Assalamualaikum, Beijing. Assalamualaikum Harapan.. XD

Assalamualaikum Beijing. Banyak banget nih publikasinya di internet. Terutama di facebook dan twitter. Mungkin karena gue di facebook nge-like fans pagenya Asma Nadia kali ya. Dan di twitter juga follow akunnya mba Asma Nadia.


Jujur, gue jarang banget baca buku-bukunya Asma Nadia. Gue lebih suka baca buku yang genrenya teknologi. Terutama tentang IT. Tapi kadang-kadang di selingi novel juga sih. Ini juga suka novel baru-baru ini. Gara-gara gue deket sama temen-temen yang suka baca novel juga kali ya. (Mana gue tauu... XD)

Ngeliat saking banyaknya promo di media sosial. Gue jadi makin penasaran sob. Belum lagi mpoknya alias kakaknya Asma Nadia, yakni Bunda Helvi Tiana Rosa, yang juga dosen jurusan bahasa Indonesia di kampus gue UNJ. Juga buat resensi ini film (Cek di : http://sastrahelvy.com/2015/01/03/assalamualaikum-beijing-assalamualaikum-film-bermutu/). Ada lagi tulisan kakak tingkat gue dari UNJ. Bang Inggar. (Cek di : http://wasathon.com/humaniora/view/2015/01/12/jalan-panjang-mencari-hidayah-analisis-film-assalamualaikum-beijing). Emang sih, gue ngak baca semua tulisannya he..he..he.. (Sory nih bang..). Tapi berkat bang Inggar, Bunda Helvy, dan banyak pula yang menulis resensi tentang film Assalamualaikum Beijing ini. Bener-bener bikin gue makin penasaran. Sebagus apa sih film ini. Kok di internet sampe heboh gitu.

Namun, dilema muncul ketika gue bingung mau ajak siapa buat nonton film ini. Awalnya gue ajak temen kosan gue izhar. Tapi katanya si izhar ngak bisa dateng. Yaudah deh, gue ajak temen kosan gue yang lain. Bang Ragil. Tapi cuman senyum-senyum tanpa harapan.

Makin pudarlah minat gue buat nonton ini film. Tapi tetep bikin gue makin penasaran. Karena hampir setiap hari, di home Facebook gue sama di beberapa web. Ada aja resensi ataupun sekedar jokingan dari film Assalamualaikum Beijing ini.

Sekitar 2 hari yang lalu, temen-temen BEM FT UNJ periode 2014 mau ngadain nobar alias Nonton Bareng. Tapi bukan yang Assalamualaikum Beijing. Melainkan "Di Balik 98". Karena ini demi kekeluargaan BEM FT UNJ. Gue tetep pengen ikut, walaupun khawatir harga tiketnya lumayan bikin kantong gue menggerutu. (Karena biasanya harga tiket nonton sekitar 30rb-35rban sob).

Kemarin malam, temen gue pengurus BEM FT UNJ periode 2014 upload jadwal film yang ada di bioskop 21 di mall Arion. Kayak gini nih gambarnya :


Pas gue liat jadwal film. Ternyata selain yang 'Dibalik 98', ada yang 'Assalamualaikum Beijing'. Wah kesempatan nih.

Jadi gue berniat untuk kumpul bareng temen-temen gue di mall Arion. Beli tiket barengan. Tapi pintu masuknya beda (tau kan maksud gue... XD).

Tunggu-tunggu, kalo temen gue masuk ke film 'Dibalik 98'. Terus gue sendirian yang di pintu sebelahnya. Ini mah ketauan banget, JOMBLO pengen dapet inspirasi.

Setelah di pikir-pikir kembali. Gue memutuskan untuk mengajak kembali bang Ragil (yang ngekos sebelah kamar gue), buat nemenin gue nonton. Dan ternyata, tanpa di duga bang Ragil setuju. Thank's Banget bang. Semoga loe bisa cepet dapet jodoh. Aammiinn...

Rencana buat kumpul bareng udah siap. Bang Ragil juga udah siap buat nemenin gue nonton Assalamualaikum Bejing. Tapi eh tapi, ternyata temen-temen gue di BEM FT UNJ 2014. Ngak jadi nonton bareng. Karena peminatnya kurang dari 5 orang. Padahal tiketnya lagi 20rb. Tapi mungkin emang lagi pada ngak bisa kali ya.

Temen ngak pada jadi Nobar alias Nonton Bareng. Terus gue?

Tetep jadi nonton Assalamualaikum Beijing. Kan udah ada bang Ragil yang mau nemenin gue. he..he..he..

Singkat cerita, gue dan bang Ragil berhasil beli tiket film Assalamualaikum Beijing. Tapi masih ada waktu sekitar setengah jam lagi. Jadi kita mutusin  buat isi perut dulu deh. Soalnya perut udah demo nih sob.

Tiket nonton Assalamualaikum Beijing plus menu makanan tempat gue sama bang Ragil makan
Bubur pesenan
Berhubung gue males nyeritain tiap gigitan bubur ayam yang gue beli. Jadi gue mau singkat lagi ceritanya. XD

Akhirnya, setelah kurang lebih 15 hari setelah launching film Assalamualaikum Beijing. Gue bisa juga nonton ini film. Tapi bareng temen gue. Soalnya, kalo nontonnya sendirian males banget bener dah. Udah JOMBLO (mas itu CAPS LOCKnya kepencet XD), terus nonton film ini sendirian. Wah, itu mah malah bikin ngiri sama yang udah duluan. (tau kan maksudnya. He..he...he..)

