Voice Assistant battle, siapa yang terbaik?

Gambar dari https://www.cnbc.com/2016/06/09/this-is-what-happens-when-you-try-siri-google-now-cortana-and-s-voice-at-once.html
Halo sobat semua, salam jumpa lagi dari gue. Oh ya, sebelum lanjut, gue minta do'anya ya dari sobat semua. Semoga semester ini gue bisa lulus S1 segera. Aaammiiinn... Dan mohon maaf ya, bila makin jarang update artikel. Maklum, lagi sibuk2nya ngejar jam tayang alias penellitian. he..he..he..

Oke lanjut..,

Pada postingan gue kali ini, gue akan bahas mengenai Voice Assistant. (Apa tuh kang? terus kenapa harus bahas itu?). Oke santai, santai, ini gue mau jawab satu-satu.. Check it out
Yang pertama, apa sih Voice Assistant?

Apa hayyooo... Gue yakin sobat semua sudah pada pintar.... eh salah, maksud gue cerdas. Soalnya, orang "pintar minum T*lak An*in". XD

(Apa sih ini kang hilmy, ngak jelas banget. Jadi jawab pertanyaan kita-kita ngak nih kang?)

Oke..oke.. sabar sob. Hidup itu harus sabar, karena orang sabar... ya... sabar.

Lanjut deh, daripada makin ngak jelas. Oke, kalo langsung di artikan dari bahasa Inggris. Voice Assistant yang artinya asisten suara. (Asisten suara? kok suara punya asisten?). hayoo, makin  bingung kan. XD

Sebenernya nama yang pas adalah Virtual Assistant alias asisten virtual. Cuman karena kita bisa nyuruh-nyuruh itu si mba atau mas asisten virtual pake suara, jadi makin ke sini di kenal juga sebagai Voice Assistant. Kalo sobat sudah tau Voice Assistant adalah asisten virtual. Gue yakin sobat udah tua eh tau .. kan :D

Kalo sobat masih ngak tau juga, coba sobat buka smartphone sobat. Terus buka Google Apps, klik tombol bergambar mikrophone, terus bilang, "Apa sih asisten virtual?"...

(setelah itu, gue coba beneran di smartphone gue. Eh yang keluar malah ini.. :


Waduh, kok yang keluar ngak sesuai ekspetasi ya. he..he..he..)

Intinya, yang gue maksud itu asisten virtual yang ada dalam bentuk artificial intelligence alias kecerdasan buatan. Contohnya ya kayak gambar di atas. Pas gue bilang apa itu virtual asisten, eh si doi alias si mba google langsung jawab.

Lanjut ke pertanyaan kedua, kenapa gue bahas soal Voice Assistant. Karena teknologi Voice Assistant ini lagi rame banget atau bahasa kerennya populer di kalangan pengembang teknologi. Macam Google, Microsoft, Apple, sampai ke perusahaan jualan online macam Amazon juga ikutan bikin.

Nah, karena ini nih. Akhirnya gue memutuskan untuk meluangkan postingan mengenai Voice Assistant.

Asisten virtual (kecerdasan buatan) ini ngak cuman Google Apps Lho sob. Malah Google buat yang lebih canggih dari Google Apps. Yakni, Google Assistant yang cuman ada di lini smartphone Google Pixel. (sedih .. sedih.. gimanaa gitu, karena hape Xi*mi jadul gue ngak bisa). Selain Google Apps dan Google Assistant, ada juga Cortana dari Microsoft, terus ada Siri dari Apple, yang terbaru ada Bixbi dari Samsung.

Sebenernya masih ada lagi yang lain. Kalo sobat penasaran, coba aja cari di Play Store atau iTunes. Terus tinggal pilih deh. Tapi saran gue sih mending jangan di instal. Lebih baik pakai Voice Assitant bawaan aja. Soalnya kalo pake Voice Assitant pihak ketiga (hasil download dari Play Store atau iTunes), privasi kita jadi bermasalah sob. Berbagai macam data, kayak suara, lokasi, riwayat pencarian, sampai isi dalam smartphone bakal di koleksi sama Voice Assistant pihak ketiga. Terus bakal di apa-in tuh data kita ngak tau kan?

Lanjuutt.,

Gue sendiri sih baru nyoba Google Apps, Google Assistant (dari aplikasi Google Allo), sama Cortana (versi mobile dan versi dekstop). Lumayan seru sih, gue bisa nyalain musik, buka kamera, nyari petunjuk arah, sampai kirim sms hanya pake perintah suara alias gue cuman tinggal ngomong doang eh si doi (smarphone) langsung kerja. Kan lumayan, jari jemari gue jadi bisa istirahat. he..he..he...

Tapi gue penasaran nih, Voice Assistan mana yang lebih keren. Jadi gue coba searching di YouTube. dan nemu video yang ngebandingin 4 Voice Assistant.

Sobat mau tau? apa aja sih Voice Assistant yang dibandingkan? terus yang mana yang lebih baik? yuk simak.. :D (oh ya, videonya berbahasa Inggris yee.. )



Comments