Google Chrome : 5 Ekstensi yang patut di coba buat kamu para blogger

Saturday, February 11, 2017

Tampilan Chrome Web Store
Halo, apa kabar sobat semua. Semoga sehat dan selalu dalam rahmat Allah SWT. Kali ini gue alias kang Hilmy mau kasih - kasih info nih. Terutama buat kamu - kamu yang sering banget berkutat di dunia pemblogeran. 

Infonya apa nih kang? mau tau?, oke, ini dia info dari gue...
5 Ekstensi Google Chrome yang patut di coba buat kamu para blogger

Nomor satu, ColorPick Eyedropper

ColorPick Eyedropper
Apa tuh ColorPick Eyedropper?,
Bagi sobat yang pernah nyicipin software - software desain grafis (apalagi yang suka dunia web developer), mungkin kenal dekat dengan si 'kode warna'. Lantas apa hubungannya dengan seorang blogger? (ini gue nanya sendiri, jawab sendiri XD)

Hubungannya ialah seperti 'menaburkan secercah tinta hitam pada kertas putih, kemudian di transformasikan menjadi beberapa huruf, lalu di sambung menjadi kata, sehingga terbentuklah kalimat demi kalimat yang menjadi sebuah paragraf. bla...bla...bla... Pada akhirnya, lahirlah maha karya berupa postingan pada blog (Lhoo... :D)

Ehemm, maksud gue begini. Sobat (yang tentunya seorang blogger) pernah kan utak - atik yang namanya template?, Template yaaa, bukan tata letak (layout). Nah, sobat pasti nemu button (tombol) edit html (kalo sobat pake blogger). Begitu di klik, langsung deh muncul rentetan kode - kode html dari template yang kita gunakan di blog kita. Nah, salah satunya ya termasuk 'kode warna'. Yang fungsinya, tentu menentukan warna apa yang akan kita gunakan pada bagian tertentu di blog atau web kita.

ColorPick Eyedropper untuk melihat kode warna pada web
ColorPick Eyedropper inilah yang memiliki fungsi untuk mengetahui kode warna apa yang digunakan pada suatu website. Karena, kadang kala ketika kita surfing di internet, ada saja website yang tampilannya 'sungguh memikat hati' (ciee ileehh bahasanya., lebay seribu kata :D). Lalu ingin memakai warna yang di pakai website tersebut, untuk juga di terapkan pada bagian blog/website kita. Betul ngak?

Cara pakai ekstensinya gimana nih kang?

oohh gampang, cukup klik aja logo ColorPick Eyedropper, terus arahkan kursor ke tempat/bagian yang kode warnanya ingin sobat ketahui. Gimana?, mudah bukan?

(sstt... buat yang mainan Photoshop, sumpah dah, berguna banget ini tools)

Link downloadnya : https://goo.gl/LSNB4n


Lanjut, Evernote Web Clipper

Aktivitas Kliping artikel blog menggunakan Evernote Web Clipper
Membaca merupakan kegiatan sakral yang HARUS, MESTI, dan WAJIB di lakukan oleh para blogger. Apalagi sebelum memposting sebuah artikel. Seorang blogger tentulah mempersiapkan segala macam bahan berupa artikel atau bahan bacaan lainnya, untuk ia racik kembali menjadi sebuah postingan pada blog mereka. Agar postingan yang mereka (para blogger) buat, memiliki konten yang padat akan kualitas.

Aktivitas membaca untuk mencari informasi, banyak gue lakukan melalui media internet. Banyak banget deh sumber informasi yang bisa gue dapat. Apalagi kalo berkaitan dengan tutorial blogging. Ada ribuan bahkan mungkin jutaan informasi yang bisa gue dapat (walau banyak juga gue temukan artikel fotocopy alias plagiat, hhmm... :'(  ).

Dalam proses pencarian bahan untuk posting di blog (membaca artikel di web/blog/sosmed), ada saja gue dapet artikel yang, hhmm... kalo secara isi sih bagus buanget. tapi ada aja yang 'font'nya bikin sakit mata-lah, kebanyakan iklan-lah, atau mungkin tidak bisa mengutip artikelnya (ingat ya, mengutip bukan sekadar copy-paste alias plagiat).

Alhamdulillah, semua unek - unek gue terselesaikan dengan hadirnya ekstensi yang satu ini.

