebahasan utama (oh iya, ini kan mau bahas lomba desain... XD). Jadi, dengan durasi selama sekitar 2 minggu ini berstatus sebagai pendidik. Gue tiba-tiba dapet surat cinta dari Yayasan.

"ini pak surat tugas buat bapak".

"oh, iya bu. Terimakasih". Polos gue jawab sambil mikir, "ini buat surat ngawas hari senin kali".

Sekitar 5 menit kemudian, barulah gue buka isi surat cinta ini. Dan uwew, ternyata isinya meminta gue untuk mendampingin tim lomba desain grafis BEESSSOOKK. wadidaw.. Langsung dah, tancap gas buat tanya-tanya besok lomba apa?, pesertanya siapa aja? lokasinya dimana? teknis lombanya juga gimana?

Habis tanya sana-sini dapat juga informasi. Yang ikut ada 2 orang, dari kelas XI MM 2 dan XI MM 3. Lombanya buat desain kartu ucapan idul fitri. Buat desainnya di tempat lomba dengan durasi ... (belum tau alias lupa tanya.. hehe.he). Software yang disediakan oleh panitia CorelDraw dan Photoshop, namun gue sempat komunikasi dengan panitia bahwa software akan di sesuaikan dengan kebutuhan peserta. Jadi, ya wes lah.. (Walau pada akhirnya, ketika hari H gue cek komputer yang disediakan hanya terdapat Photoshop dan CorelDraw.. uweh..uweh..)

Pada H-1 ini, tepatnya hari jumat. Sebenarnya di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi ini sedang ada jadwal untuk uji level. Dan hari ini hari terakhir untuk uji level. Jadi gue hubungi anak-anak yang ikut lomba agar setelah uji level atau agenda tugasnya selesai untuk segera ketemu gue buat ngomongin persiapan lomba BESSOOKKK.

Menjelang ashar, siswa pertama yang ketemu sama gue adalah Bintang dari kelas XI MM 2. Langsung deh kita diskusi mengenai persiapan besok. Karena besok lombanya on the spot, jadi kita bahas mengenai konsep desain yang akan dibuat, aset apa saja yang akan dipersiapkan, software yang akan digunakan sampai review desain-desain kartu ucapan yang ada di jagat internet.

"oke pak, ide, konsep, aset, sudah saya pikirkan matang-matang"

wiss, gue lihat tatapan matanya. seperti sudah sangat yakin pooolll dengan desain yang akan dibuat ketika lomba. Seakan, Bintang ini punya gambaran lengkap mengenai desain yang akan dibuat besok.

"jangan lupa di catat di kertas konsep yang akan kamu buat ya. Supaya besok tidak lupa mau buat apa?"

"oke pak".

Sip deh, untuk bintang. Sambil mengucap bismillah, gue hanya bisa mendoakan agar Allah memberikan yang terbaik untuk Bintang.

Tibalah waktu asar. Gue barengan sama para staf murid dan guru-guru yang belum pulang, segera menuju masjid di sekolah untuk menunaikan solat ashar berjamaah. Selepas solat, drutt..drutt.. suara kentut eh salah... maksudnya suara getar hape gue.. he.he..

Ada notif pesan masuk, "Saya baru sampai pak, sedang di masjid."

langsung segera gue bales, "ini juga saya sedang di masjid". Sambil mencari-cari, cahya yang mana ya orangnya. tanya2 akhirnya gue bertemu juga yang namanya cahya, sambil rada kaget karena ternyata cahya itu perempuan. akhirnya gue minta maaf, "waduh maaf, saya kira cahya itu laki-laki" (T▽T)

Yaudah deh, langsung kita diskusi konsep sama persiapan buat besok. Berbeda dengan Bintang, Cahya rupanya belum banyak persiapan. Karena banyak sekali tugas yang harus ia selesaikan sampai hari Jumat ini. Akhirnya gue meminta cahya agar malam ini memikirkan konsep desain apa yang akan dibuat. Persiapkan aset-asetnya, serta software apa yang akan digunakan. Walau agak sedikit gugup, tapi gue melihat kalau cahya ingin tetap memberikan yang terbaik untuk lomba besok.

Bismillah... hanya kalimat itu yang tersirat dalam benak gue. Semoga Allah tetap memberikan jalan yang terbaik untuk Cahya.

-------------

Next,..

Keesokan harinya, kita berencana berkumpul terlebih dahulu jam 7 pagi di sekolah. Dari sekolah gue bareng sama Bintang dan Cahya, naik Taksi Online ke lokasi lomba. Dalam perjalanan, gue berpesan untuk Bintang dan Cahya, "nanti ketika mulai, kalian tidak usah pikirkan harus menang. Bersenang - senang saja. Have fun..." . "Biasanya, yang tidak kepikiran menang. Justru malah menang. Karena kalau kamu berpikir have fun, nanti kamu jadi rileks dan hasilnya maksimal."

Alhamdulillah sekitar jam setengah 8 pagi kita sudah sampai. Sehingga kita bisa relaksai sembari mengisi form registrasi, karena pada jadwal yang tertera lomba akan dimulai pada jam 8 pagi.

Cahya sedang registrasi
Singkat kata singkat cerita. Lomba akhirnya dimulai sekitar jam setengah sembilan pagi. Gue masuk ke dalam lab dulu untuk memastikan kembali kesiapan Bintang dan Cahya. Sembari mengingatkan untuk rileks dan tidak usah berpikir harus menang. Cukup bersenang-senang dan berikan yang terbaik.

