Redesign Template Blog GUe

Sudah lama banget blog gue ngak ada tampilan baru. Yaaa... kira-kira sudah hampir satu tahun lebih lah tampilan blog gue itu-itu aja. Akhirnya, gue memutuskan untuk merombak ulang template blog gue, biar keliatan lebih fresh dan tentunya makin enak buat dibaca.

Menurut gue, template yang dulu sih ngak ada problem. Paling kalo ada juga masalah beratnya itu lohh.. (katanya ngak ada problem?? XD). Jadi, gini ceritanya. Menurut salah satu temen gue yang namanya males gue sebut di sini (soalnya nanti takut di bilang promo lagi. XD), katanya, blog gue ini berat banget, jadi kasian buat para sobat Hilmy Note's yang punya koneksi internet agak kurang cepet (sekali lagi, 'AGAK KURANG CEPET'). Gue rada bingung buat kroscek. Soalnya koneksi internet gue lagi supeeerrr lancarr. Jadi gue ngak tau banget kalo blog gue itu berat apa ngak. Sampai suatu saat gue lagi minjem internet temen kosan gue, terus nyoba buka blog gue sendiri. Dan voilaaa..., blog gue beneran berat banget. Tapi walaupun berat, gue ngak ganti-ganti entuh template sampai satu setengah tahun karena gue suka banget sama designnya yang simple dan responsive.

Template blog gue yang lama (from 2014 to mei 2015)

Berbekal template blog yang supeerrr beraatt itulah gue mulai buat cerita-cerita apik nan membuat pusing kepala (Loohh ?XD).

(Kok apik dan bikin puyeennng ?)

Jadi gini sob ceritanya, semenjak pertama kali gue menginjakkan kaki di planet blogger ini, gue mulai posting dengan tulisan-tulisan yang .... yaaa.... sedikit melow-melow gitu deh. Kalo sobat tau melankolis, nah kayak gitu deh. Tapi bentar deh, pertama kali gue posting, perasaan tulisannya juga rada ngawur kayak sekarang deh. Hmmm... Yang jelas gaya tulisan gue awal-awal itu rada-rada melankolis plus serius (walaupun tulisan pertamanya itu sangat ngak jelas dan terkesan alay. XD)

Setelah sekian lama nge-blog menggunakan template yang supeerr berat (padahal yang bikin berat itu widgetnya. XD), gue pun memutuskan untuk merubah template blog gue biar keliatan lebih fresh plus jadi ngak bosen diliatnya. >_<

Mulailah pagi hari ini gue hunting template blog sama si mbah Google.

Banyak banget template blog tersebar di internet. Sampai-sampai gue butuh waktu satu sampai dua jam cuman (inget nih 'CUMAN' alias ngak terlalu berarti) buat nyari template blog.

Dari sekian juta template blog yang tersebar luas di internet. Gue lebih sukan nyari yang tipenya responsive alias kalo di zoom, ukuran blog gue jadi menyesuaikan ukuran zoomingnya. Selain itu, gue juga suka template yang mengutamakan postingan, alias point viewnya itu ada di postingan gue dan bukan di widgetnya. Setelah itu, gue juga milih-milih urusan font. Kalo templatenya bagus tapi fontnya bikin pembaca puyeng kan ngak guna. Tujuan nge-blog kan buat baca postingan, bukan buat ngeliatin template, so, gue cari-cari template dengan font yang enak buat dibaca. Jadi sobat ngak puyeng-puyeng amat baca postingan gue yang memang udah bikin puyeng duluan he..he..he... XD

Lalu, Voilaaa...

Alhamdulillah nemu juga sasaran template buat blog gue. Templatenya responsive, simple, plus font-nya juga ramah buat pembaca. Langsung aja deh gue download, terus install ke blog gue.

Setelah di install, lah ini kok tampilannya jadi babak belur gini ya?, Yaudah deh, gue memutuskan buat hapus semua widget gue dan mulai install dari awal biar rapi.

Usai install template dan tampilannya berhasil rapi, selanjutnya gue edit-edit bagian social medianya. Biar nanti kalo di klik, nyambung ke akun sosial media gue. Lanjut ke bagian 'Author' atau biasa disebut 'About Me'. Awalnya gue rada bingung, gimana caranya bikin 'About Me' dengan posisi foto di atas tulisan plus fotonya jadi terpotong lingkaran. Yaudah deh, gue liat versi live preview dari template yang gue download, terus gue ketik CTRL + U di browser gue. Nah, kan jadi keliatan kode-kode htmlnya. Setelah itu gue tinggal cari gimana kode About Me, terus gue copas di blog gue.

Singkat cerita, gue selesai edit-edit template sekitar satu jam. Gue jadi merasa gue balik lagi kuliah pemrograman web, karena balik lagi maenan kode-kode html. (untung bukan php. he..he..he.. XD)

Oh ya, banyak dari temen-temen gue yang bilang kalo template dari blogger itu ngak sebagus template-template dari wordpress maupun tumblr. Siapa bilang sob, wong pas gue cari, banyak banget template wordpress dan tumblr yang sudah dikonfersi jadi template blogger. Jadi menurut gue para blogger punya lebih banyak pilihan dalam mencari template. Memang, untuk para pemula, memasang template yang setipe wordpress atau tumblr di blogger terkesan sulit. Karena diblogger, banyak sekali kita bermain kode-kode html dan javascript. Tapi kan tutorial-tutorial blogger banyak banget tersebar di internet. Kita tinggal ketik kata kunci dari apa permasalahan kita, nanti si mbah Google dengan mudahnya memberikan kita buanyaakk banget link-link tutorial blogger. Misalnya, mau buat menu dropdown kayak gini :

Sumber : http://progoogletheme.blogspot.com/2014/12/hapus-nagivasi-dropdown-menu-di-blog.html
Kita tinggal ketik "cara buat menu dropdown di blog" di mesin pencari Google. Maka bermunculanlah link-link tutorial membuat menu dropdown di blog.

Begitu mudahnya mempelajari ilmu blogger di internet. Kita tinggal ketik aja permasalahan yang ingin kita cari, terus si mbah Google ngasih buanyaakk banget link-link tutorial yang sangat ngebantu kita buat belajar.

Tapi kalo sobat ngak mau ribet sih, pakai aja wordpress atau tumblr. Yang penting sobat rajin aja update postingan. Jangan sampe udah templatenya keren-keren, tapi ngak pernah update postingan. Sama aja bo-ong dong.

Yaps, cukup sekian dulu cerita gue hari ini. Semoga bermanfaat, dan See You On The Next Post.. :D

Comments