Wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi Angkatan 9

Para Guru, Staff dan Pemilik Yayasan dalam acara wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi angkatan 9
Sabtu, 22 Juni 2019 merupakan hari yang tidak akan pernah terlupakan. Hari yang akan selalu dikenang. Dikenang karena ada sebagian dari keluarga SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi yang akan berpisah. Berpisah bukan karena tidak cinta. Tapi justru karena 'cinta'. Cinta yang mengantarkan sebagian keluarga kami menuju jalan hidup selanjutnya. Mudah-mudahan sebagian yang berpisah dari kampung kecil SMK Telekomunikasi Telesandi ini menjadi bagian dari keluarga besar bangsa yang berkarakter. Karakter yang menjunjung tinggi akhlak dan ilmu. Sehingga bangsa Indonesia ini yang InshaAllah melalui kami para keluarga SMK Telekomunikasi Telesandi menjadi bangsa yang maju dan diberkahi Allah SWT. Aamiinn..

(Eitss.. ini kenapa bahasannya jadi sok-sok-an puitis dah. Enak-an juga kayak gini. Simpel, nggak usah ribet ngurusin KBBI. --mohon maaf ya pak Abdul alias guru bahasa Indonesia-- hehe)

ehemmm..

Jadi ceritanya gini. Gue yang baru aja sebulan ada dalam lingkup kerja SMK Telekomunikasi Telesandi ini, di minta untuk turut serta dalam agenda wisuda kelas XII (alias angkatan 9) SMK Telekomunikasi Telesandi. Tapi sebelum agenda penuh kenangan antara murid dengan para gurunya ini. Ada kisah unik nan menggelitik di lingkungan para guru dan staff.

Bermula dari pengumuman bu Eka seusai rapat. gue ingat betul beliau berucap seperti ini "untuk wisuda nanti pakai KEMEJA MERAH ya". Waduh, sempet bingung karena ngak punya kemeja merah (padahal mah males beli hehehe). Tapi setelah tanya-tanya ke ayahanda di rumah. Rupanya beliau punya. Malah punya 2 warna merah. Merah tua dengan merah yang agak muda.

"Alhamdulillah.." ungkap hati gue yang puaalliingg mendalam.

tlit tlit.. bunyi indah notifikasi hape gue. Dengan senyum melebar dan tangan yang seakan melayang di udara, lalu melihat ada pintu dalam segelas kopi hangat bercampur madu yang ternyata pahit (nah lohh.. kebayang ngak nih gue nulis apa? (ᗒᗨᗕ)).

Dengan nada lagu layang-layang, gue berdendang :

♬ Ku ambil hape di meja ♬ 
♬ Ku usap dengan jari ♬ 
♬ Ku lihat sebuah notifikasi ♬ 
♬ Langsung kumatikan lagiii... ♬ 

Eh ini apa?., waduh. waduh...
"bapak2 untuk wisuda nanti, kemejanya memakai kemeja yang sudah ada, untuk pilihan warnanya merah atau abu2. di voting ya:"..

Dengan tenang gue terus memperhatikan situasi. scroll... scrolll... alias geser kebawah... ada notif baru lagi, liat lagi... ada notif lagi liat lagi.. ada NOTTIFFF. Eh malah jual rumah. harganye 700 jt guys. wadidaww

lanjut lagi.., bahas pendaftaran. lanjut lagi,.. (sambil berharap votingnya tidak dilanjutkan. Jadi fix warna merah hehehe). Tapi ternyata setelah beberapa bahasan, voting kembali berlangsung. Nomor 1. merah, nomor 2 merah, nomor 3 merah, nomor 4 merah... -Fix dah ini mah merah (hati gue meyakinkan). nomor 5 ??. waduh-waduh.. nomor 6 merah, Alhamdulillah. Nomor 7, 8, 9,10... abu2 guysss.. (∥ ̄■ ̄∥)

Dari sekitaran jam 7 pagi diadakan voting. Sampai jam 12 siang masih belum kelar juga ini prahara wush.. wush.. 💨  💨 . (Kalau ngak salah di sela-sela perebutan suara merah dan abu2, ada postingan tentang jomblo dah. Apa ya? kayaknya gue tiba2 lupa dah.. )

Hingga tibalah penentuan. Rupanya ada 3 orang yang belum voting. dag-dig-dug dag-dig-dug. jrenggg....

Sampai kira-kira jam setengah tiga sore masih belum fix juga. Akhirnya pak doto selaku menpora mengadakan kompetisi futsal antara tim MERAH dengan tim ABU2. Dengan hadiah, kostum wisuda 2019. Ashiyaappp.. Walau sejatinya sudah semenjak SMA gue udah ngak main futsal. Tak mengapa. Nanti gue praktikkan jurus-jurus tendangan maut yang gue pelajari dari film shaulin soccer. ciaatttt...