Bintang bersiap untuk lomba
Cahya bersiap untuk lomba
Gue pun memotret Bintang dan Cahya yang sedang persiapan untuk mulai lomba. Untuk kemudian dikirim ke grup "Keluarga SMK Telesandi" agar para staf dan guru ikut mendoakan Bintang dan Cahya.

Ketika lomba segera dimulai gue keluar dari ruangan lomba dan menunggu di ruang seminar. (acaranya berbarengan dengan seminar). Menjelang solat zuhur, seminar sesi 1 selesai. Gue pun langsung menuju ke ruangan lomba untuk melihat keadaan Bintang dan Cahya. Ternyata durasi untuk lomba desain juga selesai. Jadi terhitung kurang lebih 3 jam untuk mereka membuat desain.

Next., kita istirahat untuk solat zuhur berjamaah. Untuk kemudian dilanjut acara sampingan (games dan nonton video) untuk menunggu dewan juri yang terdiri dari 2 dosen multimedia, 1 dosen administrasi dan 1 dewan juri lain untuk menilai desain yang para peserta buat.

Dalam suasana tunggu yang lumayan membosankan (hehehe). Gue tanya-tanya ke Bintang dan Cahya mengenai adakah kesulitan selama proses pembuatan desain?.

Cahya,
"Saya agak bingung pak, maaf. yang sudah terjadi yang terjadi begitu saja pak."

Bintang,
"Alhamdulillah, saya puas banget dengan hasilnya pak. Walau waktunya agak kurang pak. Untuk kesulitan paling di tulisan arabnya pak. Saya mau buat rata kanan, tapi selalu dari kiri. Akhirnya saya buat jadi gambar dulu (cari gambar hadits) baru saya masukan ke desain saya pak."

Gue pun bertanya sekalian mengingatkan,
"Sebelum mulai sudah pada berdo'a dulu?"

Bintang dan Cahya serentak bilang,
"Alhamdulillah, sudah pak."

"Alhamdulillah". jawab gue. "Sisanya tinggal Allah yang menentukan. Kalau menang ya Alhamdulillah. Kalau kalah, jadikan ini sebagai pembelajaran ya."

"baik pak", jawab Bintang dan Cahya.

jeng...jeng..jeng...jeng...

terus menunggu..

menunggu...

meungguuu.. (sampai tulisannyan typo gini.. (>y<))

akhirnya mendekati jam 3 sore para juri datang.. "Alhamdulillah... Semoga hasilnya menjadi yang terbaik bagi Bintang dan Cahya" gumam gue.

Para juri mulai membacara kriteria penilaian. Yaitu, Kreativitas 50%, Keaslian 20%, Isi Pesan 20%, dan penguasaan software 10%.

Lalu juri mulai membacakan para pemenang. Dimulai dari juara 3 dengan skor sekian... (lupa tidak nyatat jumlah skornya, hehehe..) adalah rizky.?? (rizky kan ya namanya? lupa gue.. ╮(╯_╰)╭ ). Dilanjut dengan skor sekian... Cahya... dari SMK Telekomunikasi Telesandi...

Karya Cahya
MasyaAllah. Gue tidak menyangka Cahya bisa menang. Menurut dewan juri, Cahya menang karena selain makna yang mendalam, desain karakternya juga dibuat secara manual. Sehingga ini menjadi nilai plus. Namun ada yang kurang, yakni perihal desain typhography-nya.

Luarrr Biasa.!!!
(oh iya, skor Cahya dengan sang juara tiga hanya beda 8 poin loh.., uwooww..)

Dan yang ditunggu-tunggu ialah juara satu dengan skor.. sekian..(maaf, bener2 lupa gue skornya berapa. yang gue inget. ini skornya lumayan jauh dari juara 3 maupun juara 2). Adalah.. Bintang dari SMK Telekomunikasi Telesandi.

Masya Allah Luarr Biasa!!!.

dan yang lebih mengejutkan lagi, ketika ditampilkan hasil desainnya.

Karya Bintang (Tampak Dalam)

Karya Bintang (Tampak Luar beserta gambar amplop)

Karya Bintang (Tampak Luar/Depan)

Karya Bintang (Tampak Dalam-mockup version)

Karya Bintang (Tampak Luar/Belakang)
Si Bintang ini buat 5 desain. dengan sudah dipikirkan matang-matang kalau desainnya ini akan dijadikan sebuah produk kartu ucapan. Mantulll alias Mantap Betulll.. Memang kalau sudah direncanakan matang-matang, hasilnya tentu tidak akan mengecewakan.

"Alhamdulillah., Selamat ya. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran untuk kedepannya." pesan gue.

Bintang memperoleh bingkisan dari salah satu dewan juri
Cahya memperoleh bingkisan dari salah satu dewan juri
Langsung dah gue share momen bahagia ini ke grup "Keluarga SMK Telesandi" sehingga kami bisa bersyukur pada Allah atas capaian yang diraih oleh Bintang dan Cahya ini.

SELAMAT!! untuk Bintang dan Cahya. Semoga hasil ini bisa menjadi motivasi untuk terus berprestasi. dan selamat menempuh ujian hari SENIN BESOKKK ya.. (⌒▽⌒)

Comments