Do more with Windows Phone

foto dari http://www.digitaltrends.com/mobile/the-new-windows-phone-10-preview-includes-project-spartan-and-a-ton-of-new-apps/
Windows Phone?, makanan apaan tuh?, nah loh..!!. sobat tau ngak apa itu Windows Phone?.

Komputer?, Laptop?,

Yuusss bener banget sob. Bener-bener diluar dugaan jawabannya. he.he.he... 

Jadi apa dooonnggg?,

Sobat mau tau?, mau tau banget?, yakin?, beneran nih?, coba di inget-inget lagi deh?, (mulai kambuh deh kang hilmy -_-).

Sabar-sabar, ini gue kasih tau. (sementara itu, kang hilmy langsung klik tombol CTRL+T kemudian googling XD). Menurut om Wikipedia, Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile, meski tidak kompatibel lagi. Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan.

Gimana masih bingung?, kalo masih bingung gini aja?, sobat tau Android atau iOS kan?, itu loh OS untuk smartphone/perangkat mobile keluaran Google dan Apple?, naahh begitu juga dengan Windows Phone, dia dia dia ... (Ups si dia yang mana nih? XD) juga termasuk OS alias Operating System untuk smartphone/perangkat mobile, tapi ini keluaran Microsoft.

Memang tidak selaris Android keluaran Google ataupun iOS keluaran Apple. Tapi eh tapi, Windows Phone memiliki kelebihannya tersendiri. 

(Ngomong-ngomong, kok kang hilmy tumben-tumbenan bahas Windows Phone. Memangnya ada apa kang?)

Kasih tau ngak yaaa?(jiiaahhh, dia mulai lagi. Please deh kang hilmy, jangan bikin kita para readers jadi capek karena baca postingan kang hilmy XD)

Yaudah deh, langsung kasih tau aja (nah gitu dong kang hilmy :D). Jadi begini sob, ceritanya itu gue kehilangan smartphone Android yang gue dapet pas lomba blog kopdar guru blogger (lengkapnya yuk baca di : http://hilmynotes.blogspot.com/2015/03/asli-bener-modal-14-ribu-dapet-hape-700.html), terus selang kisaran 3 bulan gue diperbolehkan jual netbook pemberian orangtua gue buat beli smartphone baru. Alhamdulillah, berhasil terjual dan hasilnya bisa dipakai untuk modal beli smartphone baru.

Singkat cerita, gue sempet bingung pas mau beli. Antara fitur super komplit atau kualitas dahsyat.

Lanjut di singkatin lagi ceritanya, akhirnya pilihan gue jatuh pada smartphone Microsoft Lumia 535. Dengan kondisi baru, bergaransi resmi 1 tahun, dengan harga second. (Sssttt.. maklum, waktu itu lagi HARBOLNAS alias Hari Belanja Online Nasional).

Kenapa gue pengen banget punya smartphone?, bukan karena gaya atau pamer sob, melainkan memang kebutuhan. Alias kebutuhan gue ngak sekedar telpon atau sms aja. Maka dari itu, gue ngak ragu ketika milih Microsoft Lumia dengan OS Windows Phone. Emang sih, banyak orang yang berpendapat 'lebih mudah pakai Android atau iOS', tapi kan karena mereka jarang atau bahkan tidak pernah menyentuh Windows Phone. Berbekal niat penasaran dengan OS Windows Phone plus desas desus yang katanya OSnya super ringan, maka gue paksakan untuk belajar OS yang bener-bener baru gue pakai.

Setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian, gue merasa memang fun banget make nih smartphone. Memang sih, masih ada beberapa kekurangan. Walau begitu gue harus bersyukur sudah punya smartphone yang menopang berbagai kerjaan gue. Biar kehadiran smartphonenya membawa berkah. Iya ngak sob.. :D

Siipp langsung ke TeKaPe.

Do more with Windows Phone, maksudnya apa sih?,

begini sob, ketika sobat punya segenggam smartphone di tangan sobat, biasanya hal apa saja yang akan sobat lakukan?