Lagi seru-serunya menunggu besok untuk tanding futsal. eh ada yang vote abu2 dooonggg, 2 orang lagi. wadaww.. udah itu besoknya futsal, eh tim merah terbantai.. wkwkwk. Kekalahan ter-konkret.

(BTW.. ini postingan bahas wisuda apa bahas baju ya? XD)

oke2, sabar sob. Barusan hanya 'muqodimah' aja. intinya itu di sini.

Jadi setelah kejadian hari Rabu dan Kamis itu, hari jumatnya otot gue mulai pada demo. Lengan gerak dikit, langsung berasa "itai, itai, itai" (yang bingung cek di sini => https://bit.ly/2J4d7gk) .

Berhubung banyak otot-otot pada demo, plus guru-guru pada sibuk membagikan buku rapor pada siswa. Jadilah gue nganggur.. (hhuusss... diam-diam lah ngomongnya. Plak.. tepok jidat). Namun berhubung sudah dirungan guru dengan fasilitas internet dan AC yang sudah sangat nyaman ini. Terpikirlah oleh gue untuk update blog gue. Berhubung bulan ini gue baru posting 1 artikel doang. Plus memang sedari kemarin ingin banget posting di blog. Cuman memang nggak kesampaian (halahh.. bilang aja maless. XD).

So, dari pada semakin ngawur ceritanya. Mending sobat liat aja sendiri postingan gue di sini : http://hilmynotes.blogspot.com/2019/06/fitur-whatsapp-yang-rentan-di-hack.html . Isinya membahas cara mencegah aplikasi WhatsApp sobat di-hack oleh para penipu ulung. Lanjutt...

Jumat sore seusai gue posting artikel baru, gue berburu kemeja abu2. eehhh... bentar-bentar. Perasaan gue belinya pas hari kamis dah. Oh iya kamis kalo ngak salah. Panttes aja hari jumatnya otot-otot pada demo. Wong habis futsal, lanjut kegiatan sekolah plus pulangnya jalan-jalan mengelilingi rembulan, ditemani cawan rupawan penuh kebahagiaan. Hingga akhirnya daku menemukan kemeja yang di idam-idamkan. #tsahh...

Setelan Kostum untuk wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi 2019
Jumat sore, ada beberapa siswa, guru dan staf serta pengurus yayasan yang langsung ke ballroom hotel horizon Bekasi (tempat wisudanya). Untuk persiapan dan kelancaran wisuda pada Sabtu pagi. Dengan semangat 45, gue juga berniat untuk ikut bermalam di sana. Akan tetapi, mengingat jarak dari rumah ke lokasi wisuda hanya sekitar 10-15 menit menggunakan motor. Plus, tuntutan otot-otot yang memang nuntut mogok kerja. Akhirnya gue tetap ikut bermalam (tapi di rumah.. wkwk).

Pak Joko yang sedang nempel-nempelin nomor
Yuk pak semangatt..
Singkat cerita, sekitar jam 6 pagi gue berangkat dari rumah. dan ternyata sampai jam 6 lewat 20 menit (katanya 10-15 menit?? ini malah 20 menit.. (*ノ_<*)

Sesampainya di lokasi, bersama dengan salah seorang siswa anggota pemain angklung. Gue menuju lokasi wisuda yakni di ballroom. 

"wisuda SMK telesandi ya?"
"iyak pak, di mana ya ruangannya?"
"naik lift aja pak, lantai 3"
"oke"

wusshhh.. menuju lift eehh ketemu pak fajar dan pak munadi. "ini kok dasinya sama ya" cakap pak fajar (baahhh dah kayak orang melayu ja pake cakap-cakap segala.). "lha wong tempat belinya sama" XD.

Terdapat 2 buah photobooth di depan pintu masuk ruangan wisuda. Lalu ada tempat untuk absensi peserta wisuda dan para undangan. Tempat cek-in nya cuanggih loh. Udah pake scan barcode segala (jiaahh ini nih, norak beeuudd dah sama beginian XD). Maklum sob, dari jaman SD sampe kuliah ngak pernah tuh ngerasain scan-scan barcode gitu. hehe

Salah satu photobooth
Peserta wisuda dan tamu undangan mendaftar sebelum masuk ruangan
Sambil menunggu instruksi dari ketua panitia. Gue ketemu pak fiscal yang dandanannya MasyaAllah. Sudah kayak 'crew' beneran dah. Luar biasanya, pak fiscal ini rupanya belum tidur sedari kemarin karena mempersiapkan peralatan kamera dan live untuk wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi. Saluutt dah buat bapak. Bener-bener TOTALITAS. Gue angkat 4 jempol saya dah (gue? saya? yang mana nih yang mau di pake? konsisten dongg... wkwkwk).

