OTW blog Jurusan Multimedia SMK Telkom Telesandi

Tampilan Blog Jurusan MM SMK Telkom Telesandi
Halo sobat semua., sekitar 3 minggu lalu. Mr Ahyat selaku ketua program studi multimedia di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi menyampaikan ide beliau untuk membuat blog jurusan multimedia. Karena menurut beliau, informasi yang diberikan di website SMK Telekomunikasi Telesandi sangat sedikit sekali. Kita perlu blog khusus untuk jurusan multimedia ini, agar nanti kedepannya bisa dijadikan akses informasi, motivasi, portal penghubung alumni dan siswa sampai interaksi guru dengan siswa. Sehingga proses pembelajaran nanti bisa jadi semakin interaktif. woww... ⚆ᗝ⚆
Langsung deh buat, mumpung belum terlalu padat kerjaan (padahal belum dapat jadwal ngajar (ᗒᗨᗕ) ).

Jadi, yang pertama gue lakukan adalah analisis apa saja konten yang akan dimasukkan dalam blog jurusan multimedia ini. Dan jadilah konsep seperti ini:

Konten untuk blog jurusan MM
1. Penjelasan Jurursan (About Us)
2. Paket Keahlian yang diajarkan :
      Desain Multimedia
Pengolahan Citra Digital
Teknik Animasi 2D dan 3D
Komposisi Foto Digital
Teknik Pengambilan Gambar Bergerak
3. Tutorial Desain
Photoshop
Illustrator
CorelDraw
4. Tutorial Videographi
Teknik Pengambilan Gambar
Editing Audio
Editing Video
5. Informasi Sekolah/Jurusan
Sayembara
Lomba
6. Motivasi (alumni/Guru)
7. Kolom Tekno
Berita Teknologi
Review Gadget
Editorial (pendapat dan opini seputar teknologi)


Habis itu, gue coba buka website SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Terus gue coba lihat detail jurusan multimedia di website tersebut. Hasilnya gue menemukan seperti ini:

Multimedia
Multimedia merupakan kompetensi keahlian yang dibuka pada tahun pelajaran 2008-2009. Pada kompetensi keahlian ini, siswa dididik sesuai kebutuhan tenaga kerja yang ada di industri informasi.

Paket Keahlian yang diajarkan meliputi:
Desain Multimedia
Pengolahan Citra Digital
Teknik Animasi 2D dan 3D
Komposisi Foto Digital
Teknik Pengambilan Gambar Bergerak

udah gitu aja, habis itu dibawahnya ada tambahan 3 foto mengenai jurusan multimedia SMK Telekomunikasi Telesandi. So, bener-bener singkat buangett. Akhirnya coba gue edit sehingga menjadi seperti ini :

Multimedia

Multimedia dewasa ini telah berkembang sangat pesat. Hampir disemua lini interaksi antar manusia menggunakan teknologi multimedia. Mulai dari kegiatan pembelajaran, jual beli, periklanan, kesehatan sampai dengan hiburan dan seni. SMK Telekomunikasi Telesandi, sebagai salah satu SMK yang mempunyai visi “menjadi sekolah bermutu unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berdasarkan IMTAQ serta berkarakter bangsa” pada tahun pelajaran 2008-2009 telah membuka jurusan multimedia sebagai bagian dalam pencapaian visi tersebut. Pada jurusan multimedia ini, siswa dilatih agar dapat berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki hasrat pada teknologi baru dengan tetap memiliki karakter bangsa yang kuat.

Kompetensi keahlian yang akan dipelajari dalam jurusan multimedia ini adalah:
Desain Multimedia
Pengolahan Citra Digital
Teknik Animasi 2D dan 3D
Komposisi Foto Digital
Teknik Pengambilan Gambar Bergerak

nah, terlihat lebih baik kan??.

Lanjut ke progres selanjutnya. Yaitu mencari template... What? looking for template??. Yaps, bener sob. Cari template!!!. Karena jujur saja, template yang disediakan oleh pihak blogger alias default template bener-bener kurang josss. Bahasa kerennya, "hedueehh standar pisan ieu.." ヽ( ͝° ͜ʖ͡°)ノ

Proses cari-cari ini nih sob yang super duper luaammmaaa. Ada kali habisin waktu 1 sampai 2 jam buat cari yang cocok. Pas udah nemu 1, langsung apply, tes-tes fungsinya. Eh, templatenya ngak bisa nampilkan semua kategori yang gue buat. Cari lagi deh yang lain. (πーπ)

(Karena jam kerja di sekolah sudah habis, lanjut besok lagi ya sob).. (ʃƪ¬‿¬)

(jiaahhh...)

Tenang - tenang, maksud gue, saking lamanya gue cari-cari template. Sampai - sampai udah masuk waktu pulang kerja. hehehe....

Next,

Perjuangan cari-cari template ini sampai makan waktu sekitar 3 minggu. (uweww.. lama bener..). Karena pas udah dapat, gue coba apply eh ada yang error. Dapat lagi yang lain, apply lagi, error lagi. terruuss aja kayak gitu. Berasa kuliah program gue..

Sampai pada akhirnya gue menemukan template yang cuocok. Walau tidak full custom (karena versi full customnya berbayar sob.. ╥﹏╥). Tapi it's ok, yang penting cocok lah buat blog jurusan multimedia tercinta. 

Langsung aja, gue masukkan menu-menu untuk kategori beserta link-linknya. Setting2 background, logo, dll. Tidak lupa untuk memberi tahu Mr Ahyat, siapa tau ada yang mau ditambah atau di rubah.

Setelah Mr Ahyat say OK. Lanjut tanya untuk konten pertama apa?

"sama awal2,
mau buat konten apa ya pak?
pengenalan jurusan multimedia?"

"Boleh pak
  Pengenalan
1. Sudah ada dari tahun 2008 dengan akreditasi A hingga sekarang
2. Menggunakan kurikulum 2013
3. Tenaga Pengajar dengan latar belakang ilmu multimedia /dibidangnya
4. Apa saja yang di pelajari

News pertama, Headline, info juara lomba desain juga gpp"

Begitulah kiranya isi percakapan gue dengan Mr Ahyat via WA. Setelah itu, gue ketemu langsung untuk teknis yang posting siapa?. Akhirnya gue meminta Mr Ahyat untuk membuat tulisan mengenai jurusan. Karena gue belum paham betul seluk beluk jurusan multimedia ini. Baru setelah itu, nanti gue tambahkan sedikit. Dan untuk berita pertama, mengenai 2 orang siswa jurusan multimedia yang menang juara 1 dan 2 lomba desain kartu ucapa Idul Fitri diserahkan ke gue.

Hasilnya, sobat bisa lihat di :

https://mmtelesandibks.blogspot.com/2019/05/siswa-jurusan-multimedia-berhasil.html

Oke, progres selanjutnya tinggal tunggu postingan dari Mr Ahyat mengenai seluk-beluk jurusan multimedia. Plus, harus tentukan jadwal posting juga sepertinya.

Bismillah, semoga blog ini bisa menjadi bahan bagi guru-guru dan siswa-siswi jurusan multimedia untuk terus berkembang dalam meningkatkan skill dan ilmu. InshaAllah.

And., See You On The Next Post..

Comments