Belajar 3D pake blender plus Unity

Membuat animasi menggunakan Blender
Halo sobat semua, sudah lama banget ya gue ngak posting artikel lagi. (he..he...he...). Maklum lagi sibuk, (sibuk apa nih?) sibuk mencari kesibukan (Lohh...) alias lagi males plus emang sekarang lagi banyak agenda sob. sory yee.


Oke langsung saja, jadi pada postingan gue kali ini. Gue hanya akan menceritakan pengalaman gue belajar aplikasi blender plus Unity. So, di postingan gue kali ini gue ngak bahas tuh yang namanya "Tutorial blender". (yaahhhh... => kecewa mode ON). Tapi tenang sob, pada bagian akhir di postingan gue kali ini, gue udah menyertakan link tutorial blender yang gue buat sendiri. Cuman, karena masih awal banget, ya ngak usah berharap banyak ya. Karena gue baru cuman buat 1 video. Yah, walaupun nantinya gue berniat untuk nambah lagi video tutorialnya.

Sip deh, udah dulu basa - basinye. Langsung aja yuk masuk ke inti cerita gue :D

Cerita ini bermula sekitar 6 bulan lalu, ketika gue baru nyadar kalo SKS yang gue ambil itu kurang. (LOH KOK BISA!!). Nah itu dia, sempet gue cek - cek lagi dan ternyata semua mata kuliah wajib udah gue ambil. Terus, yang jadi pertanyaan ialah, kok bisa gue masih kurang SKSnya?

Selidik demi selidik, akhirnya gue nanya sama temen gue yang udah lulus duluan (AAhhhh... rasanya gimanaaa gitu.. nanya ke temen, tapi temen udah lulus duluan... (>̯┌┐<) ). Katanya temen gue (yang udah lulus itu), emang SKS mata kuliah program studi angkatan gue itu kurang. Jadi harus nambah mata kuliah pilihan. Oalaahhh..., ya sudahlah. Semua telah berlalu.

Singkat kata singkat cerita. Gue ambil 2 mata kuliah tambahan. Salah satunya yakni mata kuliah "Animasi Komputer Lanjutan". Lumayan, selain bisa nambah SKS, bisa juga nambah ilmu baru. Karena gue jarang banget mainan entuh yang namanya animasi.

Bener aja, pas gue masuk entuh kuliah. Ehh.. materinya mengenai animasi 3D. Mulai dari modelling  3 dimensi alias membuat model 3 dimensi, membuat pemandangan real, sampai membuat mini game 3 dimensi. Dalam hati, waduh ini kayaknya bakal repot deh. Kelihatannya susah banget deh bro. Apalagi gue belum pernah jajal aplikasi 3 dimensi. (Kalo kata cewe mah " Ooo Emmm Jiiii" XD )

Karena belum familiar pake aplikasi pembuatan objek 3 dimensi. Gue nanya deh ke dosen, aplikasi apa yang paling mudah di mengerti. (dengan melempar kembali pertanyaan ke murid yang lain di buatlah kesimpulan), coba pakai blender saja. Terus gue coba tanya ke temen gue yang dulu pernah ikut kuliah animasi komputer lanjutan ini. "Pakai blender aja my (karena panggilan gue hilmy)". "ukurannya ringan plus gratis lagi". Weh boleh tuh, jadi laptop gue ngak ngelag-ngelag amat. Ha..ha.. :D

Langsung aja, gue menuju website (blender.org) buat download itu software blender. Dan uwaww, aplikasinya ngak nyampe 80 mb (saat itu masih versi 2.78c ya sob). 

Tampilan awal blender 2.78c
Lanjut deh coba2 pake aplikasi blender ini. Tapi kok namanya kenapa blender ya? apa karena yang buatnya suka pake blender buat bikin bumbu masak dapur ya? O_0 .Tapi ya apalah arti sebuah nama, mungkin itu yang terlintas dalam pikiran si pembuat software ini ya.

Cukup bercandanya. balik lagi yuk ke cerita gue.

Jadi, pas masuk langsung di kasih proyek buat UTS. So, inti dari soal UTSnya ialah. Di minta buat model manusia real. Dalam hati gue, "waduh ini proyek kayaknya sulit deh". (Ya ialah dibilang sulit, orang nyentuh itu software aja belum). Baru deh, gue download, install, cari tutorial di YouTube, Copy tutorial dari temen sekelas, dan langsung praktek. Well, ternyata ngak sulit2 amat. Karena tutorialnya banyak banget beredar di Youtube.

Karena tugas utamanya ialah membuat karakter manusia real. Gue lihat - lihat deh tutorialnnya di YouTube. Dan ternyata "keliahatan" susah beuuud. Jadilah, gue cari tutorial membuat karakter anime, hanya saja bentuknya mendekati manusia real.

Gue lagi buat tugas modelling karakter
Alhamdulillah, pengerjaannya sedikit males-malesan. Sampai jadinya ngak sempurna. He..he..he.. Untungnya dosen ngasih tugas tambahan buat yang tugas modellingnya belum kelar.

Selain tugas individu membuat karakter. Ada juga tugas kelompok. Nah, untuk tugas kelompok ini, pake aplikasinya bukan blender nih sob. Melainkan Unity. Untung aja ada versi gratisnya. Walau agak berat di laptop, tapi Alhamdulillah masih bisa di pake.

Ketika gue lagi kumpul buat tugas kelompok membuat game. Temen gue nawarin kerjaan ngelatih 3D di salah satu SMA swasta. Kayak gini obrolan gue sama temen gue:
(CAUTION karena gue lupa detail percakapannya kayak gimana, jadi gue karang aja sesuai yang gue inget)

Game balapan bikinan sendiri (banyak pake model bikinan orang :D)
"bro, bagus nih buat game."

"Ya, Alhamdulillah, banyak tutorial. Jadi bisa belajar."

"Ente mau ngak ngajar ekskur (ekstrakulikuler) 3D." "kan kalo pelatihan 2D, kayak photoshop, CorelDraw, dkk udah mainstream tuh. Yang masih jarang itu 3D, jadi anak2 (Siswa) pasti tertarik tuh"

"waduh ini aja ane masih belajar."

"ngak apa2, orang dulu si fahmi (anak TIK juga) aja ngajarin desain grafis sembari mengajar".

(Gue merenung sejenak, terus melintas ide di kepala gue. Oh ya, sekalian aja deh manfaatkan untuk penelitian skripsi gue.) "nanti ya, kalo nilai udah keluar. Jadi nanti kalo udah pasti ngak ada yang mau di ulang ane hubungin ente lagi deh." (Dengan rada ragu, gue mengiyakan permintaan temen gue)

Pada akhirnya, nilai gue alhamdulillah aman. Jadinya, gue setuju untuk bantu melatih belajar objek 3 dimensi.

So, inilah awal mula perjalanan gue membuat video tutorial modelling 3d pake blender. Inget ye, hanya sebatas sampai modelling tutorialnnya. :D

Nanti kalo ada yang request, mungkin akan gue pikir ulang.. he..he..he..

Oke, thanks buat sobat yang udah baca. And See You On The Next Post

Oh ya, untuk tutorial yang gue buat sobat bisa cek di : https://www.youtube.com/watch?v=SY1OzEOlp94&list=PLJyniArwMUVG-txD5IO-7MHZABKXcSXe5

video pertama gue :

Comments