Evernote Web Clipper, selain fungsi utamanya yakni membuat kliping dari sebuah web. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat tampilan web yang sedang kita baca menjadi lebih ramah bagi mata kita. Mulai dari menyingkirkan iklan yang terlalu mengganggu, mengatur font agar tulisan lebih nyaman di mata, hingga membuat highlight pada web yang sedang kita baca. Dan masih banyak lagi fungsi - fungsi untuk memaksimalkan kegiatan mencari bahan para blogger (udah kayak researcher alias peneliti aja nih, cari bahan tulisan, terus di jadikan tulisan. Hilmyy... SeKRIPSI apa kabar?..)

ehem.., kita balik lagi. Buat sobat yang mau install di Google Chrome sobat. Bisa kunjungi link berikut : https://goo.gl/vTTqFZ


Yang Ketiga, Open SEO Stats(Formerly: PageRank Status)

Open SEO Stats
Hari gini blogger mana yang masih belum tau SEO?. apa?, sobat belum tau?, ahh becanda nih?. Ehem, untuk mempersingkat penggunaan kata. Silakan sobat Googling sendiri. he..he.he..

Ekstensi yang satu ini, penting se-penting - pentingnya. Apalagi kalau sobat pengguna top level domain alias domain blog sobat udah tidak ada barisan .blogspot.co.id lagi. Sebegitu pentingnya tools ini, karena menyangkut popularitas blog yang kita kelola.

Dengan ekstensi ini, sobat bisa memantau berapa tingkat PageRank, Geo tag, Trafik alexa, Meta tag, WHOIS, link stats, Page Speed, dan masih banyak lagi tools yang berhubungan dengan aktivitas SEO. So, buat sobat blogger sejati yang ingin terus meningkatkan popularitasnya melalui teknik SEO. Bisa coba ekstensi yang satu ini.

Linknya di sini ya => https://goo.gl/4kJ3Ft


Lanjut nomor 4, User-Agent Switcher for Chrome

User-Agent Switcher for Chrome
Ada istilah, 'kalau lihat orang jangan lihat dari sampul (tampilan)nya, tapi lihat sikap (isi)nya. Hhmm... memang benar sih, tapi hal paling pertama yang akan di lihat atau di nilai orang tentulah dari segi tampilan.

Tak terkecuali pada tampilan blog. Ada yang tampilannya amburadul bin acakkadut tapi isinya mantap luar biasa. Kalaupun ada saja yang tetap membaca artikelnya (tentu dengan usaha mata yang luar biasa) tetap saja, akan kalah saing dengan blog yang tampilannya ramah di mata banyak orang. Betul ngak sob?

Maka dari itu, buatlah desain blog agar ramah di mata para pembacanya. Bukan penuh pernak - pernik yang membuat mata harus terus berolahraga.

Lalu, apa fungsi dari ekstensi yang satu ini? apa hal kaitannya dengan tampilan blog?

Baik, gue akan menjawab pertanyaan yang gue ajukan sendiri ... (Lagi)

Seperti sobat ketahui, tampilan blog pada browser di laptop bisa jauh berbeda dengan tampilan pada browser di smartphone sobat. Faktor ini di sebabkan oleh lingkungan Sistem Operasi yang berbeda. Seperti, pada laptop atau komputer, gue menggunakan Sistem Operasi Windows, Sedangkan pada smartphone gue menggunakan Sistem Operasi Android. Maka hal tersebut akan mempengaruhi jenis tampilan maupun peforma dari blog kita. Belum lagi kalau berbeda browser.

Buat sobat yang ingin cek, gimana sih perubahan(beda)nya tampilan blog dari Komputer ke Smartphone (antar Sistem Operasi), atau bedanya tampilan antar browser. Bisa coba ekstensi yang satu ini.

Linknya cek di https://goo.gl/KATSDU


Last One, Nomor 5, Word Count

Menghitung Jumlah kata menggunakan Word Count
Nah, Bagi sobat yang sering ikutan lomba blog. Terkadang ada yang menyajikan persyaratan jumlah kata minimal yang di gunakan. Daripada ribet hitung manual, lebih mudah jika menggunakan tools yang satu ini.

Word Count, Sesuai dengan namanya. Ekstensi ini berfungsi 'hanya' sebagai penghitung jumlah kata yang kita pilih. Cara menggunakannya pun sangat mudah, sobat tinggal blok paragraf atau kalimat yang mau sobat hitung jumlah katanya, klik kanan, kemudian pilih 'Counts Word'.

Menu untuk melihat jumlah kata pada website
Setelah itu, seakan mie Instant (bahkan lebih cepat dari mie instant). sobat langsung melihat jumlah kata yang di gunakan pada paragraf yang sobat pilih.

Kalau sobat mau, bisa cek link ini => https://goo.gl/wVyrui


Yaps, ini aja 5 Ekstensi Google Chrome yang patut kamu coba terutama buat kamu sobat semua para blogger. Semoga bermanfaat and see you on the next post.. :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Wahoo hilmy nulis lagi. Thanks ilmunya mi. Sering2 kasih tips ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kira siapa nih?, ternyata ka Galih toh. hehehe..
      Makasih banyak sudah berkunjung ka.
      Semoga Bermanfaat :D

      Delete

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