MAHASISWA KADER TANGGUH PEMIMPIN MASA DEPAN

Reade to be a leader for better the future, menjadi jargon pada Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan (PKMJ) teknik elektro Fakultas Teknik UNJ 2012. Harapannya, terciptanya kader – kader tangguh yang siap membawa pada perubahan. Mengapa perubahan? Karena sudah kita saksikan sendiri banyak dari mahasiswa yang sudah kehilangan jatidirinya, tak mau lagi berpikir kedepan, tak peduli dengan masyarakat, dan bangga dengan moral yang bobrok.

Tawuran, kekerasan fisik, narkoba, miras dan sebagainya sudah dianggap biasa bahkan wajar bagi beberapa mahasiswa. Kalau tetap dibiarkan maka hal tersebut akan membudaya dan mengakar di pola pikir mahasiswa.


Kita tentu tidak menginginkan para kaum intelektual, calon penerus peradaban ini hancur tergerus oleh keegoisan pribadi. Kita sangat menginginkan hadirnya kembali para soekarno muda. Kita juga merindukan kembali semangat jihad dari para bung tomo muda. Kita, tidak mau kehilangan para pemikir – pemikir bangsa yang terus memikirkan perubahan yang baik pada bangsanya.

Bagaikan buih di lautan lepas, itulah kondisi kebanyakan mahasiswa sekarang. Mereka, yang hanya ikut – ikutan. Mereka, yang mudah terbawa oleh arus, terombang – ambing dan mudah goyah.

Untuk itu jangan jadi buih dilautan, tapi jadilah arus. Dengan begitu bukan lagi mahasiswa yang dikendalikan oleh jaman tapi justru mahasiswa yang akan mengendalikan jaman. Bagaimana caranya? Pertama, tumbuhkan kembali budaya menulis dan membaca. Kedua, hidupkan kembali ajang saling berdiskusi. Dan yang ketiga, terlibat dalam kegiatan keorganisasian mahasiswa. Dengan begitu mahasiswa akan semakin kritis dan bijak dalam menilai suatu permasalahan. Dan mahasiswa akan kembali lagi pada masa kejayaannya dimana mahasiswalah yang membawa perubahan besar pada bangsa ini.

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2012/11/18/mahasiswa-kader-tangguh-pemimpin-masa-depan-509313.html

Comments