Kirim SMS?, telpon 'calon mertua' (ehem XD)?, buka WhatApp, BBM, LINE, dan sejenisnya?, mendengarkan musik?, Facebook-an, Twitter-an, Instagram, Path dan kawan-kawannya?, terus apa lagi?, kalau hanya itu, kemungkinan besar, sobat adalah orang yang eksis abizz kayak gue, he..he..he.. Namun, kalau hanya itu-itu saja yang sobat lakukan dengan smartphone sobat, maka sobat masih kurang memanfaatkan smartphone dengan sebaik mungkin. Apalagi kalau smartphone sobat punya spesifikasi yang sudah wah, jadinya bakalan sayang banget kalo ngak dimanfaatin sebaik mungkin. Maka dari itu, pada postingan ini gue beri judul 'Do More', artinya melakukan hal lebih banyak dari yang saya sebutkan tuliskan di awal tadi.

WORK'S

ONE DRIVE

Aplikasi OneDrive 
Sobat tau dengan layanan OneDrive?, Kalau sobat pengguna Android biasanya familiar dengan Google Drive, atau pengguna iOS biasanya kenal dengan iCloud.

Nah, layanan OneDrive dari Microsoft ini sama dengan layanan Google Drive dari Google maupun layanan iCloud dari Apple. Yakni layanan penyimpanan data berbasis Cloud Computing, singkatnya, merupakan layanan yang disediakan untuk menyimpan data secara Online yang bisa kita manfaatkan untuk membackup data penting kita maupun untuk berbagi data ke pengguna lainnya.

Sebut saja HardDisk Online. Itu panggilan gampangnya.

Sewaktu masih menjadi pengguna Android, gue sering banget pakai layanan Google Drive, apalagi sewaktu gue masih PKM alias Praktik Keterampilan Mengajar (cerita lengkapnya, yuk baca http://hilmynotes.blogspot.com/2015/03/1st-day-pkm-alias-praktik-keterampilan.html). Buat presentasi untuk bahan ajar, terus upload deh ke Google Drive, buat jaga-jaga. Karena terkadang ada orang iseng colak-colok flashdisk bervirus ganas yang siap membantai file-file presentasi gue. Selain itu, gue juga bisa bikin presentasi bareng-bareng pakai layanan Google Drive. Ada juga, ketika ada bahan ajar yang ngak gue punya, gue tinggal minta file materi pengajaran ke Drive temen gue.

(Katanya ngomongin Windows Phone, kok malah mengarah ke Android lagi. -_-)

Sabar sob, ini baru mau gue ceritain.

Aplikasi OneNote pada Windows Phone
Berhubung di Windows Phone ngak ada aplikasi Google Drive yang ada secara default hanya OneDrive. Yaudah deh, mau ngak mau gue ikutan pake OneDrive. Memang sih di awal-awal karena terbiasa menggunakan Google Drive, jadi berasa agak males gitu pakai OneDrive. Tapi pas di coba-coba (buat anak kok coba-coba----Sory iklan Lewat----XD), ternyata pakai OneDrive lebih asik. Karena layanannya terintegrasi sama aplikasi OneNote dan Microsoft Office. Pas banget buat gue yang sering catat-mencatat memo. (catat-mencatat, ketik-mengetik kali, tapi bentar deh, kalo di smartphone sentuh-menyentuh kali ya. XD). 

Berbeda dengan smartphone Android, aplikasi pencatat memo di Windows Phone, OneNote secara otomatis mensinkronkan datanya ke layanan OneDrive. Sehingga ketika kita buka OneNote di PC atau Laptop, catatan yang sudah kita simpan pada smartphone dapat langsung kita lihat sekaligus edit pada PC atau laptop sobat. Dengan catatan sobat sudah install OneNote yang se-bundle dengan instalasi Microsoft Office 2013

OneNote di laptop gue
Jadi aplikasi OneNote ini udah berasa kayak pengganti Note konvensional yang dulu sering dibawa-bawa ketika mau mencatat perkuliahan, laporan, kerangka pikiran, materi seminar, bahan belanjaan, dsb.

Ngak perlu repot-repot bawa segepok notes plus persediaan pulpen. Tinggal buka smartphone, tab, atau pun laptop. Sobat udah bisa catat keperluan-keperluan sobat dengan hanya bermodalkan smartphone. Tentunya kalo mau sinkronisasi secara otomatis melalui OneDrive, sobat harus terhubung ke jaringan Internet.

Berguna banget deh, apalagi buat gue yang sedang sekeripsi. Catat memo penting via smartphone, terus pas buka laptop, bisa langsung liat di OneNote terus dilanjutin ke penulisan.