Pak fiscal (yang pegang kamera ya) yang tetap tersenyum menyapa orang-orang walau belum tidur semalaman. Muantap daahh perjuangan bapak yang satu ini. Top markotop
Sebelum para wisudawan dan tamu undangan masuk ruangan, gue dengan sigap mengambil HaPe gue untuk ambil foto ruangan plus para siswa dan crew yang membantu kelancaran wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi ini.

Podium Utama
Tempat duduk yang sudah ditempeli nomor dan snack
Tim belakang panggung :D
Di sebelah kiri ada MC, di sebelah kanan ada ibu2 :D
Next., sekitar jam 6.30 Pak acil sebagai ketua panitia menjelaskan kembali poin-poin yang sudah di bahas pada rapat kemarin sekaligus memberi instruksi untuk masing-masing panitia wisuda. Bapak ini kebagian di sini.. Ibu ini di sini.. Bapak ini di sini... Gue?? (ini nih, tanda-tanda ngak dengerin pas rapat kemarin ( ̄□ ̄) ). Jadilah gue berjaga di depan pintu masuk sembari menyambut para wisudawan dan tamu undangan.

Para guru bersiap untuk kirab
Setelah para wisudawan dan tamu undangan memenuhi ruangan, acara langsung dimulai. Pukul 7.45 para guru (termasuk gue) bersiap untuk kirab dan memasuki ruangan. Hingga akhirnya sekitaran pukul 8 dengan di iringan hymne guru, kami masuk keruangan dan menempati tempat yang telah disediakan. Bergetarrrr rasanya hati ini karena mengingat para dosen hingga guru-guru gue dulu saat TK sampai SMA yang mengantarkan gue hingga menjadi seperti sekarang. Masya Allah. Semoga bapak dan ibu guru dan dosen ku selalu dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Aamiinn..

Wisuda SMK Telekomunikasi Telesandi ini membuat gue inget akan wisuda gue sekitar 1 bulan lalu. Yaahh walau ngak semegah wisuda gue sih (iya iyalah.. wisudawan UNJ kan lebih banyak daripada wisudawan SMK Telesandi pak.. ( ̄□ ̄) ). Ngomong-ngomong kenapa gue bandingkan dengan wisuda kuliah gue, bukan wisuda jaman gue SMA dulu?. Jawabannya adalah, karena wisuda gue nggak sebagus ini.. huhuhu.. (jadi sediihh..)

Snack-snack.. Lumayan.. penunda lapar (dah kayak 'Okky Jelly' drink aja XD)
Acaranya sih kurang lebih sama lah kayak wisuda gue di UNJ dulu. Ada sambutan-sambutan ( dari jam 8.30 sampai sekitar jam 11), pertunjukkan oleh siswa, dan pemutaran film dari ekskul Seni Media.

Salah satu pertunjukkan tarian dan permainan angklung dari siswa-siswi SMK Telekomunikasi Telesandi
proses pemutaran film
Oh iya, tidak ketinggalan perform band dari guru. Ada Pak Rino, Pak Fajar, Bu lisa, dkk (maaf ya, gue nggak hafal semua yang perform.. (ㆆᴗㆆ) )

ini nih yang perform  eehh..
Eehhh... maaf salah foto. Yang bener yang ini hehehe :

bentar-bentar. oohhh yang ada video bukan foto. Yowis lah ini gue kasih videonya. Selamat menyaksikan.. :D


Selepas acara. Banyak banget siswa dan siswi yang foto bersama para guru. Termasuk Kepala sekolah dan staff (sepertinya). Sayangnya nggak ada yang foto bareng sama gue (mau banget siihh di foto. XD). Mereka pada belum tau gue kali ya? (Lha emang.. wkwkwk)

Serangkaian demi serangkaian acara telah selesai. Hingga tibalah sesi foto-foto perkelas masing-masing. Jadi inget pas wisuda gue. Pas foto per fakultas, cuman fakultas gue yang orangnya buanyyaakkk banget, sampe ngak keliatan gue berdiri di sebelah mana. ╥﹏╥

Alhamdulillah wisuda berjalan dengan lancar dan selesai sekitar pukul 1 siang. Semoga saja para wisudawan-wisudawan SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi ini menjadi anak2 yang membuat bangsa kita menjadi maju dan sejahtera. InshaAllah.

Sekian dulu postingan dari gue. Apabila ada salah-salah kata eh maksud gue tulisan, gue mohon maaf yang sebesar-besarnya (hayoo takut dibaca sama bapak KepSek yaa... :D). Terimakasih sudah bersedia membaca dan See You On The Next Post..

oh ya, foto gaya bebasnya belum ya. Sekalian upload dah.. :D

Gue paling kanannnnn ya sob :D

Comments