Nyoba buat cerpen nih


Belum lama ini Komunitas Blogger UNJ mengadakan sayembara cerita pendek. Untuk periode 2 sampai 22 desember 2014 (waduh itu mah udah 2 minggu yang lalu atuh. XD).

Sebenernya sih gue ngak minat-minat amat ngikutin yang namanya nulis cerpen alias cerita pendek. Loh kenapa?, simpel sob. Karena gue belum pernah nulis cerpen. Tapi kok di blog gue ada postingan tips praktis membuat cerpen jadi best reading ya?. Hayoloohh.., sobat bingung ya. Sama gue juga bingung he..he..he..



Kalo sobat bingung, silakan sobat baca dulu aja postingan gue yang tips-tips praktis membuat cerpen jadi best reading deh. Biar sobat paham, kenapa gue nulis tips cerpen tapi gue belum pernah nulis cerpen. Kalo sobat masih bingung juga, berarti emang guenya aja yang lagi iseng nulis. he..he..he..
Oke, kita balik lagi ke topik bahasan kita mengenai sayembara cerpen. Jadi sekitar 3 hari yang lalu, entah kenapa gue jadi kepengen banget ngikutin sayembara cerpennya KOMBUN (Komunitas Blogger UNJ). Yo wis lah, kalau pun deadlinenya tinggal seminggu lagi. Tapi gue tetep mau berusaha semampu gue buat ngikutin tuh sayembaranya KOMBUN.

Niat sudah mantap, selanjutnya gue nyoba-nyoba cari referensi mengenai tips membuat cerpen. Eh, tak di sangka dapet nih sob. Gue dapet tips dari indonovel.com . Judulnya 5 cara menulis paragraf pertama seperti cerpenis kelas dunia. Widiihhh, gimana sob?. Keren ngak?. Jadi nanti yang keren cuman paragraf pertamanya doang. Untuk paragraf selanjutnya ngak tau deh he..he..he.. Mungkin nanti gue cari 5 cara menulis paragraf kedua. Habis itu 5 cara menulis paragraf ke tiga, dst. Sampai gue bosen ngeliat tips yang kebanyakan #Plak XD.

Di indonovel, dari 5 cara membuat paragraf pertama. Gue tertarik banget sama cara yang pertama. Yakni, memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh karakter. Jadi, untuk paragraf pertama dari cerpen yang gue bikin nantinya bakalan di isi masalah-masalah yang lebay dan super melankolis. he..he..he..

Setelah nemu tips membuat paragraf pertama, gue akhirnya mulai membuka aplikasi microsoft word dan di lanjut dengan mengetik beberapa kalimat.

Ketik - hapus - ketik - hapus, begitulah gue pas pertama kali gue mulai buat cerpen. Emang sih, pas gue posting tulisan di blog juga gue sering ketik - hapus - ketik - hapus. Tapi biasanya kalo di blog, kalo gue udah terlanjur salah. Ya gue malah ngelanjutin cerita gue, dan di akhir gue bilang kalo gue ada yang kelupaan, he..he..he..

Makannya jangan heran kalo isi blog gue sekarang sekarang banyak yang tulisannya linglung. XD

Nah, kalo di blog gue nulisnya rada semau gue alias gue juga bisa nulis asal-asalan (tapi kalo topiknya serius mah gue serius juga nulisnya nih sob). Kalo cerpen gue yang masih dalam proses pengerjaan ini, gue nulisnya mulai serius. Jadi kalaupun ini baru selesai 2 halaman dari total minimal 8 halaman, gue berkali-kali review dan revisi. Mudah-mudahan sih hasilnya ngak jelek-jelek amat ya sob.

Oh ya, karena tema dari sayembara cerpennya ialah "kasih ibu bukan sekedar lagu". Jadi gue bikin cerpennya rada-rada melankolis gitu sob. Jadi nanti jangan salahkan gue kalo sobat pas baca cerpen gue, sobat malah habis 2 bungkus tisu. he..he..he.. (Jiahhh,, ini dia si hilmy yang udah mulai PeDenya kelewatan. XD).

Tapi udah dulu deh postingannya, nanti gue ngak mulai-mulai lagi bikin cerpennya. So, mohon do'anya dan nantikan cerpen perdana dari gue ya sob.

Salam Blogger UNJ.

Comments