HERE MAPS

HERE Maps pada Windows Phone
Kalo di Android ada Google Maps sebagai aplikasi peta default. Nah kalo di Windows Phone aplikasi peta bawaannya ada HERE Maps. Tapi sebenernya sih selain HERE Maps, ada juga Maps sebagai aplikasi peta yang sudah otomatis ada sebagai aplikasi peta bawaan (Default). Hanya saja, yang sering gue pake itu HERE Maps. Jadi gue lanjut bahas HERE Maps dkk aja ya sob. :D.

Berikut rentetan aplikasi navigasinya seperti HERE Drive+ dan HERE Transit.

Yuukks kita lanjut,

Disini gue bahas kelebihannya aja yaa, he.he.he..

(lanjut kang..)

Di HERE Maps, kita bisa download peta kita loh sob. Jadi nanti kalo petanya sudah ter-download, kita bisa pake navigasinya walau ngak pake koneksi internet.

(Petanya bisa di download?, size download berapaan tuh kang?, gede ngak nih?, ntar kuota kita-kita habis lagi?)

hhmmm... kalo menurut gue sih masih tergolong kecil. Karena gue download peta untuk negara Indonesia cuman kena 300 MB-an. Itu pun downloadnya via WiFi gratisan. he.he.he.. XD

Berdasarkan informasi yang gue dapet dari talkandroid.com , berikut ini perbedaan mendasar antara HERE Maps dan Google Maps :

Sumber http://www.talkandroid.com/274809-here-maps-takes-a-swipe-at-google-maps-with-new-offline-capabilities/
Kalo liat dari gambar di atas, HERE Maps pas banget buat sobat yang sering jalan-jalan tapi ngak butuh koneksi internet full. Karena petanya sudah di download.

Yang kerennya lagi, kalo sobat jalan-jalan ke mall sekitaran Jakarta. Maka ada peta gedungnya juga loh. Jadi masuk mall yang super lega, tapi ngak usah khawatir kesasar. Tinggal buka HERE Maps, terus bakalan tau deh lokasi kita ada dimana. Kecuali kalo sobat ngak pandai baca peta, di jamin bakalan tetep puyeng deh buka HERE Maps, he..he..he.. (satpam mana satpam? XD)

ilustrasi dari http://www.talkandroid.com/274809-here-maps-takes-a-swipe-at-google-maps-with-new-offline-capabilities/
Selain fitur peta yang bisa di download, peta dalam Mall, ada lagi nih fitur keren dari HERE Drive+ yang sering gue pake kalo gue lagi cari alamat. Yakni fitur navigation voice yang juga bisa di download. Ukurannya sangat kecil pula, cuman 4 MB-an. Plus ada pilihan voice bahasa Indonesia. Jadi, kalo gue lagi pake motor, bisa tuh taro handphonenya di tas atau kantong celana, setelah itu pakai handsfree kemudian tinggal denger deh suara si navigator. Mau belok ke kiri kapan, belok ke kanan kapan, jaraknya tinggal berapa meter lagi. Mantap deh.

Oh ya, fitur HERE Maps sama HERE Drive+ itu baru gue coba di daerah Jakarta aja ya sob. Untuk daerah selain Jakarta silakan di coba sendiri. he.he..he.. (Kalo ngak punya Windows Phone gimana kang hilmy?), gampang, kalo sobat pakai Android, download aja di Play Store. And kalo pakainya iPhone, ya download aja di iTunes. Terus di coba deh. Walau gue yakin hasilnya ngak sebagus yang di Windows Phone. (hanya berbekal keyakinan alias tanpa riset. XD)

Tapi ngomong-ngomong dah kayak abang tukang ojek online aja iya ngak?, sering banget pakai fitur peta di smartphonenya. Tapi gue udah dari dulu pakai fasilitas ini kalo mau ke alamat yang gue belum tau lokasi persisnya dimana.
Cortana di Windows Phone. Gambar dari http://www.theverge.com/

CORTANA

Kalo di Android ada Google Now, di iPhone ada siri, maka di Windows Phone ada Cortana.

Kalo sobat terbiasa pakai fitur asisten virtual di smartphone, saya yakin sobat sudah tau betul fungsi dari asisten virtual ini.

(emang fungsinya apa kang?)

waduh, sobat beneran ngak tau nih?, apa pura-pura ngak tau?, yaudah deh tak kasih tau deh.. (mulai bicara-bicara sendiri he..he.. XD)

Kalo sobat dengar kata asisten, apa yang ada di benak sobat?, si tukang catat?, si tukang atur jadwal?, si tukang ngingetin?, si tukang bangunan (LOH? XD). Ya semacam itulah sob, tapi bukan yang si tukang bangunan ya XD.