(Buat bunda, kalo baca tulisan hilmy yang ini. Bukan berarti hilmy mau buru-buru ya.... )

Kembali lagi ke cerita...

Assalamualaikum Beijing, film yang menurut gue (yang gue sama sekali belum pernah baca novelnya). Sangat bagus alias "aaaajjiiibbb bangetz deh". Apalagi buat para JOMBLO (mas kok itu CAPS LOCKnya kepencet lagi XD). Biar ada semangat gitu. He..he..he..

Jadi inget ada yang share gambar Assalamualaikum Beijing tapi di plesetin jadi "Assalamualaikum Bujang. Jika tak kau temukan cinta, biarkan MR alias murabbi yang mencarikannya. He..he...he...


Film ini berlatar belakang negeri tirai bambu. Jadi proses pengambilan gambarnya bener-bener di Beijing nih sob. Widih, keren banget dah. Kagum ngeliat ke indahan kota Beijing dari sudut gambar film ini.

Assalamualaikum Beijing. Menceritakan mengenai perjalanan panjang 'Asmara' untuk menggapai cinta hakiki. Tidak seperti kebanyakan film romantis di Indonesia. Film Assalamualaikum Beijing ini, selain mengangkat tema romantis, juga mengangkat tema religi. Sehingga dapat mengubah sebagian paradigma orang Indonesia, kalau cinta itu ngak mesti harus pacaran. Ngak mesti harus pelukan. Dan yang lebih parah, bukan mahram tapi sampe cium-cium ngak jelas. Daripada cium-cium ngak jelas, mending cium tangan bunda sama ayah aja. setuju ngak sob.

Sumber gamber : Fans Page Asma Nadia
Di awal cerita, Asmara, Tokoh utama di film Assalamualaikum Beijing. Hendak melangsungkan pernikahan dengan pria idamannya. Dewa. Namun, beberapa hari menjelang pernikahan. Ternyata dewa sudah memiliki pacar. Dan yang lebih parah. Sampe hamil itu pacarnya. (ihh.. gue mah say Na'udzubillah aja..). Akhirnya, pernikahan itu batal.

Walau perih. Asma, sapaan akrab dari Asmara. Tetap ingin 'move on'. Salah satu usaha Asma untuk 'move on' ialah dengan pergi bekerja di salah satu kantor berita Indonesia yang cabangnya ada di Beijing.

Sambil sedikit demi sedikit belajar bahasa Tiongkok. Asma ditemani oleh seorang guide mengelilingi kota Beijing untuk mencari sumber berita.

Dengan bermodalkan kamera, alat perekam dan alat tulis. Plus panduan dari seorang guide. Asma berkeliling kota Beijing untuk mencari sumber berita yang bisa ia tulis.

Asma yang berkeliling Beijing ditemani dengan seorang guide (Sumber Gambar : Fans Page Asma Nadia)

Di Beijing, Asma secara kebetulan (atau mungkin karena takdir ya..) berkenalan dengan Zhong Wen. Acara saling kenalan ini terjadi bermula ketika Asma panik, karena khawatir halte bus tempat seharusnya Asma turun, terlewat. Namun, Zhong Wen dengan tulusnya memberitahu kepada Asma, kalau halte tempat Asma seharusnya turun, masih jauh di depan, melewati 2 halte lagi.
Berawal dari pertemuan Asma dan Zhong Wen di bus inilah. Kisah perjalanan cinta Asma di mulai kembali.
Yang menarik ialah, Zhong Wen yang non muslim. Bisa tercerahkan dan menjadi muslim berkat Asma.

Teringat akan perkataan kang Ridwan (Salah satu karakter di film Assalamualaikum Beijing) : "Banyak yang meninggalkan Iman karena cinta, yang penting Iman, biar kebelakangnya ngak ribet."

Sumber gambar : Fans Page Asma Nadia
Ada lagi nih kata-kata inspiratif yang di ambil dari dialog Asma bersama dengan sahabatnya, pas banget deh buat para JOMBLO (mas itu CAPS LOCKnya kepencet lagi. XD).

"Kalo jodoh ngak lari kemana, gak perlu di kejar dong!"

"Kamu harus kejar supaya jadi jodoh beneran"

Sumber Gambar : Fans Page Asma Nadia
Gimana nih sobat semua yang masih pada JOMBLO. Gue saranin buat segera nonton film ini. Siapa tau langsung ketemu jodohnya. he..he..he..

Oh ya, ini ada OST sekalian preview dari film Assalamualaikum Beijing. Siapa tau sobat tertarik. he..he..he..



Oke, Sekian dulu cerita dari gue. Jangan lupa nonton ya sob. Soalnya ceritanya sumpeh deh. Bagus banget.

Next Waiting. Film 'Ketika Mas Gagah Pergi" dari novel bunda Helvy.

Thank's for Visit. And See you

Comments