[Tips] Membuat Soto Ayam dari Chef Wina

Dokumen Pribadi Chef Wina
Assalaamu'alaaykum sobat pembaca setia Hilmy Note's. Sesuai komitmen kakak kelas gue di UNJ. Tapi ngomong-ngomong tau ngak komitmenya apaan? hayo tau ngak? kalo belum tau baca dulu postingan gue yang Tips cara membuat Brownies dari Chef Wina deh.


Oke kalo udeh tau. Langsung aja deh gue share.
Oh ya, ini gue share tapi udah atas persetujuan Chef Wina loh. Karna kan sayang. Kalo cuma share di Facebook aja, nanti ngak ketemu sama indexnya mbah google. Jadi gue saranin ke chef Wina buat di arsipkan juga di blog. Tapi mungkin karena waktu dari chef Wina (yang katanya) super ngak sempet alias (kayaknya) ngak nyempetin nge-blog, jadi arsipnya pindah deh ke blog gue deh.

Oke deh, ngak usah basa-basi lagi ini dia resep dan cara buat Soto Ayam ala Chef Wina :
(harap di ingat, bagian ini murni repost alias postingan ulang dari status Facebooknya chef Wina)

"Karna lagi musim ujan saya cba share sotoayam dulu yaaa ..

Bahan Bahan Soto Ayam :
- 1/2 ekor Ayam (rebus dengan air dan beri bawang putih)
- 3 butir telur rebus
- Tauge, secukupnya
- Kol di iris tipis, secukupnya
- Bawang merah goreng, secukupnya
- Jeruk nipis
- Daun bawang dan seledri, iris halus
- Tomat besar potong sesuai selera

Bahan Bumbu Soto Ayam :

- 2 cm Lengkuas, memarkan
- 1 batang Sereh, memarkan
- 5 lbh daun salam
- garam, secukupnya
- gula, secukupnya
- merica, secukupnya

Bahan Bumbu Soto Ayam (dihaluskan) :
- 8 butir Bawang merah
- 5 siung Bawang putih
- 2 cm Jahe
- 2 cm Kunyit
- 5 butir Kemiri

Cara Membuat Soto Ayam :
1. Suir suir ayam yang sudah direbus, taruh wadah.

2. tumis bumbu halus, salam sereh dan lengkuas sampe wangi, lalu masukan ke dalam kaldu ayam hingga mendidih (ambil kaldu ayam dari rebusan ayam tadi) , , masukan garam, gula, merica hingga rasanya sudah pas.

3. Siapkan mangkuk lalu susun kol, tauge, suiran ayam, telur rebus, tomat, kemudian siram dengan kuah soto, dan taburi dengan bawang merah goreng, daun bawang, daun seledri diatasnya lalu tambahkan dengan perasan jeruk nipis bila suka
4. Sajikan dengan Sambal, kerupuk/emping/karak….

Penulis resep dan cara buat : Chef Wina Viona

Comments