Seperti asal muasal kata asistan yakni assist (dari bahasa Inggris) yang artinya bantuan. So, asisten (bahasa kerennya pembantu) ini kerjaannya ya bantu-bantu kita gitu loh sob. Sama halnya dengan fitur dari asistan virtual 'Cortana'. Aplikasi ini bisa memberikan bantuan kepada kita seperti, membuat panggilan, mengirim atau membalas pesan, membuat jadwal, membuat pengingat, membuat catatan, mengatur alarm, memutar musik, dsb. Bahkan kita bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan. Seperti What is the tallest mountain in the world? alias apa sih gunung tertinggi di dunia?, maka ia akan menjawab Mount Everest yang artinya gunung everest adalah gunung tertinggi di dunia.

Headset dengan mic yang sering
 gue pake buat
HERE Drive+ dan Cortana
Yang gue suka dari Cortana ini ialah, pas gue pakai headset di jalan (headset yang ada mic sama tombol play/pause nya ya) terus gue mencet tombolnya agak lama, maka si asisten virtual Cortana langsung siap dengerin perintah suara dari gue. Jadi, pas gue lagi make motor di jalan, mau sambil denger alunan musik, langsung aja bilang "play music". Bisa juga bilang "play song", "play random song", "play depapepe" (karena ada musik gitar dari depapepe di smartphone gue, jadi gue bisa play sesuai dengan nama album, artist, musik maupun playlistnya).

Belum lagi kalo ada sms masuk. Si Cortana langsung ngomong melalui headset (kalo ngak salah dia ngomong begini) "Yo've got new message, read it or igrone?". Kalo mau minta tolong bacain tinggal ngomong "read it". Kalo ngak mau tinggal bilang "Igrone", atau abaikan aja (nanti dia ngambek, terus berhenti ngomong XD)

(Kalo dapet telepon pas di jalan gimana kang hilmy?)

Ya ampun, urusan gitu aja masih dimanjain sama Cortana. Pencet aja tombol di headset, nanti juga langsung bisa jawab panggilan telepon. XD

(Kita udah pake Windows Phone nih kang, tapi kok ngak ada Cortananya ya?)

Untuk saat ini, Cortana baru mendukung region US aja sob. Jadi kalo sobat mau panggil si asisten virtual Cortana, sobat harus ubah region sobat ke US. Plus baru dukung suara berbahasa Inggris aja. Tapi ngak apa-apa kan?, sekalian belajar ngomong bahasa Inggris walau Inggrisnya bukan yang UK, tapi US alias bukan Inggris British tapi bahasa Inggrisnya orang Amerika

MULTIMEDIA

Xbox Music


xbox music di Windows Phone gue
Ngak lengkap rasanya kalo smartphone ngak ada aplikasi pemutar suara. Untuk aplikasi pemutar musik di Windows Phone sih standar-standar aja. Bedanya paling di antarmuka alias GUI yang kalo di panjangin jadi Graphic User Interface yang terkesan simple dan khas.

Bedanya paling di pengaturan audionya aja, pada Windows Phone ada pilihan Virtual Surrond kalau kita colokan headset atau speaker melalui jack audio pada Windows Phone. Terus juga ada equalizer buat mengatur suara yang keluar.

Yang gue suka dari xbox music ini ialah fitur sinkronisasinya yang terintegrasi dengan HardDisk online alias OneDrive. Jadi, kalo sobat punya kuota internet berlebih (atau nebeng WiFi gratisan :D), sobat bisa sinkronisasi koleksi musik sobat antara smartphone dengan berbagai perangkat seperti tab, laptop, maupun PC, dengan catatan OSnya minimal sudah Windows 8.1.

Kebetulan nih laptop gue hanya bisa mendukung windows 7. Jadi ngak bisa pakai fitur sinkronisasi secara online. Tapi gue bisa manfaatin fitur sinkronisasi secara offline pakai Windows Media Player.

Windows Media Player yang siap sinkronisasi koleksi musik dari Laptop ke smartphone gue
Koleksi musik di laptop emang banyak banget. Ada musik yang asik buat di dengerin sehari-hari, ada juga musik untuk keperluan video editing. Jadi semuanya harus di pisah-pisah. Akhirnya gue bikin kiranya 5 playlist di laptop gue. Terus kalo gue mau dengerin di smartphone, tinggal manfaatin fitur sinkronisasi Windows Media Player aja deh.

(Caranya gimana kang?)

Karena saat ini gue lagi males ngejelasin. Silakan sobat googling sendiri ya. XD

KAMERA



Smartphone gue Lumia 535, dengan resolusi kamera sebesar 5 MP. Tidak besar, namun juga tidak terlalu kecil, alias sedang-sedang saja. Walau begitu, gue merasa fun banget karena fitur-fitur kameranya mantap, sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas super.

Baik mengambil foto ataupun merekam video. Walau dengan resolusi standar, tapi kualitas gambar yang dihasilkan super mantap. Jadi berasa kayak make kamera profesional gitu sob.

Berikut ini gambar-gambar hasil capture pakai Lumia 535, subagai bukti dari kualitas gambar yang bagus :

Masjid BI.

Berawan

Es Kelapa. Dokumen Pribadi

Alat penhitung. Dokumen Pribadi

bermain dengan fokus kamera. Dokumen Pribadi

Makanan khas purbalingga. namanya gue lupa, tapi ini enak banget deh sob.

Jalan Pemuda, di belakang kampus UNJ

Berawan 
Gundam penuh debu
Semua foto-foto di atas gue ambil pakai kamera Lumia 535 dengan resolusi 5 MP aja loh sob. Gimana keren kan?,

GAMES

Tak bisa dipungkiri, banyak orang Indonesia membeli smartphone kemudian langsung menginstall berbagai macam game. Tapi perlu di ingat ya sob. Bermain game boleh-boleh saja, asal jangan sampai lupa waktu ya.

Oke, lanjut ke pembahasan. Windows Phone ini berbeda banget kayak OS Android, yang makin naik versinya, rasanya makin berat alias butuh hardware yang lebih mumpuni. Windows Phone, dapat berjalan baik dengan hardware yang standar. Misalnya dengan hanya bermodalkan RAM atau memori 512 MB-an. Windows Phone tetap lancar jaya. Sekalipun itu versi 8.1. Dan yang paling mantap ialah, nanti bakalan ada versi Windows Phone 10 untuk perangkat-perangkat lumia jadul, termasuk perangkat lumia dengan RAM yang hanya 512 MB-an. Untuk lengkapnya, silakan sobat cari tau sendiri ya di situs resmi Microsoft. :D

Kalo Lumia 535 yang gue pake gimana dengan gamenya?

Game Asphalt 8 Airbone dengan size kisaran 1,3 GB
Berhubung RAM pada Lumia 535 1 GB, maka bolehlah gue uji coba game yang ukurannya lumayan mantap. Sebut saja 'Asphalt 8 Airbone'. Saat mendownload, ukurannya di store kisaran 800 MB-an. Belum habis sampai di situ. Seusai install, kemudian gue buka gamenya, dia download lagi databasenya kisaran 500 MB-an. Untungnya, game di atas 100 MB hanya bisa di download via WiFi. Jadi, pas gue download, gue lagi nebeng WiFi gratis di kantor temen gue. he..he..he..

Kisaran 1,3 GB gue download game 'Asphalt 8 Airbone', Habis itu langsung gue coba deh, hasilnya Alhamdulillah super duper lancar. Walau setelah lama bermain, smartphone terasa hangat, bahkan cenderung panas. (Waduh :O)

-----------------------------------------

Selain berbagai macam hal yang sudah gue jelaskan tadi (jelaskan?, bukannya tuliskan ya? XD), Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan dengan Windows Phone. Diantaranya, membantu pelatihan olahraga, mencari arti kata dalam kamus, membaca berita, konversi mata uang, lihat jadwal siaran sepak bola, dsb.

Namun, gue rasa ini aja deh hal paling esensial alias penting aliasnya lagi, yang sering gue lakukan buat membantu pekerjaan-pekerjaan plus refreshing gue sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya :D

Comments

  1. Lengkap bangetngetnget, Kak. Hahahaha btw, tanda bacanya kurang deh, Kak. Kalo udah, perfect-lah.

    ReplyDelete
  2. kini kita hidup bersama handphone yang pintar, semakin lama semakin canggih

    ReplyDelete
  3. dan windows phone benar-benar sangat hebat dalam segi security.....

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D